Connect with us

News+

Situasi Kembali Normal, Berikut Ini Tempat Wisata di GWK Bali yang Wajib Kamu Kunjungi

Published

on

garuda wisnu kencana bali

Kabar gembira untuk kita semua! Kini situasi mulai kembali normal seperti sedia kala!

Sekarang kamu sudah bisa berlibur ke beberapa tempat, salah satunya berkunjung ke tempat wisata di Bali GWK. Jika mendengar kata “Bali”, pasti yang ada di pikiran kita adalah liburan. Yap, bener banget!

Tertarik untuk berlibur ke Bali GWK? Simak penjelasannya di artikel berikut ini.

Garuda Wisnu Kencana (GWK Bali)

Garuda Wisnu Kencana atau yang dikenal dengan singkatan GWK merupakan salah satu objek wisata yang sangat terkenal di Bali.

Kata Garuda berasal dari bahasa Sanskerta, berarti sebuah burung yang badannya seperti manusia, namun kepala dan kaki menyerupai burung serta di bagian punggungnya terdapat sayap. Maka dari itu, burung garuda disebut juga sebagai burung mitologi.

Sedangkan Wisnu adalah nama salah satu dewa dalam Agama Hindu yang berperan untuk memelihara dan menjaga semua hasil ciptaan Tuhan. Dan Kencana sendiri memiliki arti Emas.

Tempat ini dinamai Garuda Wisnu Kencana (GWK) karena, terdapat patung Dewa Wisnu yang sangat di dalam kawasan Bali GWK. Ia mengenakan mahkota berwarna emas, dan sedang menunggangi burung Garuda. Itu lah mengapa tempat wisata ini disebut dengan Garuda Wisnu Kencana.

Menjadi salah satu tempat wisata terkenal di Bali, hampir setiap hari GWK Bali selalu dikunjungi ramai wisatawan lokal dan bahkan wisatawan internasional. Tak sedikit wisatawan yang mengatakan bahwa Garuda Wisnu Kencana adalah salah satu tempat wisata di Bali yang wajib untuk dikunjungi. Very recommended!

Alamat dan Peta Lokasi Garuda Wisnu Kencana (GWK Bali)

Memiliki luas 240 hektar, Garuda Wisnu Kencana (GWK) berlokasi di Jalan Raya Uluwatu, Desa Ungasan, Kuta Selatan, Kabupaten Badung 80364.

Jika datang dari Bandara Ngurah Rai, hanya dibutuhkan waktu sekitar 15 – 20 menit untuk menuju lokasi ke tempat wisata di Bali GWK.

Deket banget ya..

Cara Terbaik Menuju Garuda Wisnu Kencana

Kesana naik apa yah???

Jangan sedih! Ada banyak cara yang bisa kamu gunakan untuk sampai ke lokasi tujuan. Kamu bisa naik taksi dan bahkan bisa mengendarai kendaraan kalian sendiri. Namun, dikarenakan padatnya pengunjung, apalagi pada saat musim liburan, kalian disarankan untuk mencari jasa sewa mobil plus supir karena tempat parkirnya sering penuh.

Daya Tarik GWK Bali

By the way, kenapa ya orang-orang pada bilang tempat wisata ini recommended banget??

Garuda Wisata Kencana (GWK) Bali memiliki daya tarik tersendiri lho guys! Terdapat patung Garuda Wisnu yang dibangun dan diukir oleh I Nyoman Nuarta, pengukir dan pematung terkenal asal Bali. Patung Garuda Wisnu memiliki tinggi 20 meter, yang tentu saja membuat nilai budaya lokal Bali menjadi lebih tersorot.

Tidak hanya itu, di tempat wisata Bali GWK culture park ini, para wisatawan akan dimanjakan oleh pemandangan dari matahari terbenam. Selain dapat menikmati pemandangan yang menyejukkan mata, Garuda Wisnu Kencana (GWK) Bali juga menawarkan beraneka ragam acara hiburan dari pagi hingga malam hari.

Sejarah Garuda Wisnu Kencana

sejarah gwk

Pada tahun 1922, Yayasan Garuda Wisnu Kencana mengusung untuk pembangunan tempat wisata di Bali GWK. Pembangunan ini memiliki tujuan untuk menjadikan tempat wisata GWK Bali sebagai landmark dari tempat wisata budaya yang terkenal hingga ke mancanegara. Salah satu pendiri, konseptor, dan arsitek patung GWK dari Yayasan Garuda Wisnu Kencana adalah I Nyoman Nuarta.

Dibutuhkan 2 tahun untuk mendapatkan lokasi yang cocok. Proyek ini diselesaikan dengan konsep yang sangat proper agar menghasilkan tempat wisata yang sempurna. Sebelum adanya pembangunan dari GKW Bali, lokasi yang berada di bukit Ungasan ini, digunakan sebagai tempat penambangan batu kapur.

I Nyoman Nuarta yang merupakan salah satu pematung modern terbaik Indonesia, ditunjuk oleh Yayasan Garuda Wisnu Kencana sebagai pematung utama dalam proyek GWK Bali ini. Pada tahun 2013, manajemen kepemilikan dari Garuda Wisnu Kencana Bali di ambil alih oleh PT Alam Sutera Realty Indonesia, yang merupakan salah satu perusahaan pengembang properti di Indonesia.

Seiring berjalannya waktu, tempat wisata Bali GWK mulai berkembang menjadi sebuah tempat pameran budaya, acara dan atraksi hiburan. Serta menjadi forum informasi dan komunikasi untuk budaya lokal, budaya nasional, budaya regional dan bahkan budaya internasional.

Fasilitas Pengunjung Tempat Wisata Di Bali GWK

Garuda Wisnu Kencana Bali menawarkan beragam fasilitas yang ideal dan memadai, seperti untuk berbagai jenis acara publik, acara swasta baik dalam skala kecil ataupun skala besar.

Pada beberapa bangunan dan spot tempat istirahat, juga telah dibangun atap membrane sebagai pelindungnya yang menambah nilai bangunan.

Selain itu, agar pengunjung betah dibangun fasilitas infrastruktur pendukung seperti:

  • Wisnu Plaza      
  • Street Theatre
  • Lotus Pond        
  • Amphitheatre
  • Exhibition Hall  
  • Indraloka Garden
  • Kura-Kura Plaza
  • Restoran Jendela Bali
  • Restoran The New Beranda       
  • Boutique dan Toko Souvenir

Jadwal Event GWK Bali

JamAcara HarianTempat
10.00 – 10.40Tari Barong & KerisAmphitheatre
11.10 – 11.50Pementasan Tari BaliAmphitheatre
11:00 – 15:00Instrument RindikJendela Bali
12:10 – 12:50Pementasan Tari BaliAmphitheatre
13:10 – 13:50Ballet Garuda WisnuAmphitheatre
14:00 – 14:40Pementasan Tari Bali Barong, Kera, RangdaAmphitheatre
15:00 – 15:40Pementasan Tari BaliAmphitheatre
16:10 – 17:20Parade Budaya BaliStreet Theatre, Plaza Wisnu, Lotus Pond
17:30 – 18:30Tari Joged BumbungStreet Theatre
18:00 – 18:20Parade Penari KecakStreet Theatre, Plaza Wisnu, Lotus Pond
18:30 – 19:15Pementasan Tari KecakAmphitheatre
19:00 – 21:00Pementasan musik akustik oleh Trio AcousticRestoran The New Beranda / Jendela Bali

Notes:

  • Parade budaya Bali, tari Joged Bumbung dan parade penari Kecak, tergantung cuaca.
  • Semua jenis pertunjukan diatas, sudah termasuk dalam harga tiket masuk GWK Bali.

