Connect with us

TV

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Smart TV dan Android TV

Published

on

perbedaan smart tv dan android tv

Sudah tau perbedaan smart tv dan android tv? Di zaman sekarang ini, eksistensi perangkat pintar di zaman sekarang makin tak terkendali. Hampir semua bidang elektronik berusaha membuat produknya menjadi semakin canggih dan terbarukan.

Mulai dari bidang elektronik dengan perangkat berukuran kecil seperti, ponsel, tab, remote, dan lainnya, hingga ke bidang elektronik dengan perangkat yang berukuran besar seperti televisi, dan komputer.

Menciptakan inovasi ‘pintar’ yang menjadikan televisi tersebut mampu melakukan banyak hal.

Televisi merupakan produk elektronik yang wajib ada di setiap rumah sebagai media atau sarana untuk hiburan dan informasi.

Sejak adanya televisi, elektronik tersebut sudah menjadi sarana hiburan untuk menghilangkan jenuh. Hal tersebut karena dapat memberikan tampilan audio maupun video untuk penggunanya. Tidak seperti pada radio yang hanya menyajikan hiburan melalui audio.

Maka dari itu, keberadaan televisi jadi menjamur di pasaran.

Namun, percepatan evolusi pada dunia elektronik industri semakin cepat dan menyebar luas sehingga lahirlah televisi pintar (smart tv).

Mungkin kamu sudah tau bahkan sering mendengar kata ‘smart‘ yang disematkan pada elektronik. Seperti smartphone (android iOS), smart car, smart tv, hingga smart home. Dimana isi semua elektronik atau fasilitas di rumah tersebut menggunakan teknologi tercanggih.

Karena itulah di zaman sekarang, hampir semua perangkat televisi terbaru telah dilengkapi dengan fitur smart tv. Tentu saja perangkat ini memerlukan koneksi internet. Yang mana smart tv memiliki Ethernet port di belakangnya sebagai tempat untuk mencolokkan kabel dari router rumah.

Walaupun begitu beberapa TV juga ada yang tanpa memerlukan kabel, bisa langsung untuk mengakses Wi-Fi.

Di samping itu, ada Android Tv yang juga menjadi perangkat yang dilengkapi dengan fitur serupa dengan smart tv. Tapi, apakah semua tv serupa disebut dengan smart tv? Eits! Hati-hati, serupa tapi tak sama. Keduanya memiliki perbedaan.

Apa saja perbedaan android Tv dan Smart Tv? Simak artikel kami hingga akhir, yaa.

Smart TV

apa itu smart tv

Smart TV bukanlah televisi yang hanya bisa digunakan untuk menonton tv seperti pada umumnya. Tetapi ada banyak hal lain yang bisa dilakukan dalam hal hiburan dan tontonan. TV pintar ini menawarkan beberapa keunggulan seperti kemudahan akses layanan siaran TV, dan fitur canggih lainnya.

Smart TV memiliki komputer yang terpasang di televisi sehingga jenis tv ini memiliki beberapa fitur utama yang membedakannya dengan pesawat televisi biasa. Dengan fitur yang ada pada smart tv itulah kamu bisa menonton film apapun melalui sebuah situs atau aplikasi streaming tertentu.

Perbedaan smart tv dan andorid Tv dilihat dari fungsi dasarnya. Smart Tv bisa dikatakan jauh lebih unggul daripada siaran analog TV. Karena, selain bisa mengakses siaran Tv digital, smart tv juga sudah dilengkapi beragam aplikasi hiburan. Jadi, kamu bisa nonto film-film keren dari beragam aplikasi video-on-demand.

Setiap perangkat smart tv juga sudah dibekali sistem operasi bawan yang berbeda. Beberapa smart tv hadir dengan sistem operasi Tizen, ataupun WebOS. Di mana sistem operasi ini sudah dipasang secara default (built-in) ketika TV diproduksi. Namun, karna sistem ekosistemnya terbatas, maka, tak banyak aplikasi yang tersedia di smart TV dibandingkan Android Tv.

