Connect with us

Ibadah

Doa Menyambut Ramadhan yang Sesuai Sunnah Arab, Latin dan Artinya

Published

on

Doa Menyambut Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat penting bagi umat Muslim di seluruh dunia. Satu tahun sekali, umat Muslim menyambut kedatangan bulan penuh berkah ini dengan sukacita dan rasa syukur.

Selama satu bulan penuh, umat Islam berpuasa dari fajar hingga maghrib sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT. Bulan Ramadhan juga dikenal sebagai bulan yang penuh dengan keberkahan dan kemurahan hati.

Untuk mendapatkan keberkahan dan kelapangan saat mengerjakan ibadah dalam bulan Ramadhan, seorang Muslim disarankan untuk memohon kepada Allah dengan berdoa agar pelaksanaan puasa atau ibadah lainnya dapat dilaksanakan dengan kesabaran.

Berdoa kepada Allah SWT adalah salah satu cara untuk menyambut bulan Ramadhan dengan penuh keikhlasan dan rasa syukur. Berbagai doa dapat diamalkan untuk memohon keberkahan yang turun pada bulan Ramadhan.

Berikut adalah beberapa doa yang dapat Anda amalkan untuk menyambut bulan Ramadhan:

Doa Menjelang Ramadhan ala NU

Doa Menjelang Ramadhan ala NU

Dalam budaya agama Islam Nahdlatul Ulama sangat menganjurkan umat Muslim untuk membaca doa sebelum memasuki bulan suci Ramadhan. Bahkan hal ini bukan hanya sekadar doa pribadi, tetapi juga doa bersama.

Hal ini menunjukkan betapa mulianya bulan Ramadhan sehingga tak henti umat Muslim, khususnya Nahdlatul Ulama, membaca doa untuk menyambut datangnya bulan yang suci.

Doa sambutan Ramadhan NU yang dapat dibaca adalah sebagai berikut:

ุงู„ู„ู‡ู…ูŽู‘ ุจุงุฑููƒู’ ู„ูŽู†ุง ููŠ ุฑูŽู…ูŽุถุงู†ูŽ ูˆูŽููŽุฑูู‘ุฌู’ ุนูŽู†ู‘ุง ููŠู‡ูุŒ ูˆูŽุงุบู’ููุฑู’ ู„ูŽู†ุง ุฐูู†ููˆุจูŽู†ุง ูŠุง ุนูŽุธููŠู’ู…ู

Allahumma barik lana fi Ramadhan wa farrij anna fihi, wa ighfir lana dhunubana ya โ€˜Azim.

Artinya: โ€œYa Allah, berikanlah keberkahan pada kami di bulan Ramadhan dan mudahkanlah segala urusan kami di dalamnya. Ampunilah dosa-dosa kami dan jadikanlah Ramadhan ini sebagai sarana untuk memperbaiki diri dan meraih keberkahan-Mu.โ€

Baca juga: Doa Niat Puasa Qadha Ramadhan, Tata Cara dan Anjurannya

Doa Menyambut Ramadhan dengan Hadist Shahih

Doa ini diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW dan diharapkan dapat menjadi panduan bagi umat Muslim dalam menyambut bulan Ramadhan.

Nabi Muhammad SAW mengajarkan umatnya untuk membaca doa menyambut bulan Ramadhan dan memohon agar diberikan keselamatan dalam menjalaninya. Bulan Ramadhan menjadi kesempatan bagi umat Muslim untuk melakukan amal ibadah dan memperoleh pahala yang berlipat ganda.

Salah satu bacaan doa menyambut Ramadhan yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW adalah sebagai berikut:

ุงูŽู„ู„ู‘ูฐู‡ูู…ู‘ูŽ ุณูŽู„ู‘ูู…ู’ู†ููŠู’ ู„ูุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ ูˆูŽ ุณูŽู„ู‘ูู…ู’ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ ู„ููŠู’ ูˆูŽ ุณูŽู„ู‘ูู…ู’ู‡ู ู„ููŠู’ ู…ูุชูŽู‚ูŽุจู‘ูŽู„ุงู‹

โ€œAllahumma sallimni li Ramadhan wa sallim Ramadhan li wa sallimhu li mutaqabbalan.โ€

“Artinya: โ€œYa Allah, berikanlah keselamatan kepadaku untuk menyambut bulan Ramadhan, jadikanlah bulan Ramadhan ini sebagai ladang amal yang penuh berkah bagi diriku, dan terimalah amal ibadahku pada bulan ini dengan ridha-Mu.โ€

Membaca doa menyambut Ramadhan dengan teks Arab ataupun translasi bahasa lainnya sebenarnya tidaklah menjadi persoalan, karena yang terpenting adalah niat yang ikhlas.

Namun, bagi yang ingin membaca doa dengan teks bahasa Arab, berikut adalah bacaan doa menyambut Ramadhan yang dapat digunakan:

ูŠูŽุง ุญูŽูŠูู‘ ูŠูŽุง ู‚ูŽูŠูู‘ูˆู’ู…ูุŒ ุจูุฑูŽุญู’ู…ูŽุชููƒูŽ ู†ูŽุณู’ุชูŽุนููŠู’ุฐูุŒ ุฃูŽุตู’ู„ูุญู’ ู„ูŽู†ูŽุง ุดูŽู‡ู’ุฑูŽ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ ูˆูŽุงุฌู’ุนูŽู„ู’ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู†ูŽุง ุฎูŽูŠู’ุฑู‹ุง

โ€œYa Hayyu ya Qayyum, bi rahmatika nastaโ€™ithu, aslih lana shahra Ramadhan wa jaโ€™alhu โ€˜alayna khayran.โ€

Sebagai umat Muslim, doa saat menyambut Ramadhan pada tahun 2023 juga menjadi momen yang sangat spesial. Melalui doa ini, umat Muslim berharap mendapatkan kekuatan dan kesempatan untuk memanfaatkan bulan suci ini dengan sebaik-baiknya, serta menjalankan ibadah puasa dengan ikhlas dan tulus.

