Connect with us

Home of Talents+

11 Cara Menjadi Selebgram & Cepat Dapet Endorse

Published

on

Cara Menjadi Selebgram

Perkembangan yang sangat pesat seperti sekarang ini, seorang “selebgram” mampu menjadi komoditas sekaligus profesi yang populer.

“Selebriti Instagram” yang kini kerap kali dipanggil “Selebram”, yaitu orang yang terkenal di Instagram. Seperti selebriti, mereka juga memiliki penggemar dan menjadi trendsetter para pengikutnya. Seseorang dikatakan sebagai selebgram jika memiliki minimal 10.000 followers.

Dikenal sebagai selebgram nomor 1 di Indonesia, Rachel Vennya kini diketahui memiliki tarif sebesar 8,5 juta rupiah per 1 slide Instastory. Diikuti oleh selebram Awkarin yang kini sudah mampu membeli hunian mewah di daerah Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Menggiurkan banget ga tuh!

Gak heran kalau banyak orang mulai mengidamkan profesi yang satu ini. Bayangkan saja, kalau bayaran untuk sekali posting di feed Instagram atau di Instastory mencapai jutaan rupiah, sudah pasti dalam waktu sebulan selebgram udah bisa mengantongi uang hingga ratusan juta rupiah.

Meski penghasilannya bikin ngiler, tapi untuk menjadi seorang selebgram tak semudah yang dibayangkan. Kamu perlu trik dan tips terjitu agar bisa menarik banyak followers.

Walaupun penghasilannya terbilang sangat besar, tetapi proses yang ditempuh untuk mendapatkan titik tersebut tidak mudah. Harus memiliki sebuah rencana strategi untuk mencapai goal yang ingin dicapai.

Nah, berikut ini tips jitu jadi selebrgam yang bisa kalian ikuti.

Menentukan Topik “Niche”

topik niche

Gak hanya seorang blogger saja, namun selebgram juga harus menentukan niche mana yang akan dimasuki.

Niche adalah topik khusus yang akan menjadi tema atau konten umum yang akan di posting di kanal channel kalian masing-masing.

Contohnya seperti property, finansial, kesehatan, lifestyle, ritel dan semacamnya.

Menjadi sangat harus dan wajib seorang selebgram memiliki niche tertentu agar kalian dapat dikenali sebagai content ideation terhadap suatu produk. Dengan begitu partnership yang sedang ingin mencari kerjasama partnership (endorse), dapat dengan mudah menemukan Anda.

Selebgram Tasyi Athasyia memilih niche memasak. Kerap kali memberikan konten tutorial memasak dan mereview makanan, Tasyi mendapat banyak endorse produk makanan dan minuman kekinian karena review darinya dipercaya dan disukai banyak orang.

Emang gimana sih cara menentukan niche???

Semua harus diawali dari diri sendiri. Ketahuilah apa yang kita sukai, fokus dan konsisten dalam membuat konten, dan jadikan itu sebagai niche. Gampang kan?

Membangun Personal Branding

Gak cuma produk barang atau jasa aja lho yang punya branding, tapi kita juga harus punya. Menjadi seorang selebgram, wajib hukumnya untuk memiliki personal branding. Hal ini bertujuan agar para followers dapat mengenal ciri khas dan membedakan kita dengan yang lainnya.

Contoh halnya seperti Tiara Andini, dikenal dengan suara estetik juga dengan gaya dia bernyanyi. Setelah menjadi juara kedua dalam Indonesian Idol 2020 kemarin, Tiara juga mencoba beberapa akting setelah namanya cukup tinggi seperti sinetron Amanah Wali 4 dan tentunya menjadi selebgram.

Selain itu ada juga selebgram Fadil Jaidi juga memiliki personal branding berbeda dari yang lain. Selalu menampilkan konten yang lawak dan kocak, konten Fadil Jaidi digemari banyak orang.

Meskipun konten promosi, para followersnya setia untuk menonton konten selebgram usil satu ini.

Kini, Fadil Jaidi berhasil memiliki 4 bisnis kuliner seperti Street Boba, Warung Pak Muh, Acas Nyemil, dan yang paling populer Traffic Bun. Wah, hebat banget!

Jadi, jangan lupa untuk bangun personal branding kalian ya!

Target Pasar Dulu, Baru Segmen Pasar

Yulia Baltschun

Sebelum membuat konten, hal yang perlu diketahui adalah siapa target audience konten kita.

