Connect with us

TV

2022 Siaran TV Analog Terancam Punah, Segera Lakukan Ini!

Published

on

siaran tv analog

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) secara bertahap akan menghentikan siaran televisi analog atau Analog Switch Off (ASO).

Loh, kenapa? Jadi kapan siaran tv analog benar-benar berhenti? Trus harus gimana? Tv di rumah pake siaran tv apa, ya? Pertanyaan-pertanyaan itu mungkin muncul di benak kamu saat ini.

Tapi tenang, di sini kamu akan dapatkan semua jawabannya.

Kapan Siaran Analog Berakhir?

Benar bahwa siaran tv analog akan dihentikan di Indonesia secara bertahap hingga November 2022. Tahapan penghentian ini diatur dalam Peraturan Menteri (Permen) Kominfo Nomor 6 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Penyiaran.

kapan siaran tv analog berakhir

Hal ini dilakukan dengan membagi beberapa wilayah di Indonesia dalam beberapa tahapan. Dikarenakan pemerintah sedang berupaya memperkenalkan siaran digital kepada seluruh masyarakat sebelum siaran analog dihentikan. Sehingga masyarakat dapat beralih dari siaran analog ke siaran digital.

Direncanakan tahap pertama dilaksanakan pada 17 Agustus 2021 lalu, selanjutnya pada 31 desember 2021, 31 Maret 2022, 17 Agustus 202, dan terakhir 2 November 2022 dengan masing-masing wilayah yang sudah terbagi dalam tiap tahapan.

Namun, Kominfo menunda tahapan ASO tersebut dan akan melakukan penjadwalan ulang karena pertimbangan fokus pemerintah dan masyarakat yang sedang tersalurkan pada penanganan pandemi COVID-19. Selain itu, Kominfo juga mempertimbangkan kesiapan teknis untuk melaksanakan penghentian siaran Tv analog atau ASO.

Kenapa ASO harus dilakukan?

Karena di zaman teknologi dan digital saat ini peran teknologi dalam mendukung perkembangan industri penyiaran sangat krusial, sehingga Analog Switch Off tak bisa terelakan.

Siaran tv terestrial harus dilakukan selain karena sudah tertuang dalam undang-undang, juga siaran terestrial memberikan banyak manfaat bagi masyarakat, yaitu kualitas siaran yang lebih stabil.

Lalu, apa yang harus kita lakukan?

Yang harus kamu lakukan adalah segera jadikan TV kamu menjadi digital. Singkatnya, TV digital adalah sebuah perangkat televisi yang mampu menangkap siaran sinyal digital dalam bentuk bit-bit data informasi.

Kamu dapat mempertimbangkan dengan membeli TV baru, atau kamu cukup membeli perangkat Set Top Box sebagai penerjemah siaran digital ke tv analog agar bisa ditampilkan dalam bentuk gambar dan juga suara.

Tapi, tidak perlu panik, masih ada banyak waktu sebelum Kominfo benar-benar menghentikan siaran analog di Indonesia. Sehingga siaran analog akan menjadi punah jika sudah tidak ada lagi penggunannya.

Baca juga: Cara Mendapatkan Set Top Box Gratis untuk Menjadi Digital

Selain itu, untuk kamu, sebelum ASO dilakukan yaitu, pertama cek terlebih dahulu televisi di rumah kamu sudah digital atau masih analog. Caranya dengan cek stiker yang tertera pada body televisi. Jika tidak ada, kamu bisa cari spesifikasi model TVnya di website resmi merek tv yang kamu punya.

Jika spesifikasi menunjukkan TV kamu sudah digital maka, kamu tidak perlu membeli tv baru ataupun perangkat Set Top Box (STB). Kamu sudah bisa dengan tenang menikmati siaran televisi walau pun kelak siaran analog sudah punah total.

Kamu juga bisa merasakan dan mencoba langsung tv bersama secara online dan gratis yang dapat dinikmati sekarang juga. Selain menawarkan streaming tv bersama online, RCTI+ juga menyediakan beragam fitur unik dan seru!! Buruan download aplikasinya!

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Siaran Tv Analog Yang Menghiasi Indonesia – Forsalomon.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Copyright © 2021 RCTI+