Baca juga: Doa Menyambut Ramadhan yang Sesuai Sunnah Arab, Latin dan Artinya

Doa Menjelang Ramadhan 2023

Berikut ini salah satu bacaan doa menyambut Ramadhan dari tahun ke tahun yang dapat digunakan pada tahun 2023 ini:

ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ุจูุฑูŽุญู’ู…ูŽุชููƒูŽ ู†ูŽุฑู’ุบูŽุจู ูˆูŽุชูู…ูŽู†ูู‘ูŠู†ู ุฃูŽู†ู’ ุชูŽู…ู’ู†ููˆู†ูŽ ู„ูŽู†ูŽุง ู„ูู‚ูŽุจููˆู„ู ุดูŽู‡ู’ุฑู ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ ู‡ูŽุฐูŽุง ุงู„ู’ุนูŽุงู…ู. ุงุฌู’ุนูŽู„ู’ ุดูŽู‡ู’ุฑูŽ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ ู‡ูŽุฐูŽุง ุงู„ู’ุนูŽุงู…ูŽ ููŽุฑูŽุตู‹ุง ู„ูŽู†ูŽุง ู„ูู„ุชูŽู‘ู‚ูŽุฑูู‘ุจู ุฅูู„ูŽูŠู’ูƒูŽ ุฃูŽูƒู’ุซูŽุฑูŽุŒ ูˆูŽุงู„ู’ุนูŽู…ูŽู„ูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุชูŽุญู’ุณููŠู†ู ุฃูŽู†ู’ููุณูู†ูŽุงุŒ ูˆูŽุชูŽุญู’ุณููŠู†ู ู†ูŽูˆูŽุงุนููŠู’ุจู ุนูุจูŽุงุฏูŽุชูู†ูŽุงุŒ ูˆูŽู†ูŽุญู’ู†ู ู†ูŽุญู’ุตูู„ู ุจูุจูŽุฑูŽูƒูŽุชููƒูŽ. ูŠูŽุง ุงู„ู„ู‡ูุŒ ุฃูŽุนูู†ูŽู‘ุง ุงู„ู’ู‚ููˆูŽู‘ุฉูŽ ูˆูŽุงู„ู’ุฅูุฑูŽุงุฏูŽุฉูŽ ู„ูู„ู’ุชูŽู‘ู‚ูŽู…ูู‘ุตู ูููŠ ู‡ูŽุฐูŽุง ุงู„ุดูŽู‘ู‡ู’ุฑู ุงู„ู’ูƒูŽุฑููŠู…ูุŒ ูˆูŽู„ูู†ูŽุฑู’ุชูู‚ููŠูŽ ุจูุฃูŽู†ู’ููุณูู†ูŽุงุŒ ูˆูŽู†ูŽุญู’ู†ู ู†ูŽุชูŽู‘ุฎูุฐู ู…ูู†ู’ู‡ู ุฃูŽูู’ุถูŽู„ูŽ ุงู„ู’ุนูุจูŽุงุฏูŽุงุชู.

Lafad: โ€œAllahumma bi rahmatika narghu wa tumaninu an tamnuna liqabal shahri Ramadan hatha alโ€™am. Ijโ€™al shahra Ramadan hatha alโ€™am farasan lana litaqarub ilayk akthar, walโ€™amal โ€˜ala tahsin anfusina, wa tahsin nawโ€™at ibadatina, wa nahna nahsulu bi barakatik. Ya Allah, aโ€™inna alquwah walโ€™iradah liltaqam alahdafa fi hadha alshahri alkareem, walinartiqu bi nafsiina.”

Artinya: โ€œYa Allah, dengan rahmat-Mu kami berharap agar Engkau memberikan kesempatan kepada kami untuk menyambut bulan Ramadan tahun ini. Jadikanlah bulan Ramadan kali ini sebagai momen untuk kami lebih dekat dengan-Mu, untuk memperbaiki diri, meningkatkan kualitas ibadah kami, dan meraih keberkahan-Mu. Ya Allah, berilah kami kekuatan dan tekad untuk mencapai tujuan kami di bulan yang mulia ini, dan untuk naik ke level yang lebih tinggi dalam meningkatkan diri. Ya Allah, kabulkanlah doa kami.โ€

Baca juga: Niat Mandi Puasa yang Benar, Latin/Arab dan Anjurannya

Doa Menjelang Ramadhan Sesuai Sunnah

Doa yang disunnahkan saat menyambut bulan suci Ramadhan adalah:

ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ุฃูŽู‡ู’ู„ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู†ูŽุง ุจูุงู„ู’ุฃูŽู…ู’ู†ู ูˆูŽุงู„ู’ุฅููŠู’ู…ูŽุงู†ูุŒ ูˆูŽุงู„ุณูŽู‘ู„ูŽุงู…ูŽุฉู ูˆูŽุงู„ู’ุฅูุณู’ู„ูŽุงู…ูุŒ ุฑูŽุจูู‘ูŠ ูˆูŽุฑูŽุจูู‘ูƒูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู

“Allahumma ahillahu โ€˜alaina bil-amni wal-imaan, was-salaamati wal-Islam, rabbi wa rabbuka Allah.”

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah bulan Ramadhan datang kepada kami dengan keamanan, iman, keselamatan, dan Islam. Ya Allah, Rabbku dan Rabbmu adalah Allah.”

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Copyright ยฉ 2019 RCTI+