Connect with us

TV

Ampuh! Ini Cara Mengembalikan Siaran RCTI Parabola yang Hilang

Published

on

rcti parabola hilang

Kegalauan zaman sekarang bukan hanya ketika hubungan kamu putus dengan pasangan. Tapi, juga ketika siaran kesayanganmu terputus dari jaringan. Momen ketika siaran TV tiba-tiba menghilang itu, lho. Aduhh, di-ghosting siaran tv!

Apalagi, saat siaran RCTI parabola hilang. Bisa-bisa sedih bermalam karena tidak bisa menonton tayangan favoritmu.

Anyway, meski kamu pengguna tv analog maupun digital, kemungkinan untuk siaran menghilang akan tetap ada. Hal tersebut terjadi pada semua saluran televisi, tanpa terkecuali dari siaran yang tergabung dalam MNC Group.

Khusus bagi kamu yang suka nonton siaran RCTI, Global TV, dan MNC TV, pasti tau kalau ketiga saluran televisi yang berada dalam satu group di bawah naungan MNC Group. Siaran dalam MNC group saat ini diacak melalui parabola atau satelit setiap hari.

Karena itulah, ternyata banyak orang yang kehilangan tiga siaran tersebut dan mencari cara untuk mengembalikannya. Tapi, kamu tidak perlu khawatir kehilangan siaran dari RCTI, MNC, ataupun Global TV. Karena, di artikel ini kami akan memberikan kamu tips ampuh cara mengembalikan siaran RCTI dan MNC TV yang hilang.

Cara Mengembalikan Siaran RCTI Parabola yang Hilang

Stasiun televisi semakin meningkatkan kualitas gambar dari siaran yang mereka tayangkan. Salah satu langkah yang bisa dilakukan masyarakat untuk mendapatkan siaran dengan kualitas gambar yang baik adalah dengan menggunakan parabola.

Tak beda halnya dengan RCTI sebagai stasiun TV swasta yang tergabung dengan MNC Group. RCTI terus meningkatkan kualitas siaran mereka dengan berbagai cara. namun, upaya peningkatan tersebut bisa mengakibatkan channel frekuensi RCTI hilang sehingga tidak dapat ditemukan oleh penonton.

Permasalahan siaran RCTI yang hilang di parabola sesungguhnya sudah dirasakan oleh masyarakat. Cara mengembalikannya sangat mudah dan bisa dilakukan oleh semua orang. bahkan, untuk kamu yang kurang paham elektronik.

Singkatnya, kamu hanya perlu mencari kode frekuensi RCTI yang baru dan memasukkannya pada transponder. Untuk beberapa transponder parabola bisa menggunakan fitur blind scan yang notabenenya akan memetakan pancaran sinyal siaran tv secara acak.

Sebelumnya, perlu kamu ketahui bahwa program televisi di parabola sudah dipasang transponder terbaru bagi pengguna DSR (Digital Satellite Receiver). Sehingga, kamu tidak perlu lagi mencari-cari channel TV secara manual.

Namun, dalam beberapa kasus ada juga yang menemukan masalah kehilangan siaran atau frekuensi saluran televisi.

Baca juga: Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Smart TV dan Android TV

Maka dari itu, untuk memperoleh kembali frekuensi RCTI parabola yang hilang bisa kamu lakukan melalui dua cara, yaitu, melalui blind scan ataupun memasukkan siaran tersebut dengan cara manual.

Cara mengembalikan siaran RCTI yang hilang dengan Blind Scan

Cara yang satu ini dapat dikatakan sangat ampuh, khususnya bagi kamu yang menyukai hal-hal simple dan anti ribet. Pada prinsipnya kamu hanya perlu menunggu DSR mencari siaran televisi yang dapat dijangkau frekuensinya oleh parabola. Lalu, DSR akan memetakan dan menyimpan frekuensi tersebut secara otomatis adar bisa diakses oleh penonton. Berikut langkah-langkah mengembalikan frekuensi RCTI yang hilang di parabola dengan Blind Scan:

  1. Pertama, kamu pilih tombol “Menu” pada remote DSR
  2. Setelah itu, cari “Pengaturan Satelit” atau “Pencarian Satelit Tunggal”.
  3. Selanjutnya, kamu bisa menggeser ke kanan atau melalui tombol nomor dua
  4. Pilih “Blind scan” atau “Mencari Otomatis”
  5. Usahakan satelit yang kamu miliki di televisi tertulis “Palapa D” atau “Palapa C2”.
  6. Pada menu “Cari”, pilih “Bebas” aagr memperoleh siaran FTA (Free To Air). Maka, secara otomatis semua siaran yang dapat dijangkau DSR akan masuk dan tersimpan di televisi kamu
  7. Masih pada menu “Cari”, klik “OK” pada remot dan biarkan DSR proses pencarian frekuensi dengan sendirinya.
  8. Setelah pencarian otomatis selesai, kemudian klik “Ok” dan “Exit”
  9. Terakhir, dengan sendirinya frekuensi channel RCTI akan masuk dan tersimpan dalam program parabola yang terhubung di televisimu.

Cara Manual

Nah, bagi kamu yang parabola televisinya tidak mendukung fitur blind scan, kamu bisa memasukkan kode channel secara manual frekuensi RCTI yang hilang. Karena, tidak semua parabola mendukung fitur pencarian otomatis, hanya parabola versi terbaru yang mendukung fitu tersebut.

Selain itu, blind scan juga bisa mengalami kegagalan dalam mendapatkan channel dan frekuensi RCTI di parabola. Maka dari itu, melakukan pencarian manual dapat menjadi alternatif jika blind scan tidak menemukan siaran RCTI yang hilang. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama, klik “Menu” dan pilih “Pengaktifan Saluran” atau “Pengaturan Saluran”
  • Setelah itu, pilih “Daftar Transponder” atau “Buat Saluran”
  • Usahakan satelit milik kamu tertulis “Palada D” atau “Palapa C2”
  • Pilih menu “Add TP” atau “Tambah TP” dengan cara menekan remot ke bawah atau dapat melalui tombol hijau pada remot.
  • Isilah “Simbol Nilai” atau “Symbol Rate” dengan angka 8800, bagian frekuensi dengan angka 4186 (jika jumlah digitnya lima maka bisa menjadi 05186, 004186, untuk enam digit dan begitu pula selanjutnya)
  • Isikan juga bagian Polaritas atau Polarity
  • Selanjutnya, pilih menu “Cari” dengan menggeser remot ke bawah dan tekan “OK”. Akan tetapi, khusus DSR yang berbeda dapat menekan tombol “OK” sebanyak dua kali
  • Terakhir, tunggu sampai proses pencarian selesai.
  • Setelah selesai, lalu klik “Exit”

Baca juga: Mau Nonton TV di HP? Begini Cara Nonton TV Online Gratis di HP

Itulah beberapa cara ampuh untuk mencari frekuensi siaran RCTI yang hilang di parabola. Kamu dapat melakukan kedua cara sesuai dengan kemudahan yang kamu pahami. Semoga bermanfaat.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2021 RCTI+