Di sisi lain juga, tidak seperti Android TV, pembaruan atau upgrade pada smart TV jarang diberikan. Jadi, kalau sudah terlalu lama, maka kamu pengguna smart Tv mau tidak mau harus mengganti perangkat smart TV milik kamu dengan model terbaru. Inilah salah satu kekurangan dari smart TV.

Baca juga: Cara Mirroring & Menyambungkan Laptop ke TV

Di samping yang sudah tersebutkan, berikut kelebihan dan kekurangan lain dari smart TV yang patut kamu pertimbangkan jika ingin membelinya.

Kelebihan Smart TV

  • Antarmuka yang sederhana dan ramah pengguna. Kelebihan ini bukan dari fiturnya, melainkan dari segi penampilan yang elegan dan enak sekali untuk dipandang mata. Selain itu, ruangan kamu akan terlihat lebih bagus jika menggunakan smart tv karena layar dan bezel yang tipis sehingg lebih menyatu dengan ruangan itu sendiri. Apalagi jika kamu memiliki ruangan yang kecil, smart tv ini sangat cocok untuk kamu.
  • TV menjadi satu, tidak perlu penyiapan. Jika kamu membeli smart TV maka kamu tidak akan mendapat banyak perangkat untuk dihubungkan. Semua sudah menjadi satu dan kamu tidak perlu repot-repot menyiapkannya.

Kekurangan Smart TV

  • Kumpulan aplikasi yang terbatas. Yaa, meski sudah banyak aplikasi yang ditawarkan oleh smart TV, namun, itu tidak selengkap yang dimiliki oleh android TV.
  • Pembaruan firmware yang jarang, sehingga sistem mungkin menjadi usang. Jika pada android TV firmware-nya dapat diperbarui atau di upgrade, hal ini tidak dimilki oleh smart TV. Dan kekurangan ini cukup menjadi pertimbangan yang besar jika kamu ingin membelinya, karena, kamu mungkin harus mengganti perngakta TV kamu jika sudah usang.

Android TV

kelebihan android tv

Nah, banyak yang keliru dengan Andoid Tv ini. Banyak yang menganggap semua TV canggih merupakan Smart TV. Apa kamu juga menganggapnya demikian? Jika iya, maka jangan berhenti di paragraf ini dan lanjutkan membaca.

Android TV memang memiliki fitur yang sama dengan Smart TV. Mereka sama-sama bisa terhubung ke internet dan banyak dilengkapi aplikasi bawaan. Tapi, tidak hanya itu. Mereka serupa namun tak sama. Jadi, mari kira kenalan lebih jauh dengan TV jenis ini

Andoid TV diluncurkan pertama kali oleh Google pada tahun 2014. Dilengkapi dengan fitur yang canggih membuat pengguna Android TV semakin termanjakan.

Kemampuan android TV ini mampu menyaingi smartphone jenis android. Seperti bisa terhubung ke Google Play Store, sehingga dapat mengunduh dan memperbarui aplikasi yang tersedia di play store.

Baca juga: Cara Mudah Menonton TV di HP Android

Selain itu, banyak Android TV yang juga menambahkan mikrofon ke remote TVnya sehingga kamu bisa menggunakan Google Assistant untuk mengoperasikannya. Keren, bukan? Jadi, kamu bisa mengajukan pertanyaan atau mencari siaran secara handsfree alias tanpa memegang dan hanya dengan suara. berbagai macam hal bisa kamu lakukan melalui perintah suara, mulai dari mengaktifkan hingga mengoperasikan televisi.

Inilah salah satu yang menjadi kelebihan Android TV dibandingkan smart TV. Android Tv menawarkan akses aplikasi dengan cakupan yang lebih luas. Karena mengusung sistem operasi berbasis andorid lah yang membuat perangkat ini dapat terhubung ke layanan Google Play Store.