Hal ini memudahkan kita untuk menentukan jenis konten yang akan dibuat. Contohnya seperti Yulia Baltschun. Merupakan TOP 3 Masterchef Indonesia di Season 4.

Kini, Yulia menjadi seorang Fitness & Diet Specialist yang sering memberikan tips dan trik untuk diet serta mendapatkan tubuh ideal dengan pola hidup yang seimbang.

As we know, disini target audience dari konten Yulia adalah seseorang yang ingin menurunkan berat badan dan memiliki tubuh yang ideal.

Mengerucut banget dan pas ga tuh!

Atur Profil Akun Instagram

Ngaku deh, sebelum kalian stalking pasti hal pertama yang kita lihat adalah profil akun Instagram tersebut. Jadi, buatlah profil Instagram yang menarik dan eye catching!

Kira-kira cara bikin profil yang menarik gimana ya? Simak cara di bawah ini:

Gunakan foto profil yang menarik dan jelas.

Untuk dikenal banyak orang, tentunya kita harus  menggunakan foto profil yang jelas dan menarik. Pasanglah foto dengan resolusi yang cukup tinggi sehingga tampilannya jadi lebih jelas dan tajam, agar orang-orang dapat melihat wajah kita dengan jelas melalui foto yang berkualitas tinggi.

Pada umumnya, standar rasio foto profil di Instagram adalah 1:1 dengan ukuran mulai 512×512 atau 1024×1024. Pastinya semakin besar ukuran dan resolusi foto yang kita gunakan, gambar akan semakin terlihat jernih dan jelas.

Tulis bio yang sesuai dengan informasi diri Anda.

tata letak layout pada instagram

Merupakan wadah utuk menceritakan tentang diri kita secara singkat, bio Instagram memberikan batas jumlah kata sebanyak 150 karakter. Nah, dengan cara ini kamu bisa menampilkan bio yang menarik dan kreatif dengan meskipun singkat, sehingga orang semakin tertarik untuk mengunjungi akun Instagram kita dan bahkan menjadi followers baru.

Walaupun singkat, tapi jangan sepele ya!

Bio Instagram bisa menjadi penentu utama orang lain untuk mengikutimu atau tidak. Tulislah apa saja yang mewakili dirimu secara kreatif dan semenarik mungkin. Tambahkan beberapa emoji agar mewarnai dan menghidupkan bio Instagram tersebut. Selain itu, kamu juga bisa menyisipkan kata kunci yang relate atau berkaitan dengan unggahan di Instagram kalian. Contohnya seperti selebgram terkait kecantikan, tambahkan kata “beauty” atau “make up” pada kolom bio.

Jangan terlalu panjang dan berlebihan ya! Singkat, padat, dan jelas sudah cukup.

Tambahkan kontak yang bisa dihubungi untuk bisnis (endorse).

instagram selebgram nuca

Agar mudah dihubungi, jangan lupa untuk mencantumkan nomor kontak untuk bisnis yang bisa dihubungi. Dengan cara ini, kamu dapat memudahkan orang yang ingin bekerjsama seperti endrose ataupun kolaborasi melalui kontak yang sudah kamu cantumkan. Untuk para pemula, kamu bisa mencantumkan nomor kontak kamu sendiri ataupun email pribadi yang kamu miliki.

Cantumkan link portofolio yang Anda miliki seperti channel Youtube, website, atau blog pribadi.

Meskipun kamu ingin menjadi selebgram namun bukan berarti kamu hanya punya akun di Instagram saja. Cantumkan link media sosial lain yang kamu miliki. Selain eksis di Instagram, ada baiknya jika kamu juga aktif di berbagai platform lainnya. Hal ini berguna agar kamu tetap bisa mempromosikan akun Instagram kamu di platform-platform lainnya.

Gak perlu punya semua akun media sosial kok, pilih beberapa akun yang kamu aktif di dalamnya seperti YouTube, Twitter, atau TikTok. Cantumkan link tersebut di bagian bio agar para followers semakin mengenal siapa dirimu dari berbagai platform yang kamu miliki.

By the way, jika kalian ingin menjadi selebgram yang sesungguhnya, pastikan akun Instagram kalian tidak terkunci dan sudah diatur ke akun bisnis, ya.

