Connect with us

Video+

Kenalan dengan Lebah Ganteng, Si Pembuat Subtitel Ternama

Published

on

lebah ganteng

Jika Anda suka menonton film online gratis, Anda mungkin tidak asing dengan Lebah Ganteng. Jika Anda menonton film streaming atau download di website, namanya selalu muncul beberapa detik di opening film.

Penulisan subtitelnya enak dibaca membuat banyak orang memilih untuk menggunakannya. Saking populernya, banyak yang bertanya-tanya, siapakah sosok dibaliknya?

Apakah memang benar-benar ganteng?

Atau malah mirip seperti lebah? hehe..

Lebah Ganteng adalah penerjemah subtitle film dari bahasa inggris ke Indonesia. Jasanya yang besar telah membantu para penikmat film untuk memahami jalan cerita film. Bagi sebagian penikmat film di negara ini, dia layak disebut pahlawan. Terutama penonton yang butuh terjemahan bahasa Indonesia saat menyaksikan film atau serial televisi mancanegara.

Awal Mula Lebah Ganteng

Tersiar kabar Ia bermarkas di Forum Indonesia Data & File Library (IDFL) dengan para translator lain. Hebatnya, sejauh ini sudah 500 lebih subtitel film yang sudah Ia terjemahkan. Sepuluh tahun terakhir, dari kamar asrama kampus yang ditinggalinya, Lebah ganteng melakoni profesi penerjemah subtitle amatir.

Sosok Lebah Ganteng menuturkan bahwa awalnya Ia hanya iseng mencari hiburan di dunia maya dan senang melakukan streaming online.

Saya nyari film serial yang diulas di stasiun TV swasta. Nah, salah satu serial yang saya temukan tidak ada terjemahannya, terpaksa deh nonton pakai bahasa kalbu,” ungkapnya. Dari sinilah ia mulai tertarik menerjemahkan subtitle, di tahun 2011.

Cara Ia menerjemahkan menerjemahkannya masih sangat manual. Dirinya menonton film hingga selesai, lalu menonton lagi dan menuliskan terjemahan di notepad saja.

Arti Lebah Ganteng

filosofi lebah ganteng

Anehnya, nama ini pun tak terpikirkan sebelumnya. Sampai akhirnya kita semua tahu dan akrab dengan nama ini. Ternyata, arti nama Lebah Ganteng sendiri punya filosofi yang baik. Lebah itu memiliki banyak manfaat. Sedangkan kata ganteng karena dia adalah cowok.

Sayangnya, si misterius ini memilih untuk merahasiakan identitas aslinya. Walau identitasnya dirahasiakan, dikabarkan Lebah Ganteng memiliki akun Instagram bernama @dokter_ngesot. Pemuda yang belum genap 30 tahun ini, biasa dijuluki ‘tawon’ oleh kawan-kawannya. Di tahun 2016, ia mengaku sedang menyelesaikan tugas akhir untuk lulus dari jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, salah satu universitas di Kota Surabaya, Jawa Timur.

Lebah Ganteng ternyata bekerja sendirian, terkadang bersama teman-temannya di forum IDFL. Sehari, ia tak mematok harus berapa film yang di terjemahkan. Pasalnya, ini hanya untuk kesenangan dirinya semata.

Confess Si Lebah Ganteng

kepribadian yang selalu foto menghadap kebelakang

Dirinya yang selalu foto dan berpose menghadap kebelakang ini cukup unik. Pasalnya, semua hasil jepretan dirinya pasti jarang terkena mukanya.

Lebah Ganteng, sempat juga melakukan sebuah pengakuan bahwa ia cukup senang melakukan hal tersebut karena membantu dan berguna untuk orang lain.

Berawal dari hobi saja dan akhirnya keterusan menjadi translator, karena ada rasa senang saat orang lain merasa terbantu atas hasil terjemahannya.

Selama ini, Lebah Ganteng ternyata menterjemahkan dari Inggris – Indonesia secara cuma-cuma dan tidak pula terikat oleh pihak manapun. Semuanya murni objektif! dan ternyata dari hasil pengerjaan tersebut penghasilannya tidak seperti yang kita kira.

Si lebah ini juga menegaskan bahwa pada saat itu tidak ingin melanjutkannya hobi menjadi pekerjaan tetapi juga tidak menutupkemungkinan untuk menerima tawaran.

Apabila yang sekarang ini kita melihat di profil instagramnya, sepertinya sudah mendapatkan banyak sekali permintaan partnership dan endorse yang datang. Tidak ada ruginya memang ngobrolin tentang kesukaan dan hobi yang jadi ladang bisnis.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.