Connect with us

Video+

Mengenal 4 Stasiun TV Terpopuler Milik MNC Media

Published

on

tv

Tercatat Desember 2020 lalu, 4 stasiun televisi milik PT. Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) memuncaki urutan tertinggi dalam performa primetime (Sumber: Bisnis.com). Bahkan pencapaian tersebut merupakan sebagai pencapaian tertinggi dalam sejarah industri pertelevisian yang ada di Indonesia.

Apa saja sih 4 stasiun televisi (tv) tersebut? Yuk, mari kita kenali 4 stasiun tv yang memuncaki urutan tertinggi dalam performa primetime.

Rajawali Citra Televisi Indonesia (RCTI)

logo rcti

RCTI sendiri merupakan jaringan televisi swasta pertama yang ada di Indonesia. RCTI pertama kali mengudara atau disiarkan pada tanggal 13 November 1988 dan baru diresmikan pada tanggal 24 Agustus 1989. 

Awalnya, RCTI tidak bisa dinikmati oleh semua masyarakat, hanya orang-orang tertentu yang dapat menikmati jaringan tv dari RCTI ini. Hal itu dikarenakan RCTI menggunakan dekoder dan menerapkan sistem berlangganan yang mengharuskan para pelanggan membayar iuran tiap bulannya. Akhirnya RCTI melepas dekodernya pada tanggal 24 Agustus 1990 dan resmi disiarkan secara nasional pada tanggal 24 Agustus 1993. 

RCTI terus berkembang dan menjadi jaringan televisi pilihan tetap masyarakat Indonesia. Kini, RCTI kembali memuncaki rating tertinggi akibat sinetron Ikatan Cinta yang sedang menjadi topik hangat di masyarakat.

Media Nusantara Citra Televisi (MNCTV)

logo mnctv

MNCTV merupakan salah satu jaringan televisi swasta ketiga yang berdiri di Indonesia dan didirikan langsung oleh Siti Hardijanti Rukmana atau yang biasa dikenal dengan Mbak Tutut yang merupakan Menteri Sosial Republik Indonesia pada periode kabinet pembangunan VII yang juga sekaligus putri sulung dari mantan presiden ke-2 Indonesia, Bapak Soeharto.

Awalnya, MNCTV didirikan pada tanggal 23 Januari 1990 dengan menggunakan nama Televisi Pendidikan Indonesia atau yang biasa kenal dengan TPI. Hingga pada akhirnya pada tanggal 20 Oktober 2010 TPI resmi mengganti namanya menjadi MNCTV. Alasan terjadinya perubahan nama adalah karena TPI sudah tidak lagi sesuai dengan konten yang tertulis di TV, yaitu dengan menjadi tv pendidikan yang ada di Indonesia. Oleh karena itu, nama TPI diubah menjadi MNCTV untuk mengubah citra TPI di mata masyarakat Indonesia. 

MNCTV kini tetap menjadi salah satu favorit masyarakat karena tayangan anak-anak seperti kartun Adit Sopo Jarwo dan Upin Ipin yang sangat disukai oleh semua kalangan usia.

GTV

logo gtv

GTV merupakan salah satu jaringan televisi swasta di Indonesia yang didirikan oleh PT Global Informasi Bermutu pada tanggal 22 Maret 1999 dengan nama Global TV. 

Awalnya Global TV diajukan sebagai televisi dengan syiar Islam, pendidikan, teknologi dan pengembangan sumber daya manusia. Hingga pada akhirnya resmi berganti nama menjadi GTV pada tanggal 11 Oktober 2017.

iNews

logo iNews

iNews yang merupakan singkatan dari Indonesia News adalah salah satu jaringan tv swasta nasional Indonesia milik PT. Media Nusantara Citra yang hanya berfokus pada penyajian informasi berita. 

Awalnya diluncurkan pada 5 Maret 2008 dan hanya dapat disaksikan melalui TV berlangganan Indovision (sekarang MNC Vision).

iNews pada awalnya berdiri dengan nama SUN TV yang akhirnya berganti nama menjadi Sindo TV pada 26 September 2011. Sindo TV kemudian resmi mengganti namanya kembali menjadi iNews pada tanggal 6 April 2015 setelah menggelar acara iNewsmaker Awards.

Nah, bagaimana? Kamu sudah tidak asing lagi, bukan, dengan 4 stasiun tv populer milik MNC Media? Yuk, tetap saksikan program tv kesayanganmu melalui channel RCTI, GTV, MNCTV, dan berita lengkap pada iNews.