Terdapat banyak kelebihan dari sebuah akun bisnis. Satu diantaranya yaitu, memudahkan dalam melihat data statistik dari akun Instagram kita. Tentu aja, hal ini penting karena dapat mengetahui banyaknya engagement akun Instagram tersebut.

Cara mengatur ke akun bisnis adalah, klik Settings > Account > Set to business account. Akun Instagram kalian pun akan menjadi akun bisnis!

Membuat Konten yang Menarik

konten yang menarik

Ibarat sayur tanpa garam, Instagram tanpa konten yang menarik tentunya bakalan hambar!

Dengan membuat konten yang menarik, tentu menjadi alasan untuk seseorang mengikuti Anda. Pastikan untuk selalu memberi konten yang tidak hanya menarik, namun tetap mengedukatif.

Be a smart selebgram!

Salah satu cara menjadi selebgram yang sukses dan terkenal adalah membuat dan memposting konten yang menarik dan sesuai dengan niche serta target audience kalian.

Contohnya seperti konten-konten niche Make Up Painting yang diposting oleh selebgram Jharna Bhagwani. Postingan kontennya selalu spektakuler! Selebgram dengan followers 3,4 juta orang ini, sering membuat make up dengan tampilan yang berbeda dari beauty content creator lainnya. Gak heran jika banyak yang mengikuti akun Instagram miliknya dan menyukai konten yang ia posting.

Ohiya, jangan lupa! Konten foto atau video yang diupload harus berkualitas HD (High Definition) dengan caption yang mendukung ya guys! Wajib hukumnya untuk memposting konten dengan kualitas yang oke, karena jika ide kontennya menarik namun kualitas gambarnya buruk, bisa-bisa tidak ada pihak yang ingin bekerjasama (endorse) dengan Anda.

Dan yang terpenting, selalu konsisten ya!

Good Caption

Untuk menjadi seorang selebgram, keahlian copywriting sangat dibutuhkan disini!

Menulis caption menarik pada foto yang kita unggah, tulislah kalimat yang memang menggambarkan alias relate dengan foto tersebut. Tak sedikit orang yang justru tertarik dari caption, maka dari itu gak heran kalau akun Instagram quotes atau kata-kata puitis kini banyak digemari orang.

Tidak hanya caption, kamu juga bisa memilih hashtag yang sesuai dan tepat dengan foto yang diunggah.

Menggunakan hashtag pada postingan adalah salah satu cara agar postingan kita dilihat oleh banyak orang. Gunakan hashtag yang sedang trending, poupler, dan banyak dicari orang. Hal yang wajib kamu ingat, cantumkan hashtag yang berkaitan dengan postingan Anda.

Misalnya seperti konten yang dibuat oleh Andra Alodita. Selebgram yang sering memposting healthy lifestyle ini menambahkan hashtag #andrafitjourney pada postingannya. Hal ini ia lakukan agar para followers dapat melihat perkembangan dan terinspirasi dari healthy lifestyle yang ia lakukan. Hasilnya, followers Alodita bertambah dan banyak orang yang mengikuti jejak hidup sehatnya.

Membangun Engagement dengan Para Followers

Punya banyak followers udah cukup buat jadi selebgram. Eits, siapa bilang???

Followers yang banyak tapi kalau engagement akun rendah bisa jadi hal yang percuma lho guys..

Kita juga harus punya engagement yang tinggi agar pemilik bisnis dapat tertarik untuk mengendorse. Banyak ditemukan kasus adanya followers palsu yang dimiliki oleh beberapa selebgram tanah air. 

Terus, gimana dong cara untuk meningkatkan engagement akun Instagram?

Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mendapat engagement yang tinggi. Seperti dengan membalas komentar dari para followers, rajin repost story dari followers kita, dan membuat postingan berupa pertanyaan.

Akun Instagram yang aktif dan sering melakukan interaksi dengan para followers adalah cara paling tepat untuk membangun engagement.

Please, jangan gengsi ya!

Aktif di Instagram Story

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, hanya aktif di bagian postingan feed saja tentu tidak akan menghidupkan akun Instagram yang kalian miliki. Kamu juga bisa aktif dengan menggunakan fitur Instagram Story. Instagram memberikan fitur instastory untuk memudahkan kamu dalam mengunggah konten sementara yang berkaitan dengan niche yang kamu punya.

