Connect with us

Games+

Perkembangan Game Yang Wajib Kamu Ketahui

Published

on

outstanding concept glowing gamepad multiple black joysticks background 3d rendering 1

Siapa yang tak tahu game. Game yang memiliki makna permainan ini sangat digemari masyarakat dunia. Game memiliki berbagai macam jenisnya mulai dari tradisional hingga ke permainan virtual yang sifatnya digital. Seiring berkembangnya zaman teknologi pun semakin maju dan juga perkembangan game. Kini, orang-orang lebih menyukai game virtual yang dimainkan secara online maupun offline melalui bantuan teknologi komputer atau smartphone yang tersedia.

Namun, perkembangan game pun tidak mudah dan tidak sebentar. Perkembangan game melewati beberapa tahap. Bagi kamu para pecinta game, kamu wajib banget tahu tentang sejarah perkebangan game. Yuk simak artikel berikut ini!

1. Awal Mula

Asal mula permainan video adalah awal dari sistem pertahanan rudal berdasarkan tabung sinar katoda pada akhir 1940-an. Lalu program-program tersebut dikembangkan dan diadaptasi dalam bentuk permainan sederhana pada tahun 1950-an. Nah pada tahun ini lah game mulai dikembangkan di Manchester University, Cambridge University, Pennslyvania University, dan  Princeton Univeristy.

Gim video paling awal yang dirancang untuk menghibur publik mungkin adalah Tennis For Two, yang dirancang oleh William Higinbotham dan dibuat oleh Robert Dvorak di Perpustakaan Nasional Beethoven pada tahun 1958.

Perkembangan game-pun terbagi menjadi beberapa generasi.

2. Generasi Pertama

Magnavox Odyssey

Generasi pertama video game konsol ini dimulai pada tahun 1972 dengan dirilisnya Magnavox Odyssey. Game ini adalah merupakan game tennis dengan multiplayer. Kamu harus menggunakan komputer yang memiliki sistem analog untuk bermain game ini. Sejak munculnya game ini langsung bermunculan berbagai jenis genre game yang dikembangkan leh perusahaan-perusahaan game.

3. Generasi kedua

Retro Corner] Video Game Generasi 2, Dan Jatuhnya Video Game Tahun 1983

Era ini sering disebut dengan era 8bit. Era ini dimulai pada tahun 1976 dengan radofin 1292 Advanced Programmable Video Sistem dan Fairchild Channel F yang rilis pada waktu itu. Game konsol yang mendominasi pada game ini adalah buatan dari ATARI.

4. Generasi Ketiga

NINTENDO penguasa Game era 70-90an

Generasi ini dimulai dengan dipasarkannya Jepang Family Computer atau yang biasa kita kenal dengan NINTENDO pada tahun 1983. Pada generasi ini game konsol di-upgrade. Peran Joystick, keyboard, dan dayung sebagai pengontrol bermain game ini sangat memiliki peran yang penting. 

Pada generasi ini juga game mulai berkembang menjadi 16-bit yang menggunakan Mega Drive atau genesis yang dipasarkan untuk bermain game konsol. Generasi ini adalah merupakan persaingan yang ketat antar dua perusahaan game konsol milik Jepang dan Amerika Serikat yaitu NINTENDO dan SEGA.

5. Generasi keempat

NINTENDO GAME BOY

Generasi ini masih menggunakan 16-bit Generasi baru NES diterima dengan baik di seluruh dunia, dan sebuah perusahaan bernama Sega sedang mencoba untuk mengalahkan Nintendo dengan meluncurkan Sega Mega Drive atau yang biasa dikenal dengan Sega Genesis pada tahun 1988. Game ini mendapat sambutan yang hangat oleh masyarakat dunia karena pada game ini menampilkan gambar yang lebih tajam dan juga animasinya yang jernih.  Lalu pada tahun 1989 Nintenddo merilis game-handled atau yang biasa kenal dengan Game-Boy. 

6. Generasi Kelima

Siapa yang tak mengetahui game konsol fenomenal Play Station. Generasi ini sudah menggunakan 32-bit pada tahun 1990. Dan Play Station milik Sony-lah yang mendominasi pasaran pada era itu. Game ini sudah mulai menggunakan CD untuk bermain game dan pilihannya pun sudah beragam.

7. Generasi Keenam

XBOX

Generasi ini dimulai dengan munculnya game konsol next generation dari SONY, NINTENDO, dan SEGA. Lalu Microsoft juga meluncurkan game konsol buatannya yang diberi nama X-BOX. Persaingan industry game ini sangat sengit sehingga melumpuhkan perusahaan SEGA.

8. Generasi Ketujuh

SONY PSP
SONY DSC

Pada era ini game konsol pun semakin berkembang dan canggih. Pada tahun 2005 Nintendo dan PlayStation mulai meluncurkan produk terbarunya yaitu Nintendo DS dan PlayStation Portable atau yang biasa kita kenal dengan PSP yang mana bisa bermain game kapanpun dan dimanapun. 

Nah, kini game tidak lagi dalam berbentuk konsol dan dapat kamu mainkan dengan komputer dan smartphone kamu secara offline maupun online.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.