Connect with us

TV

Siaran TV Hilang Semua? Jangan Panik, Begini Cara Balikinnya

Published

on

siaran tv hilang

Kamu lagi enak-enak nonton TV, tiba-tiba layarnya kosong? Dan setelah dicek ternyata siaran TV hilang semua!? Kamu enggak perlu panik, enggak perlu panggil tukang service TV apalagi langsung ke toko elektronik buat beli TV baru. Karena, bukan cuma cowok yang bisa ghosting (menghilang tiba-tiba), tapi siaran TV juga bisa.

Kamu bisa kok cek sendiri gangguan pada TV kamu sebelum lakukan itu semua. Yang paling utama, kamu harus mengetahui dulu kenapa siaran TV kamu tiba-tiba menghilang, baru kamu bisa menemukan solusi untuk balikinnya.

Jadi, ada beberapa penyebab siaran TV bisa menghilang.

1. Antena TV Kamu Dipindahkan

Jangankan dipindahkan, disenggol dikit aja kadang suka mempengaruhi kualitas siaran TV. Antena itu memang agak sensitif, jadi, perubahan kecil pada posisi antena akan berdampak besar pada gelombang sinyal yang diterima oleh TV. Solusinya, coba gerakkan perlahan antena kamu ke sekeliling untuk melihat apakah itu membantu kamu menemukan channel yang hilang atau tidak.

Jika antenanya di atap rumah, kamu jangan males naik ke atas, yaa. Coba dulu pastikan tidak ada masalah dengan antena posisi kamu.

2. Kabel TV Kamu Longgar

Selain masalah antena, salah satu penyebab siaran TV bisa hilang adalah kabel TV yang longgar. Jangan-jangan ada binatang domestik yang merayapi kabel TV kamu.

Kebanyakan orang kehilangan siaran TV tiba-tiba karena kabelmya terputus. Jika hal itu terjadi sama kamu, maka, lakukan cara untuk menghubungkan atau mengencangkan kembali kabel TV kamu agar siaran bisa balik seperti semula.

3. Adanya Interferensi Elektronik

channel tv hilang sendiri

Buat kamu yang belum tau, interfernsi elektroni itu gangguan gelombang elektronik. Kemungkinan ada perangkat elektronik baru di rumah kamu yang membuat kerusakan pada sinyal TV, dan berakhir pada siaran yang tiba-tiba hilang. Jika itu benar, maka, cara balikin siaran TV kamu adalah dengan mematikan sementara semua perangkat elektronik di rumah kamu, dan lihat apakah penerimaan sinyal TV kamu membaik atau tidak.

Kalau penerimaan sinyal TV kamu meningkat, nyalakan setiap perangkat elektronik satu per satu sampai kamu menemukan alat elektronik mana yang menjadi penyebab interferensi atau gangguannya.

Tapi, kalau kamu tinggal di kompleks apartemen atau sejenisnya, bisa jadi perangkat elektronik tetangga kamar kamu yang jadi penyebabnya. Yaaa, enggak mungkin matikan perangkat tetangga kamu, kan? Tapi, kamu bisa mencoba meningkatkan penerimaan antena TV kamu sebagai solusinya.

4. Amplifier Antena Kamu Buruk

Nah, kalau tadi posisi antenanya yang kemungkinan bermasalah, sekarang mungkin amplifier antena kamu yang buruk. Penguat antena merupakan perangkat yang rumit dan jauh lebih rentan terhadap kegagalan. Jika kamu memiliki antena yang diperkuat dengan amplifier, maka cobalah untuk melepaskan amplifier dari antena kamu dan hubungkan antena langsung ke televisi. Maka, ini akan berfungsi untuk mengembalikan siaran TV kamu yang tiba-tiba hilang tadi.

5. Cuaca Buruk

Cuaca dapat mempengaruhi penerimaan sinyal yang mempengaruhi siaran TV kamu. Apalagi kalau sampai terjadi badai. Badai dapat mempengaruhi sinyal kamu dan bikin siaran TV tiba-tiba menghilang. Nah, kalau ini yang terjadi sih, enggak ada yang bisa kamu lakuin pada TV kamu selain menunggu cuaca kembali membaik, atau lanjutkan menonton di siaran TV online di smartphone kamu.

Apabila TV kamu sudah digital, cuaca buruk tidak jadi masalah lagi dengan daftar siaran tv digital yang langsung siap ditonton.

6. Pemancar Transmitter Stasiun TV Diubah

Stasiun TV biasanya melakukan perubahan pada daya pemancar mereka dari waktu ke waktu. Tidak banyak yang bisa kamu lakukan terkait hal ini, kecuali dengan meningkatkan penerimaan antena kamu.

Selain itu, sering kali nomor frekuensi pada siaran mereka juga berubah. Jika seperti ini, kamu bisa melakukan pengaturan ulang pada digital kamu.

Seperti menekan tombol “menu” pada STB (Set Top Box) atau digital kamu, kemudian pilih “Buat salulran”, tekan tombol OK, lalu pilih “Satelit Palapa C2”, selanjutnya pilih “Frekuensi TP”, dan masukkan nomor frekuensi baru dari siaran TV yang hilang tadi.

Terkadang stasiun TV menginformasikan perubahan frekuensi ini dengan menyelipkan di setiap acara TVnya beberapa minggu. Maka, kamu harus mencatat perubahan tersebut dan meng-input-nya saat frekuensi diganti dan siaran tiba-tiba menghilang. Jika kamu tidak mendapatkan informasi atau tidak sempat mencatatnya, kamu bisa melakukan pencarian perubahan nomor frekuensi siaran TV tersebut di google atau mesin pencari lainnya.

7. Kendala Fisik Baru

Nah, perkara ini kadang memang cukup menyebalkan, yaa. Jika ada kontraktor yang membuat bangunan tinggi di antara rumah kamu dan pemancar TV, maka, bisa jadi itu menghalangi sinyal TV kamu dan bikin siarannya tiba-tiba hilang. Menyebalkan, bukan? Orang lain yang berbuat, kita yang kena imbasnya. Huftt!

Tapi, tidak perlu panik apalagi sampai marah-marah ke kontraktornya. Kamu cukup coba mainkan posisi antena TV kamu sampai kamu dapat menemukan kembali siaran favorit yang hilang tadi. Gampang, kan, balikin lagi siaran TV yang hilang?

JIka cara-cara di atas tidak mampu mengembalikan siaran TV kamu yang hilang, maka, kamu perlu melakukan “Factory reset” atau “Re-installation“. Caranya, cukup dengan menekan tombol ‘Menu’ pada remote receiver‘ dan ikuti opsi menu untuk reset atau re-installation.

Terakhir nih, kalau kamu masih juga kehilangan siaran TV dan enggak bisa balikinnya dengan cara-cara di atas, pilihan lain kau bisa menonton tv melalui laptop. Atau inilah saatnya kamu menghubungi pihak TV. Call them to the rescue, minta bantuan mereka untuk mengatasi permasalahan siaran TV kamu yang masih suka menghilang itu.

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Siaran Tv Indonesia Yang Akan Segera Menghilang – Stevesgunsammo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.