Connect with us

Aplikasi

TikTok dan Tiktok Lite: Mengenal Perbedaan yang Harus Kamu Tau

Published

on

tiktok lite

TikTok yang hingga sekarang masih menduduki top aplikasi hiburan dalam kurun tiga tahun terakhir. Dibarengi dengan saat pandemi melanda yang mengharuskan untuk tidak keluar rumah untuk sementara waktu membuat platform hiburan secara masif digunakan untuk menghibur diri saat karantina berlangsung.

Dengan semakin berkembangnya pengguna, TikTok mengembangkan sebuah versi lightweight yang lebih kecil yang disebut dengan TikTok Lite. Tidak hanya disitu, ternyata perbedaan adari TikTok dan TikTok Lite tidak hanya sekedar dari ukuran aplikasi biasa.

Perbedaan TikTok dengan TikTok Lite

TikTok dan TikTok Lite adalah aplikasi serupa seperti dapat digunakan link URLnya untuk download video yang ada, tetapi memiliki beberapa perbedaan. TikTok adalah aplikasi video pendek populer yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan berbagi video musikal yang diterapkan dengan efek dan filter.

Sekali lagi, TikTok Lite adalah versi ringan dari TikTok yang ditujukan untuk perangkat yang memiliki spesifikasi rendah atau koneksi internet yang lemah.

Berikut adalah beberapa perbedaan utama antara TikTok dan TikTok Lite:

1. Ukuran Aplikasi

TikTok memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan TikTok Lite, sehingga TikTok Lite lebih mudah diunduh dan diinstal pada perangkat yang memiliki ruang penyimpanan yang terbatas.

Secara umum, versi lite lebih menonjol dalam ukuran dan penyimpanan dari aplikasi biasanyanya.

Dengan kondisi yang demikian, akan jauh lebih mudah mengoperasikan aplikasi dengan lancar walau hanya dengan sinyal internet 2G maupun 3G.

Baca juga: Cara Mudah Download Video Tiktok yang di Privasi

2. Performa

TikTok Lite memiliki performa yang lebih baik dibandingkan dengan TikTok pada perangkat yang memiliki spesifikasi rendah, karena memiliki ukuran aplikasi yang lebih kecil dan menggunakan sumber daya lebih sedikit.

3. Fitur

TikTok dan TikTok Lite memiliki fitur yang sama, tetapi TikTok memiliki lebih banyak filter dan efek video dibandingkan dengan TikTok Lite.

Dalam hal ini, tidak ada yang bisa dikatakan lebih baik, karena kedua aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika Anda memiliki perangkat dengan spesifikasi rendah atau koneksi internet yang lemah, TikTok Lite adalah pilihan yang lebih baik. Namun, jika Anda menginginkan fitur lebih banyak, Anda mungkin ingin menggunakan TikTok.

4. Pengaturan Privasi

Pengaturan privasi merupakan hal lumrah disetiap aplikasi, termasuknya TikTok ini. Namun, opsi tersebut sangat terbatas untuk versi lite. Dengan kata lain, terdapat beberapa pembatasan yang tidak bisa diatur melalui TikTok Lite.

Sementara itu untuk mengatur privasi akun secara penuh kamu hanya perlu menggunakan TikTok versi utama termasuk privasi akun hingga file video yang diupload.

Baca juga: Kamu Harus Tau, Jadwal FYP TikTok dan Cara Viralnya!


Terlepas dari adanya perbedaan antara keduanya, TikTok maupun TikTok Lite bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

Misalnya saja, kamu hanya menggunakan TikTok sebagai saran menikmati konten video yang ada serta sisa penyimpanan hanya tinggal sedikit, TikTok Lite bisa menjadi opsi yang cocok. Sementara jika kamu suka membagikan ide konten lucu, gokil atau edukatif ala kamu sendiri kamu bisa menggunakan versi Lite.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.