Canggihnya, kini kamu bisa menggabungkan beberapa Story menjadi satu dalam fitur Highlight yang akan ditampilkan di halaman profil Instagram kamu. Yap, para followers bisa melihat kumpulan Story berisi aktivitas kamu dalam niche atau tema tertentu.

Walaupun hanya dapat bertahan selama 24 jam, Instagram Story tidak bisa dianggap remeh. Banyak selebgram terkenal yang bisa dibayar dari postingan Instagram Story-nya saja, mulai dari ratusan ribu bahkan hingga jutaan rupiah! Tak heran jika banyak sekali selebgram yang mengunggah story cukup banyak dan panjang dalam satu hari. Selain itu, kamu juga bisa mempromosikan produk atau jasa lainnya yang juga kamu miliki di Insta Story, lho.

Fitur yang ditawarkan pada Instagram Story seperti Tanya Jawab dengan Fitur Question, Permainan Interaktif dengan Polling, dan juga fitur Quiz. Seru banget deh pokoknya!

Tentukan Waktu Posting

Mengatur jadwal posting merupakan salah satu cara untuk menjadi selebgram. Hal ini penting agar Anda tetap konsisten dalam memposting konten.

Kamu bisa atur jadwal konten sesuai dengan kemampuan dan niche yang kalian miliki. Misalnya, untuk niche kecantikan dan kesehatan, tentunya dalam pembuatan konten tersebut membutuhkan waktu yang lebih lama.

Anyways, kalian pada tau Prime Time gak?

Untuk mengunggah foto, video atau instastory di Instagram gak bisa sembarangan lho guys. Kita perlu mengetahui waktu yang tepat alias Prime Time posting Instagram.

Cara mengetahuinya mudah kok, cukup perhatikan siapa saja followers untuk menemukan timing post yang pas. Coba lakukan riset kapan waktu paling pas untuk menggunggah foto. Misalnya kamu upload foto pada saat pagi, siang, sore malam. Lalu bandingkan waktu posting yang paling banyak jumlah likesnya.

Jangan Spam dan Berlebihan dalam Posting Endorsement Dalam Waktu Singkat

Mendapat banyak endorsement memang sangat menguntungkan, namun, terlalu banyak posting konten endorsement ternyata tak terlalu baik untuk akun Instagram yang kamu miliki lho guys.

Para followers akan berpikir jika akun Instagram yang kalian miliki hanyalah akun jualan dan semata-mata untuk beriklan saja! Jadi, gak heran kalau tiba-tiba followers kalian menurun karena bosan dan meninggalkan akun Instagram kalian.

Di samping itu, pemilik bisnis pun juga belum tentu tertarik dengan hal tersebut. Karena, dengan terlalu banyak postingan endorsement dapat membuat postingan menjadi tertimbun dengan postingan endorsement lainnya.

Tipsnya, coba batasi jumlah postingan endorse dan jangan lupa selingi dengan konten postingan pribadi yang menarik lainnya.

No Drama Drama Club

no drama drama club

Ini penting banget sih!

Emang sih, para followers kita senang melihat aktivitas dan pengalaman keseharian yang kita lakukan. Tapi, bukan berarti jadi selebgram harus memposting semua segala kegiatan dan bahkan sisi kehidupan yang kita miliki.

Don’t be drama queen!

Walaupun ada masalah di hidup kita, ada baiknya hal itu disimpan karena bersifat pribadi dan membuat kita sendiri tidak nyaman jika diketahui banyak orang.

Tetaplah membuat dan posting konten-konten menarik  sesuai dengan niche yang anda miliki, konsisten dalam mengupload, jadi lah selebgram yang memiliki positif vibes.

Jika ada masalah pribadi, jangan oversharing, keep it private, and don’t be a drama person!

Nah, jadi gimana? Pada tertarik jadi selebgram gak nih?

Oh iya, di aplikasi RCTI+ juga ada beragam fitur untuk kamu biar jadi selebritis. Program dan salah satu fitur utama kami, Home of Talent (HOT+).

Dengan kamu ikutan acara HOT+ tersebut, kamu bisa banget jadi artis dan selebritis kalau beruntung! Selain itu, juga tersedia banyak sekali uang jutaan rupiah untuk bisa kalian dapetin. Buruan cobain! Semuanya tersedia di Home of Talent (HOT+) di RCTI+.

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Solusi yang Efektif Menjadi Selebgram Hingga Sukses – Tips Technology

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2021 RCTI+