Connect with us

Home of Talents+

Sulit Menemukan Bakat Terpendam? Cari Tahu Bakat & Potensi Dirimu Sekarang

Published

on

cara menemukan bakat

Terkadang kita suka dengan suatu hal, namun tidak percaya dengan kemampuan diri sendiri. Kerap kali bingung dengan apa yang sebenarnya kita gemari dan apa yang harus ditekuni.

Yup. Penting halnya untuk mengetahui minat, bakat, dan potensi yang ada pada diri kita.

Tak heran jika dari kecil kita sudah diajarkan bagaimana cara memahami dan mengetahui minat, bakat, dan potensi dalam diri.

Mengetahui minat, bakat dan potensi diri dapat dikatakan sebagai “arah penentu” kemana kita akan memilih dan menjalani hidup sesuai dengan bakat dan potensi yang kita miliki.

Of course, jika melakukan suatu hal yang sesuai dengan minat, bakat, dan potensi diri, hal yang kita kerjakan akan terasa menyenangkan dan berjalan dengan baik. Dan sebaliknya, jika kita melakukan suatu hal yang tidak sesuai dengan apa yang kita gemari, maka hasilnya tidak maksimal karena adanya unsur keterpaksaan.

Terus, gimana ya caranya mengetahui minat, bakat, dan potensi pada diri sendiri

Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu ikuti.

Cara Mengetahui Bakat Diri, Minat dan Potensi

1. Temukan Hal yang Kamu Sukai

Emang sih, setiap orang itu terkadang menyukai banyak hal dan bahkan melakukan hal tersebut di waktu yang bersamaan. Maka dari itu dapat dikatakan bahwa, menemukan hal yang kita sukai merupakan hal yang tidak mudah.

Salah satu cara agar mengetahui apa yang paling kita sukai adalah dengan melakukan hal tersebut setiap saat secara terus-menerus. Jika kamu terasa senang dalam menjalaninya, itu artinya kamu sudah berhasil menemukan hal apa yang sebenarnya kamu sukai. Dengan cara ini, kita aka lebih mudah dan cepat mengenali bakat, minat, dan potensi dalam diri.

2. Mengamati Hobi

Kamu hobi nyanyi?

Hobi masak??

Hobi menulis???

Hobi ngomong????

Coda deh sesekali amati hobi yang kamu senangi. Hal ini secara tidak langsung dapat membantu dalam menemukan bakat, minat, dan potensi yang ada pada diri kita.

Anyways, hobi gak cuma untuk kesenangan semata, tapi hobi juga bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan lho guys! Contohnya seperti beauty vlogger ternama di Indonesia, Tasya Farasya. Karna memiliki hobi make up, kini Tasya berhasil menjadi influencer pada bidang make up dan bahkan memiliki produk make up dengan brandnya sendiri.

Atau kalau kamu jago dalam berakting, kamu juga bisa banget jadi artis. Ternyata ada caranya loh! Baca selengkapnya disini.

Itu lah mengapa pentingnya utuk mengamati hobi, agar kita bisa menekuninya lebih lanjut.

3. Mencari Pengalaman

“Pengalaman Adalah Guru Terbaik”

Yes, bener banget!

Dengan mencari dan memiliki pengalaman yang banyak, kita dapat mengetahui minat, bakat, dan potensi diri dengan mudah.

Pada umumnya, kita akan sering melakukan aktivitas dan kegiatan yang sangat banyak sehingga kerap kali kebingungan dalam menentukan bakat terpendam yang kita miliki.

Maka dari itu, diwajibkan untuk kita agar selalu mencari pengalaman sebanyak yang kita mampu. Dengan begitu, kita akan selalu dihadapkan dengan hal yang baru dan menyenangkan. Tentu dengan mendapat pengalaman baru yang menyenangkan, kita bisa menemukan minat, bakat, dan potensi dalam diri.

So that’s why, pengalaman dikatakan sebagai guru terbaik karena selalu memberikan hal baru yang belum pernah kita pelajari sebelumnya.

4. Perbanyak Kegiatan Ekstrakurikuler

Daftar kegiatan ekstrakurikuler saat duduk di bangku sekolah adalah cara lain untuk dapat mengetahui minat, bakat, potensi dalam diri.

Umumnya kegiatan ekstrakurikuler pada sekolah berupa seperti pramuka, PMR, paduan suara, tari, sepak bola, bola basket, paskibraka, dan banyak lagi. Kegiatan ekstrakurikuler ini bisa banget kamu jadiin sebagai wadah untuk mengembangkan bakat. Kali aja, ada yang bisa kamu tekuni.

Selain itu, dengan mengikuti ekstrakurikuler kamu jadi bisa tahu apa yang kamu suka dan minati, sehingga potensi diri dapat berkembang lebih luas. Bahkan, kegiatan ekstrakurikuler dapat menanamkan rasa tanggung jawab, peduli pada sekitar, dan belajar untuk hidup bersosial dengan teman lainnya.

Ikut ekstrakurikuler di sekolah dijamin asyik deh pokonya!

5. Mencari Poin Plus Dalam Diri Kamu

Tidak sedikit orang yang kesulitan dalam menilai dan mencari kemampuan yang dimiliki oleh diri sendiri. Kadang kala tidak percaya diri, merasa malu untuk tampil, dan bahkan minder untuk bertemu dengan orang banyak.

Hal tersebut dapat disiasati dengan cara mengetahui nilai atau poin plus yang kamu miliki. Dengan mengetahui kelebihan yang kamu punya, tentu akan memudahkan kamu dalam mengetahui minat, bakat, dan potensi pada diri sendiri.

Mulai sekarang coba deh untuk mencintai dan percaya pada diri sendiri bahwa kamu itu hebat!


Kalau kamu tertarik, kamu juga bisa melakukan uji coba tes untuk mengetahui bakat sendiri diberbagai website yang terpercaya.

Selain itu, kamu juga layak untuk mencoba fitur Home of Talent dari RCTI+ dengan cara klik link pada gambar dibawah ini. Selamat mencoba ya!

hot rcti+

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Copyright © 2021 RCTI+