Connect with us

Olahraga

Fakta Juara AFF, Indonesia Masuk Dalam 7 Daftar Negara yang Belum Pernah Juara

Published

on

Fakta Juara AFF, Indonesia

Ada 7 negara yang belum pernah juara Piala AFF sama sekali, menarik untuk diulas lebih lanjut. Menariknya, salah satu di antara negara itu ada Timnas Indonesia!

Piala AFF 2022 sudah bergulir sejak Selasa 20 Desember 2022. Itu berarti pertarungan untuk menjadi negara terkuat di Asia Tenggara telah dimulai.

Sebanyak 10 tim, bakal saling sikut demi menjadi juara Piala AFF 2022. Tahun ini, Timnas Indonesia kembali ambil bagian.

Skuad Garuda tergabung di Grup A bersama Thailand, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam. Sementara Grup B dihuni oleh lima tim lainnya. Kelima negara itu adalah Malaysia, Vietnam, Singapura, Myanmar, dan Laos.

Menariknya, dari seluruh negara di Asia Tenggara, ada 7 Timnas yang belum mencicipi juara Piala AFF. Termasuk Timnas Indonesia, siapa lagi yang belum pernah menjadi juara Piala AFF?

7 Negara yang belum pernah juara sama sekali adalah:

1. Timor Leste

timor leste

Usai kalah dalam pertandingan babak kualifikasi dari Brunei Darussalam, pecahan dari Indonesia ini tidak melanjutkan perjuangannya.

Timor Leste sendiri baru ikut secara resmi di Piala AFF pada 2004. Setelah itu, mereka gagal berpartispasi sampai akhirnya kembali mentas di 2018 dan 2020.

Sepanjang keikutsertaannya, Timor Leste belum pernah jadi juara. Bahkan, masuk final pun tidak pernah, sebab mereka selalu gagal lolos dari fase grup.

2. Kamboja

kamboja

Urutan selanjutnya adalah Kamboja. Pasukan Angkor ini memang lebih baik daripada Brunei Darussalam dan Timor Leste secara partisipasinya yang selalu ikut.

Mereka sudah mengikuti delapan kali Piala AFF sejak tahun 1996. Sayangnya, prestasi mereka tak cukup baik. Sebab, Kamboja selalu gagal lolos ke fase gugur dan terbenam di fase grup Piala AFF selama keikutsertaannya.

3. Brunei Darussalam

brunei darussalam

Selanjutnya ada Brunei. Negara yang kaya akan kekayaan sumber daya ala mini tidak cukup bagus dalam sektor sepakbola.

Dari bergulirnya 1996, Brunei baru pernah mengikuti 2x pada 1996 dan tahun 2022 ini. Di Piala AFF 1996, Brunei pun gagal mendulang prestasi. Mereka gagal lolos dari fase grup dan hanya menempati juru kunci.

Sementara di Piala AFF 2022, Brunei membuka kiprahnya dengan menelan kekalahan telak dari Thailand 0-5 di Grup A.

4. Laos

laos

Selanjutnya adalah Laos, yang merupakan salah satu negara yang hamper selalu berpartisipasi dalam piala AFF.

Sepanjang sejarah Piala AFF, mereka hanya absen sekali pada tahun 2016.

Meski begitu, Laos tak pernah sanggup mencapai fase gugur. Seringnya langkah yang terhentikan pada fase grup bahkan dua edisi terakhir.

5. Myanmar

myanmar

Tak terlalu jauh dari Laos, Myanmar juga belum pernah mencicipi final Piala AFF sekalipun. Prestasi terbaik pernah dirah pada 2004 dan 2016.

Di tahun itu, Myanmar sukses tembus ke semifinal Piala AFF. Namun, mereka tak cukup kuat untuk melangkah ke final. Tahun ini, Myanmar pun memupuk harapan besar untuk lolos dari Grup B Piala AFF 2022.

6. Filipina

filipina

Ada Filipina yang merupakan tim kuda hitam di setiap penyelenggaraan Piala AFF.

Tercatat Filipina hanya absen sekali pada Piala AFF 2008 selebihnya hingga sekarang selalu ikut. Sayangnya hingga sekarang masih belum pernah menjajakkan kemenangan pada Piala AFF ini.

Baca juga: Filipina Bertekad Siap Melawan Indonesia Pasca Dikalahkan Kamboja 2-3 di AFF 2022

Rapor terbaik Filipina hanya sampai pada semifinal pada tahun 2010 dan hingga pertandingan piala AFF terakhir hanya bisa di Semifinal.

7. Indonesia

timnas Indonesia

Terakhir, di urutan ini adalah Timnas Indonesia. Termasuk salah satu negara yang memiliki kekuatan dalam hal sepakbola di kawasan Asia Tenggara.

Kenyataannya, skuad Garuda ini belum pernah sekalipun di level senior memenangkan Piala AFF.

Faktanya, Timnas Indonesia pernah 13 kali mengikuti keikutsertaan dan hanya mencapai final sebanyak enam kali.

Dari sebanyak enam kali tersebut, sayangnya selalu gagal di partai puncaknya!

Akankah Timnas Indonesia mampu membuktikan bahwa Skuad Garuda mematahkan kutukan ahli runner-up di Piala AFF pada tahun 2022 ini?

Saksikan kesanggupan dan pertarungan Jordi Amat dkk meraih kesuksesan untuk pertama kalinya di Piala AFF 2022 ini di RCTI+!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2019 RCTI+