Jam Buka, Harga Tiket Masuk & Jadwal Tari Kecak GWK Bali

GWK Bali dibuka dari pukul 08:00 – 22:00. Untuk dapat memasuki kawasan objek wisata Garuda Wisnu Kencana, setiap pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk. Tidak ada perbedaan antara harga tiket masuk Garuda Wisnu Kencana WNI dan WNA. Berapa ya harga tiket masuk ke tempat wisata Bali GWK?

Harga Tiket:

  • Anak (5 – 12 tahun)                              = Rp 85,000/Anak
  • Dewasa                                                   = Rp 85,000/Orang
  • Masuk ke dalam area patung GWK   = Rp 200,000/Orang
garuda wisnu kencana bali

Keterangan Harga Tiket Masuk Bali GWK

  • Harga tiket Garuda Wisnu Kencana di update per tanggal 01 Januari 2021 valid sampai 31 Januari 2021.
  • Anak dengan umur di bawah 5 tahun dan anak-anak dengan tinggi dibawah 100 cm, gratis.
  • Anak-anak dengan tinggi di atas 100 cm meskipun usianya di bawah empat tahun, akan dikenakan biaya tiket masuk anak.
  • Biaya tiket masuk dapat berubah sewaktu-waktu. Untuk kepastian harga tiket masuk ke Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana, mohon hubungi GWK Bali langsung di nomor telephone, +62 (361) 700 808.
  • Dengan membayar biaya tiket masuk ke Garuda Wisnu Kencana Rp 125,000/Orang, anda dapat keliling kawasan GWK Bali.
  • Untuk memasuki area dalam patung Garuda Wisnu Kencana akan dikenakan biaya masuk tambahan Rp 200,000/Orang. Tarif tiket memasuki area dalam patung diluar biaya tiket masuk Garuda Wisnu Kencana.
  • Kami tidak menyediakan jasa pemesanan tiket masuk taman budaya Garuda Wisnu Kencana. Tiket masuk Bali GWK, dapat anda beli langsung dilokasi.

Tari Kecak Di Garuda Wisnu Kencana Bali

Selain disugukan dengan keindahan alam, daya tarik pariwisata Bali juga ada pada keunikan seni dan budaya, salah satunya yang paling terkenal oleh wisatawan lokal maupun internasional adalah Tari Kecak.

Terdapat banyak lokasi pementasan tari Kecak di pulau Bali, seperti tari Kecak di pura Uluwatu, tarian Kecak di pura Tanah Lot, tari Kecak di GWK Bali, serta Tari Kecak di Batubulan Gianyar Bali.

Nah, Garuda Wisnu Kencana (GWK) adalah salah satu tempat yang menyediakan pertunjukan tari Kecak di Bali setiap hari. Jadwal pertunjukan tari Kecak di GWK Bali dimulai dari pukul 18:30 hingga pukul 19:15. Jangan khawatir, untuk menonton tari Kecak di GWK anda tidak dikenakan biaya alias gratis!

Jadi gimana? Semakin tertarik buat liburan ke GWK Bali gak nih?!

Event Tahunan di GWK Cultural Park

Di tahun pada bulan biasanya, Oktober. Di GWK sering juga difungsikan sebagai stage konser tahunan yang seru-seru dan meriah. Berbagai event besar diselenggarakan disana bahkan hingga event tahunan internasional sekelas Ultras, Saga Music Fest & Dreamfield festival edm dunia.

Wow!

Selain event kelas internasional, tidak sedikit juga event nasional maupun lokal seperti Ku De Ta Saturdays, Bali’s Ultimate Countdown, Soundrenaline, Delightful Bali, Pertemuan Summit Tahunan dan masih banyak lagi.

Tentunya event yang digelar di GWK Cultural Park sangat banyak dan padat baik nasional maupun internasional. Selain di GWK, area di Bali lainnya juga salah satu tempat destinasi liburan berkelas yang tak kalah menarik dari destinasi luar negeri.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2021 RCTI+