Kelebihan Android TV

  • Android TV memiliki perpustakaan aplikasi yang luas
  • Pembaruan firmware dan aplikasi berkelanjutan. Ini merupakan kelebihan jangka panjang yang menguntungkan bagi kamu jika ingin memiliki TV yang tahan lama namun tetap terbarukan. Jika TV kamu sudah lama atau usang, kamu cukup dengan meng-upgrade firmware dari Android TV dan tidak perlu membeli perangkat baru.
  • Terhubung dengan produk dari Google seperti, Google Play, Music, Movies, dan lain-lain
  • Bisa menggunakan Google Assistant, untuk mengoperasikan televisi hanya dengan suara

Kekurangan Android TV

  • Antarmuka yang lebih rumit. Bagi kamu yang tidak terbiasa dengan android atau bahkan tidak terbiasa dengan televisi canggih, maka, kamu mungkin kurang nyaman dengan antarmuka yang disajikan oleh Android TV ini
  • Produsen terbatas.

Perbedaan Smart TV dan Android TV yang Termasuk TV Digital

Pertanyaan ini memang patut kamu jadikan pertimbangan jika ingin membeli televisi.

Tidak hanya saat kamu mau beli smart Tv ataupun android tv, tapi semua jenis tv harus kamu pertanyakan agar dapat dilihat segi manfaatnya. Hal tersebut karena di tahun 2022 mendatang Indonesia melalui Kementrian Komunikasi dan Informatika sudah berencana akan mematikan siaran analog (Analog Switch Off) dan beralih ke siaran digital.

Baca juga: 2022 Siaran TV Analog Terancam Punah, Segera Lakukan Ini!

Sehingga dengan begitu membeli tv yang mampu menangkap siaran digital merupakan salah satu opsi masyarakat

Jadi, dari semua perbedaan Smart TV dan Android TV, Mana yang harus dipilih?

Setelah membaca semua perbedaan smart Tv dan android Tv, kamu masih bingung menentukan mana yang harus dipilih? Tidak apa, tetap baca hingga akhir dan kami akan bantu kamu untuk memperkuat pertimbangan dalam menentukan.

Namun, sebelumnya, kamu harus tahu dahulu apa tujuan kamu membeli televisi atau mengganti televisi yang ada di rumahmu.

Apakah kamu ingin membeli TV hanya untuk kebutuhan nonton siaran Tv umum? Atau kamu ingin membuat rumahmu menjadi smart home sehingga semua terintegrasi dengan Google Assistant dan kamu dapat melakukan perintah hanya dengan suara?

Smart TV biasanya merupakan pilihan yang lebih mahal namun tidak dapat memberikan fitur lawannya yang tidak terbatas.

Tapi, smart tv memberikan pengalaman yang jauh lebih sederhana bagi kamu, khususnya jika kamu belum pernah menggunakan perangkat android sebelumnya.

Tidak seperti smart tv, Android Tv memberi kamu banyak kemudahan. Namun, itu bagi kamu yang sudah terbiasa dengan teknologi. Bagi kamu yang belum terbiasa, maka, kamu cukup belajar sedikit dan kamu bisa menikmati fitur yang diberikan android TV dengan nyaman. Karena, android tv dapat terkoneksi ke internet dan bisa memberimu sistem terbaru.

Secara keseluruhan, Android TV memang lebih unggul dibandingkan smart Tv.

Yaa, hal ini karena android tv dapat mengakses Google Play Store. Tapi, bukan berarti smart Tv tidak layak dibeli.

Ada juga dari perangkat ini yang sudah dilengkapi dengan asisten bawaan, misalnya Alexa dan Google Asistant. Hanya saja, Android dilengkapi pembaruan firmware dan dukungan yang lebih lengkap sehingga mampu bertahan lebih lama.

Akhirnya, kembali ke awal. Saat kamu sudah tau perbedaan smart tv dan android tv, pilihan akan tetap tergantung pada apa yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Kamu perlu mempertimbangkan perbedaan dan atasan kedua perangkat tersebut dan memutuskan mana yang lebih penting bagimu.

1 Comment

1 Comment

  1. Abu Faiz Al Faqih

    December 20, 2021 at 4:26 am

    Kapan aplikasi RCTI Plus bisa support di android TV?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Copyright © 2021 RCTI+