Connect with us

TV

Apapun Devicemu, Begini Cara Mudah Menonton Youtube di TV

Mulai televisi, smart tv, kabel HDMI, browser hingga fitur mirroring, semua pilihan langsung dapat kalian terapin sendiri

Published

on

cara nonton youtube di tv dengan wifi

Siapa yang tidak tahu Youtube?

Sejak diciptakannya 16 tahun lalu, Youtube menjadi salah satu platform terbesar di dunia. Kegunaan dari Youtube sendiri adalah untuk menggugah serta menonton berbagai macam video.

Berbagai macam konten video dapat ditemukan di Youtube. Mulai dari musik, hiburan, games, otomotif, kesehatan hingga ilmu pengetahuan secara luas. Para pengguna dapat mengakses Youtube secara gratis kapan saja dan dimana saja.

Tidak hanya melalui smartphone, uniknya Youtube juga dapat digunakan melalui platform lain seperti laptop, komputer, tablet, smart tv hingga tv biasa. Dengan hadirnya Youtube di berbagai platform membuat aplikasi ini memiliki banyak pengguna, bahkan hingga kini Youtube sudah memiliki sampai dengan 2 juta pengguna aktif di seluruh dunia.

Walaupun Youtube dapat digunakan melalui smartphone, tentu kita tidak dapat merasakan sebuah pengalaman maksimal untuk menonton konten-konten di Youtube. Beberapa kendala dapat ditemukan ketika kita menonton Youtube melalui smartphone seperti rasa pegal yang muncul ketika kita memegang smartphone terus menerus. 

Lantas, bagaimana cara kita mendapatkan pengalaman maksimal untuk menonton Youtube? Jawabannya adalah melalui televisi. Dengan menggunakan TV, kita dapat menyaksikan Youtube lebih puas seperti layar yang lebih lebar serta tidak harus pegal untuk terus menerus memegang smartphone. 

Berikut adalah tata cara nonton Youtube di TV dengan Wifi dengan menggunakan smart tv atau tv biasa di rumah bersama teman dan keluarga : 

Cara Menggunakan Youtube di Televisi 

cara nonton youtube di tv

Seiring berjalannya waktu, teknologi tentu menjadi lebih canggih setiap tahunnya. Dulu, untuk menikmati berbagai macam video di Youtube, kita hanya bisa menggunakan komputer sebagai perangkat utama. 

Kini, sudah ada smartphone. Hanya melalui genggaman tangan, kita sudah bisa menikmati ratusan hingga jutaan konten di Youtube kapan saja dan dimana saja.  Lalu, seperti yang sudah disampaikan sebelumnya dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat muncullah berbagai inovasi dalam dunia digital.

Seperti misalnya perangkat TV yang kini dapat digunakan untuk menonton Youtube. Dengan adanya teknologi ini membuat para pengguna Youtube dapat menyaksikan konten favoritnya secara lebih puas. 

Baca juga:

Tidak hanya itu, dengan penggunaan TV, para pengguna Youtube dapat menyaksikan konten favoritnya bersama teman atau keluarga dirumah dengan layar yang lebih besar dibandingkan dengan smartphone. 

Ada beberapa cara agar kita dapat menyaksikan berbagai konten Youtube melalui televisi. Cara-cara yang digunakan juga sangatlah mudah sehingga dapat dioperasikan dengan sangat cepat. Bahkan, tidak dibutuhkan keahlian khusus untuk menyaksikan Youtube di TV. 

Berikut adalah beberapa cara yang dapat digunakan untuk menikmati Youtube melalui TV dirumah :

Menonton Youtube di TV melalui kabel HDMI

Cara pertama untuk menonton Youtube di TV adalah dengan menggunakan kabel HDMI. Dengan menggunakan kabel HDMI, cara ini dapat aplikasikan di tv biasa atau smart tv. Apa itu HDMI? HDMI adalah singkatan dari High Definition Multimedia Interface. Jika dilihat dari namanya, fungsi HDMI adalah untuk melewatkan sinyal audio dan video dengan kualitas tinggi.

HDMI sendiri dapat digunakan untuk perangkat tv, pemutar DVD, dan juga proyektor. Langkah-langkah yang dapat digunakan untuk menggunakan kabel HDMI dari smartphone ke TV  adalah : 

  1. Siapkan kabel HDMI dan matikan TV terlebih dahulu.
  2. Hubungkan smartphone android ke TV dengan menggunakan kabel HDMI (ujung colokan yang kecil atau micro HDMI dicolokkan ke smartphone dan ujung yang besar dicolok ke soket TV yang bertuliskan HDMI.
  3. Jika sudah terpasang, nyalakan TV.
  4. Cari bagian saluran yang bertuliskan HDMI, dan klik opsi tersebut.
  5. Aktifkan menu HDMI connection yang ada di smartphone android.
  6. Jika mode HDMI connection sudah di aktifkan, maka tampilan di TV sudah sama dengan tampilan di smartphone, sehingga dapat menyaksikan Youtube dengan layar yang lebih besar.

