Connect with us

TV

Streaming Adalah: Pengertian, Penerapan dan Jenis-Jenisnya

Published

on

apa itu live streaming

Seperti yang kita rasakan, perkembangan digital di era 4.0 semakin pesat. Mendengar kata streaming mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita. Bahkan, kita sendiri pun sering melakukannya, bukan? Saat ini, banyak platform yang menyediakan fasilitas streaming bagi penggunanya.

Dengan adanya fitur-fitur teknologi yang semakin canggih, streaming bisa dilakukan dengan menggunakan smartphone, laptop, atau komputer yang terhubung ke internet.

Selain itu, saat melihat video yang ada di Youtube atau sosial media, secara otomatis kita bisa menontonnya, tanpa perlu melakukan download terlebih dahulu.

Di masa pandemi sekarang ini, banyak orang yang mengisi waktunya dengan melakukan streaming. Baik itu streaming konser, film, maupun yang lainnya.

Kegiatan menonton konser langsung di tempat ataupun menonton film ke bioskop perlu dipertimbangkan lagi pada masa penyebaran virus saat ini. Tapi, pilihan untuk melakukan streaming dapat menjadi solusi untuk menggantikannya.

Beberapa situs ada yang menyediakan fitur menonton video atau film secara online, dengan streaming menggunakan kuota internet dan menyediakan fitur untuk mengunduhnya. Namun, beberapa media memiliki fitur untuk menikmati dan menyimpan video tersebut lalu ditonton secara offline atau tanpa jaringan internet.

Tidak hanya pada kebutuhan sosial harian, kegiatan streaming juga sangat terkenal dan digunakan di sebuah industri game online atau e-sports. Dengan berkembangnya e-sports, permintaan orang-orang untuk menonton orang lain bermain game secara langsung juga ikut meningkat.

Tapi, taukah kamu apa itu live streaming? Apa pengertiannya dan apa saja jenisnya?

Kamu mungkin mampu menjawab semua pertanyaan itu, atau justru kamu bahkan tidak tahu bahwa streaming ada banyak jenisnya?

Tidak perlu bingung menjawabnya, karena di bawah ini kami jelaskan lengkap mengenai streaming.

Pengertian Streaming

arti streaming

Ada beberapa pengertian streaming yang bisa kamu pahami. Secara teoritis, arti streaming adalah proses pengiriman data berupa konten dalam bentuk video ke perangkat elektronik seperti smartphone atau komputer melalui transmisi internet secara stabil.

Selain itu, ada yang mengatakan bahwa pengertian streaming juga merupakan proses pengiriman konten, baik audio maupun video dikirim dalam bentuk yang sudah terkompres melalui internet, lalu diputarkan secara langsung tanpa harus melakukan download atau pengunduhan terlebih dahulu.

Ada juga yang mendefiniskan streaming adalah proses mentransfer dari data sever kepada host. Di mana data yang ditransfer merepresentasikan informasi yang harus disampaikan secara langsung.

Data yang dikirim berupa video, audio, grafik, web tours, atau aplikasi real-time lainnya.

Bagi video gamer, suatu aktivitas di mana seseorang akan merekam permainan yang mereka mainkan dan menyiarkannya ke platform live streaming melalui internet.

Streamer – sebutan untuk orang atau gamer yang melakukan streaming biasanya sering menyimpan rekaman atau klip tertentu dari aksi mereka, dan akan mengunggahnya untuk dilihat kapan saja di Youtube atau platform lainnya.

Untuk membuat video streaming, biasanya streamer merekam terlebih dahulu baru kemudian diunggah ke platform atau situs online untuk dinikmati penontonnya. Video yang diunggah bisa berupa konten pribadi yang diabadikan dan bisa ditonton ulang, atau pun sebuah film atau frama yang diproduksi oleh perusahaan.

Tentu hal ini harus dilakukan dengan profesional melalui kerjasama langsung, yaa.

Manfaat Streaming

Selain itu, kegiatan Streaming kini tak hanya dimanfaatkan di media baru seperti Youtube, Instagram, dan lain-lain, tapi juga pada radio-radio modern yang mengandalkan jaringan internet untuk mengudara.

Tidak sedikit pula penikmat radio yang akhirnya memanfaatkan keberadaan radio online ini untuk beralih. Sebelumnya mengunakan frekuensi radio menjadi menggunakan aplikasi radio itu sendiri, untuk mencari informasi berupa berita terkini atau sekedar konten hiburan.

Dalam dunia e-sports, streaming adalah cara yang bermanfaat untuk membantu mengaktifkan turnamen besar untuk dapat melibatkan masyarakat umum dan memperluas jangkauan. Bagi para penggemar e-sports, streaming dapat memberikan tingkat kenyamanan yang lebih tinggi dibanding dengan datang langsung.

Manfaat lainnya, bagi streamer yang berhasil dalam streaming dan memiliki banyak penonton, mereka bisa mendapatkan uang yang cukup banyak dengan melakukan streaming saja. Meski, hal ini memang tidak semudah sekedar menekan tombol record, kemudian memiliki sekian ribu penonton bahkan jutaan. Para streamer perlu waktu yang cukup lama untuk membangun image dan fanbase mereka terlebih dahulu.

Jenis-Jenis Streaming

jenis jenis stream

Dilansir dari Kominfo, setidaknya ada 2 jenis streaming yang digunakan masyarakat saat ini

Pre-record Streaming Adalah

Jenis streaming yang pertama ini dijalankan dengan merekam konten yang akan disiarkan terlebih dahulu. Lalu, kemudia menyimpannya pada media tertentu (bisa pada media online ataupun media fisik seperti hardisk). Setelah itu, baru kemudia host dapat melakukan akses pada konten tersebut jika akses diberikan secara bebas oleh pemilik konten.

Maksimalisasai terhadap file video sharing ada pada pointer dan juga pada saat kapan, di mana acara atau konten tersebut akan tayang (premiere).

Gambar juga dapat diedit ulang sehingga akan aman dan layak untuk ditonton sesuai standar yang pemilik konten berhak tentukan.

Live Streaming Adalah

Sedikit berbeda dengan pre recording streaming, Live Streaming dilakukan dengan cara disiarkan secara langsung. Artinya, live streaming adalah konten direkam dan ditayangkan pada saat kegiatan sedang berlangung. Nantinya host bisa melihat setiap detik yang dilalui owner content sehingga engagement yang terjalin lebih erat.

Di masa pandemi ini, banyak acara yang disiarkan secara live.

Mulai dari acara berskala besar seperti, konser, pernikahan, peresmian, hingga acara berskala kecil seperti, individu influencer masak yang ingin melakukan live streaming.

Hal ini dikarenakan menyeru masyarakat untuk membantu memutuskan rantai virus pandemi dengan tidak membuat kerumunan apalagi tanpa protokol kesehatan.

Live streaming juga banyak diminati penonton, karena melalui live streaming, penonton bisa memberikan komentar dan reaksinya. Selain itu, penonton juga bisa berinteraksi dengan streamer atau orang yang melakukan live streaming.

Karena live streaming dilakukan secara langsung dan bisa dinikmati penonton di waktu bersamaan, maka acara live streaming tayang tanpa diedit. Namun, tentu live streaming memiliki sensasi yang berbeda. Video live streaming juga biasanya tidak bisa diunduh atau ditonton secara offline.

Nah, sekarang kamu bisa sedikit lebih paham apa itu streaming kan sekarang?

Dengan memahami pengertian dan jenis-jenis streaming ini menjadi tambahan wawasan untuk kamu.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.