Connect with us

Olahraga

Cuaca Dingin Hingga Lapangan Kurang Baik Menjadi Kendala Garuda Muda Di Uzbekistan

Published

on

Cuaca Dingin Hingga Lapangan Kurang Baik Menjadi Kendala Garuda Muda Di Uzbekistan

JakartaPiala Asia U-20 kembali digelar tahun ini mulai 1 – 18 Maret di Uzbekistan yang sebelumnya ditunda karena Pandemi Covid 19.

Kejuaraan sepak bola usia remaja ini memang rutin digelar setiap 2 tahun sekali. Piala Asia U-20 tahun ini merupakan edisi yang ke 41.

Terdapat total 16 negara yang akan berpartisipasi dalam ajang bergengsi ini. Pasalnya 4 tim teratas dari turnamen ini berhak melaju ke Piala Dunia U-20 2023. Indonesia sendiri dipastikan berhak tampil di Piala Dunia U-20 2023 karena merupakan tuan rumah.

Meskipun sudah dipastikan akan tampil di Piala Dunia U-20 2023, Timnas Indonesia tetap akan tampil maksimal di Piala Asia U-20. Berbagai uji coba sudah dilakukan untuk mematangkan skuad Garuda Muda.

Baca juga: Laga Pembuka Hari Ini, Berikut Jadwal Timnas Indonesia vs Irak Piala Asia/AFC Cup U-20

Timnas Indonesia U-20 sendiri sudah tiba di Uzbekistan guna memaksimalkan persiapan mereka. Tantangan utama bagi garuda muda ini adalah faktor cuaca.

Uzbekistan saat ini sedang berada dalam musim dingin. Suhu disana berkisar 11 derajat celcius. Hal ini membuat skuad garuda memerlukan adaptasi untuk dapat tampil maksimal. Karena sebagian besar pemain Indonesia bermain di liga Indonesia yang beriklim tropis. “Secara keseluruhan tim dalam kondisi baik. Akan tetapi, adaptasi dengan cuaca yang agak sulit. Jadi mungkin perlu waktu saja.” Ujar Shin Tae Yong.

Disisi lain Indonesia tergabung dalam satu grup yang berisikan negara Uzbekistan, Suriah dan iraq. Ketiga negara ini sudah terbiasa dengan musim dingin. Hanya Indonesia yang masih perlu beradaptasi dengan cuaca dingin ini. Ketiga negara ini diuntungkan karena tidak perlu beradaptasi. “Cuaca seperti ini belum pernah dialami oleh para pemain, jadi tentu tidak mudah bagi kami” Ujar Shin Tae Yong. persiapan dengan fokus utama adaptasi utama adalah hal mutlak bagi garuda muda menjelang pertandingan.

Selain itu persiapan timnas Indonesia juga terhambat karena faktor lapangan yang buruk. Lapangan latihan yang disediakan oleh Uzbekistan tidak berkualitas.

Baca juga: Jadwal Live Timnas Indonesia U-20 di Piala Asia/AFC Asian Cup 2023

Garuda muda berlatih di stadion kecil di Tashknet, Ibukota Uzbekistan. Sebagian besar kondisi lapangan gundul dan hanya beberapa bagian ditumbuhi rumput.

Terlihat juga para pemain timnas menggunakan kaos kaki dengan stocking panjang guna menghindari cidera akibat buruknya lapangan.

Shin Tae Yong sebagai pelatih mengkritik keras kondisi lapangan yang dapat membahayakan para pemain ini. Latihan yang dijalankan juga tidak maksimal.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.