Menonton Youtube di TV dengan menggunakan Google Chrome

Selain dengan menggunakan HDMI, salah satu cara termudah lainnya adalah dengan menggunakan Google Chrome. Jika ingin menggunakan Google Chrome, tv yang harus digunakan adalah smart tv. Berikut langkah-langkah untuk menyaksikan Youtube melalui Google Chrome : 

  1. Buka Google Chrome pada PC, Laptop atau Smartphone.
  2. Buka situs Youtube pada aplikasi Google Chrome (www.youtube.com).
  3. Pada menu browser Google Chrome, klik ikon titik tiga (menu) yang terletak di kanan atas layar.
  4. Pilih Cast pada menu tersebut.
  5. Pilih device yang ingin di casting, pastikan TV dan smartphone sudah terkoneksi pada wifi yang sama.
  6. Youtube sudah bisa disaksikan di TV melalui Google Chrome.

Menonton Youtube di TV dengan menggunakan aplikasi Youtube pada smart TV

Biasanya, jika kita menggunakan smart TV akan ada aplikasi ‘store’ yang bertujuan untuk mengunggah berbagai macam aplikasi seperti misalnya Youtube. Cara yang dapat digunakan adalah : 

  1. Nyalakan smart TV.
  2. Buka aplikasi “store” pada smart TV tersebut.
  3. Cari aplikasi Youtube pada mesin pencari.
  4. Download aplikasi Youtube.
  5. Setelah download selesai, Youtube sudah bisa digunakan di smart TV. 

Baca juga:

Menonton Youtube di TV dengan menggunakan fitur Miracast pada smartphone

Miracast adalah sebuah fitur yang dimana para pengguna dapat menampilkan tampilan layar smartphonenya ke dalam sebuah televisi. Cara agar smartphone dapat cast screen ke tv adalah : 

  1. Pastikan smartphone sudah mempunyai fitur Miracast atau Wireless Display.
  2. Pastikan smartphone dan tv sudah terkoneksi dengan jaringan wi-fi yang sama.
  3. Nyalakan TV dan cari opsi Miracast / Wireless Display pada menu pengaturan.
  4. Setelah Miracast / Wireless Display sudah aktif, maka TV sudah dapat men-scan smartphone yang mengaktifkan fitur wireless display.
  5. Buka smartphone dan cari opsi pengaturan.
  6. Klik connection & sharing.
  7. Pilih opsi Cast.
  8. Aktifkan cast dan smartphone akan langsung memindai TV yang sedang mengaktifkan miracast.
  9. Buka aplikasi Youtube, dan Youtube sudah dapat digunakan melalui TV. 

Menonton Youtube di TV dengan menggunakan Android Box

Jika TV yang digunakan tidak berbasis Android TV, maka dari itu Android Box merupakan solusinya. Dengan menggunakan Android Box, TV biasa dapat langsung berubah menjadi sebuah TV Android. Terdapat beberapa step untuk menggunakan Android Box, berikut adalah tata caranya :

  1. Sambungan Android Box ke TV
  2. Ubah input TV menjadi HDMI
  3. Setelah input TV sudah HDMI maka akan langsung muncul tampilan Android pada TV. 
  4. Unggah aplikasi Youtube pada Android Box
  5. Setelah download selesai, Youtube sudah bisa digunakan di android TV. 

Demikian tata cara menggunakan aplikasi Youtube pada TV. Tentu cara-cara tersebut sangatlah mudah sekali bukan? Dengan menyaksikan Youtube melalui TV kita juga bisa merasakan sebuah pengalaman maksimal untuk menyaksikan konten-konten favorit.

Selain itu , dengan menggunakan perangkat TV sebagai sarana untuk menonton Youtube, kita juga bisa menyaksikan berbagai konten terbaik Youtube bersama teman atau keluarga tersayang dirumah. 

Tunggu apa lagi?

Daripada terus merasa pegal ketika memegang smartphone untuk menonton konten favorit di Youtube, lebih baik menggunakan TV untuk menyaksikan berbagai program serta konten favorit kamu di Youtube. 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Copyright © 2021 RCTI+