Connect with us

Entertainment

Rundown Acara Pernikahan “Sang Putra Negara” Kaesang dan Erina

Published

on

info terbaru pernikahan kaesang dan erina

Acara pernikahan Kaesang Pangarep, putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Erina Sofia Gudono mulai kemarin sudah dilaksanakan.

Acara yang dilaksanakan tanggal 8 – 11 Desember 2022 ini dilakukan dengan adat Jawa Jogja dengan rangkaian acara mulai dari pengajian, acara adat, akad hingga resepsi dilakukan di Jogja – Solo.

Kamis, 8 Desember 2022

AcaraPengajian dan Semaan Al-Qur’an.
TempatRumah masing-masing mempelai (Kaesang – Erina)

Jum’at, 9 Desember 2022

AcaraSiraman & Midodareni
TempatRumah masing-masing mempelai (Kaesang – Erina)

Acara selanjutnya pada tanggal 9 Desember 2022 adalah Siraman. Kegiatan ini dilakukan di tempat masing-masing mempelai.

“Ada air dari tujuh sumber yang kemudian dicampur oleh orang tuanya. Karena siraman ini adalah awal dari penyatuan dua keluarga, makanya airnya juga dibagi dua,” ucap Carik Kawedanan Radya Kartiyasa Keraton Yogyakarta, Siti Amieroel Noorsundari saat ditemui di Yogyakarta, Rabu (7/12/2022).

Baca juga: Prosesi Siraman, Erina Dimandikan Pakai Air 7 Sumber

Selain acara Siraman, Midodareni juga termasuk acara adat yang dilakukan dimana prosesi Kaesang (sekeluarganya) mendatangi rumah Erina untuk menyerahkan seserahan.

“Midodareni. Keluarga pengantin laki-laki datang ke rumah pengantin perempuan. Tilik pithik atau dari keluarga laki-laki menengok keluarga calon pengantin perempuannya. Ada seserahan, dan sebagainya,” katanya.

Saat Midodareni ini dilaksanakan, pengantin perempuan (Erina Gudono) akan menggunakan busana adat Jogja sementara itu pengantin laki-laki (Kaesang) menggunakan busana adat Surakarta.

Sabtu, 10 Desember 2022

AcaraAkad Nikah
TempatPendopo Ambarrukmo

Prosesi akad nikah dari acara pernikahan Kaesang Pangaprep dan Erino Gudono akan digelar di acara Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo, Royal Ambarrukmo.

Nantinya, apabila menggunakan adat keraton Jogja, pengantin laki-laki yang akan hadir dalam akad nikah sementara pengantin perempuan akan disembunyikan hingag prosesi panggih dilakukan.

“Kalau sekarang kan habis sah pengantin perempuannya keluar menyerahkan mahar dan sebagainya. Kalau dulu ijab qabul udah pengantin laki-laki kembali ke tempat.

Nah kita ketemunya setelah panggih. Jadi setelah ijab qabul namanya panggih, bertemunya pengantin laki-laki dan perempuan yang biasanya untuk upacara panggih ini ada tebusan, tebusan pisang sanggan satu tampan diberikan ke pihak laki-laki ke pihak perempuan untuk nebus supaya pengantin perempuannya boleh dikeluarkan,” papar Siti Amieroel Noorsundari.

Minggu, 11 Desember 2022

AcaraKirab Pernikahan
TempatLoji Gandrung Solo

Setelah akad nikah hingga prosesi panggih selesai, acara pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono dilanjut dengan kirab dan tasyakuran. Kirab dan tasyakuran akan digelar pada dua lokasi berbeda di Solo pada Minggu 11 Desember 2022.

Kirab pernikahan Kaesang dan Erina akan dimulai dari Loji Gandrung. Rencananya ada 12 kereta kencana dengan 28 kuda yang digunakan dalam kirab tersebut. Selain itu kirab ini juga melibatkan 81 prajurit keraton Kasultanan Surakarta.

Dari informasi yang dihimpun, sebelum kirab, acara ngunduh mantu dan pawiwahan walimatul ursy juga akan dilaksanakan di Loji Gandrung.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *