Connect with us

TV

Cara Mudah Menangkap Siaran TV Luar Negeri Gratis

Published

on

cara menangkap siaran tv luar negeri gratis

Di masa pandemi ini, salah tau hal yang rutin kita lakukan dirumah aja adalah menonton televisi. Menonton tv menjadi agenda penghibur bosan bersama keluarga. Namun, sering kali keluarga mengeluh perihal ini. Pasalnya, tv yang sekarang sudah berbayar alias tidak gratis lagi. Yaitu, tv digital. Tv parabola yang mampu mengakses channel TV LED luar negeri bahkan sedunia.

Pemerintah pun sudah mengajak semua masyarakat Indonesia untuk melakukan migrasi dari siaran TV Analog ke siaran TV Digital. Harga yang ditawarkan untuk menggunakan tv digital ini cukup mahal dan berlangganan setiap bulannya. Mulai dari Rp 210.000 hingga mencapai Rp 500.000 lebih. 

cara menangkap siaran tv luar negeri gratis

Namun, mulai hari ini Anda tak perlu khawatir. Karena Anda mampu menikmati TV digital perdeo secara gratis, bagaimana caranya? Dengan kabel antena biasa, tanpa parabola.

Simak ulasan berikut ini,

1. Antena dan TV

Pertama, menggunakan antena dan tv. Pastikan TV Digital anda bisa menangkap frekuensi DVB-T2. Untuk menerima frekuensi ini, TV anda wajib memiliki tunner DVB-T2. Kebanyakan TV masih memakai DVB-T seri pertama. Jadi tidak mampu menangkap sinyal uhf/vhf.

Saat membeli tv, pastikan tv anda tersedia tunner DVB-T2.

2. Alat Tambahan Set Top Box DVB-T2

Kedua, dengan menggunakan set top box DVB-T2. Alat ini mempunyai fungsi menghubungkan antena uhf/vhf lalu menggonversi frekuensi digital TV. Penggunaan set top box DVB-T2 bisa dipasang dalam TV analog atau TV digital yang belum memliki tunner DVB-T2 atau yang masih serie pertama.

3. Sinyal Siaran Parabola

Pada tahun 2007, Anda masih bisa menangkap siaran TV digital tanpa parabola memakai tunner DVB-T serie pertama. Namun, pada tahun 2012 standar penyiaran digital telah di tingkatkan menjadiDVB-T2. Awalnya parabola ini masih sulit menemukannya, kini pada tahun 2020 telah banyak TV yang diproduksi menggunakan tunner DVB-T2.

Jadi, Anda hanya perlu antena saja untuk menerima signal TV Digital tersebut.

Itulah cara agar bisa menonton TV Digital Gratis tanpa parabola. Cara-cara ini bisa Anda coba untuk menonton di rumah bersama keluarga. Menonton channel TV luar negeri gratis, maupun dalam negeri dengan nyaman tanpa takut keluar biaya. Silahkan dicoba di rumah dan semoga berhasil, ya!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.