Connect with us

TV

Streaming dan Live Streaming TV adalah Hal yang Berbeda

Published

on

streaming tv

Di era sekarang ini, karena semakin canggihnya fitur-fitur dalam teknologi, kita sering mendengar istilah streaming atau live streaming. Streaming dan Live Streaming bisa kita lakukan melalui internet menggunakan smartphone, laptop, ataupun komputer. Meski namanya hampir sama, ternyata streaming dan live streaming memiliki arti yang berbeda.

Jika live streaming adalah dimana kita bisa langsung menggunakan internet untuk menonton sebuah siaran, sedangkan streaming adalah kita bisa menonton siaran atau tayangan secara berulang-ulang.

Streaming dan Live Streaming juga berbeda dengan menonton siaran di TV atau radio analog. Karena streaming dan live streaming dapat diakses dengan menggunakan situs web atau aplikasi yang terhubung ke Internet.

By the way, sekarang kamu bisa akses streaming tv juga lho, nonton acara tv langsung dari hape, salah satunya melalui aplikasi RCTI+.

Yuk, simak penjelasan di bawah untuk tahu lebih lengkap perbedaan Streaming dan Live Streaming.

Streaming

Selama pandemi seperti ini, banyak bioskop tutup dan banyak orang menghabiskan waktu mereka untuk melakukan streaming film. Streaming adalah salah satu cara untuk menikmati suara atau video yang diunggah di Internet. Kamu dapat memutar dan menikmati suara atau video secara terus-menerus tanpa perlu mengunduh video atau suara tersebut terlebih dahulu.

Baca juga: Apa itu Streaming?: Pengertian, Penerapan dan Jenis-Jenisnya

Video untuk streaming biasanya dibuat terlebih dahulu oleh produsen video. Setelah itu video yang sudah dibuat akan diunggah ke situs online untuk dinikmati pemirsa. Video yang diupload ke website dapat berupa konten permanen pribadi yang dapat ditonton berulang kali, atau dapat berupa film atau drama yang diproduksi oleh perusahaan produksi film.

Ada beberapa situs online yang menyediakan fitur untuk menonton video atau film secara online. Umumnya menggunakan kuota internet untuk melakukan streaming. Mereka juga menyediakan fitur untuk mendownload video tersebut kemudian menontonnya secara offline atau tanpa internet.

Live Streaming

Hampir serupa dengan Streaming, Live Streaming juga merupakan salah satu cara untuk menikmati siaran melalui sebuah situs yang dapat diakses dengan menggunakan internet. Bedanya, streaming merupakan video yang bisa dinikmati secara berulang-ulang, kalau live streaming adalah siaran langsung yang bisa dinikmati saat itu juga.

Selama pandemi ini, banyak acara yang disiarkan melalui live streaming, seperti menonton konser misalnya, hal ini disebabkan karena tidak diperbolehkan menonton konser langsung demi memutus rantai virus corona. Dibandingkan streaming, penonton lebih menikmati live streaming karena melalui live streaming penonton bisa menikmati acara tersebut saat itu juga.

Selain itu, penonton juga dapat memberikan komentar dan reaksi, serta berinteraksi dengan orang-orang yang sedang melakukan live streaming.

Live streaming disiarkan secara langsung dan dapat dinikmati oleh penonton secara bersamaan. Sehingga acara live streaming dapat disiarkan tanpa diedit. Tentu rasanya berbeda dengan streaming yang bisa ditonton berulang-ulang. Mengingat live streaming tidak dapat diunduh atau ditonton secara offline dan hanya bisa disaksikan saat itu juga.