Connect with us

TV

TV di Rumah Sudah TV Digital atau Belum? Cek Caranya Disini!

Published

on

contoh tv digital

Televisi digital adalah jenis televisi yang menggunakan modulasi digital dan sistem kompresi untuk menayangkan siaran sinyal gambar, suara, dan data ke pesawat televisi.

Modulasi itu sendiri adalah proses perubahan suatu gelombang periodik sehingga menjadikan suatu sinyal mampu membawa sebuah informasi.

TV digital saat ini telah mendapatkan posisi spesial di hati masyarakat. Sebelumnya, TV analog telah lebih dulu menemani penonton selama bertahun-tahun. Namun, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) kini tengah melakukan migrasi dari TV analog ke TV digital secara bertahap.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas bagaimana caranya mengetahui apakah TV di rumah sudah digital atau masih analog.

Cara mengecek TV Digital

Nah, untuk memastikan bahwa TV kalian sudah mendukung siaran digital atau belum, silahkan simak ulasan yang berikut ini!

  1. Lihat tanda stiker di belakang TV. Cek stiker pada bodi belakang TV, tertulis keterangan ATSC, DTV, Digital Ready, HD Ready, HDTV, Digital Tuner, Digital Tuner Built-In, Integrated Digital Tuner, atau Digital Receiver. Kalau ada salah satu keterangan disebutkan tadi, artinya TV sudah bisa menerima siaran digital.
    Anda harus teliti, sebab penempatan stiker mungkin akan berbeda-beda tergantung merek TV.
  2. Cek Spesifikasi TV. Jika Anda tidak menemukan stiker seperti ulasan diatas, Anda bisa memastikan kembali dengan cara menghubungi toko di mana Anda membeli perangkat tersebut. Hal ini untuk melihat spesifikasi selengkapnya di situs resmi.
    Untuk mengecek spesifikasinya, Anda cukup memasukkan nomor model televisi Anda di halaman resmi merek TV yang bersangkutan.
  3. Tes Langsung dengan Siaran TV Digital. Selain cara dua diatas tadi, Anda bisa mengecek melalui siaran televisi yang tersedia. Siaran digital biasanya punya sub-channel, seperti channel A-1, dan channel A-2.
    Misalnya, TVRI memiliki beberapa sub-channel: TVRI Nasional, TVRI 3 Budaya, serta TVRI Sport HD. Kalau kalian menemukan sub-channel seperti itu, artinya TV sudah mendukung siaran digital.
  4. Cek ke Situs Kominfo. Terakhir, Anda bisa mencoba melihat melalui situs Kominfo. Dengan masuk ke halaman sertifikasi perangkat lewat tautan https://siarandigital.kominfo.go.id/informasi/perangkat-televisi ini. Kemudian pada kolom kategori, pilih opsi “Televisi”. Setelah itu, isi merek dan model yang sesuai dengan televisi Anda.

Perbedaan Singkat Contoh TV Digital dan TV Analog

Secara keseluruhan, perbedaan TV digital dan Analog ditentukan oleh receiver digunakan di jenis televisi. Secara kualitas dan penyajian TV digital yang ditayangkan, tentu TV digital lebih unggul dibandingkan TV analog. Pasalnya TV Digital sudah menggunakan teknologi yang lebih baik dengan mekanisme yang sama dengan tv online.

Sebenarnya, karena mengunakan penerimaan sinyal yang lebih baik dibandingkan dengan TV analog, maka televisi digital lebih unggul dan memiliki beberapa kelebihan.

Kualitas siaran yang lebih stabil dan tahan terhadap gangguan (interferensi, suara dan/atau gambar rusak, berbayang, dsb). Memungkinkan siaran dengan resolusi HDTV secara lebih efisien. Kemampuan penyiaran multichannel dan multiprogram dengan pemakaian kanal frekuensi yang lebih efisien.

Di RCTI+ menyediakan fitur untuk Anda yang ingin menonton siaran yang akan datang hingga siaran ulang 7 hari terakhir secara gratis 24 jam non-stop.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.