Connect with us

Nasional

Dieng Orienteering Race 2023: Lomba Olahraga dengan Wisata Alam yang Menantang

Published

on

dieng orienteering race 2023

Dieng Orienteering Race 2023 akan segera dilaksanakan pada tanggal 19-21 Mei 2023 mendatang.

Sebagai agenda event olahraga nasional, persiapan demi kelancaran acara ini terus dilakukan. Salah satu persiapan yang telah dilakukan adalah menggelar rapat koordinasi terkait kesiapan Dieng Orienteering Race.

Rapat koordinasi tersebut berlangsung di Ruang Tepas Pamicara Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo pada Senin, 8 Mei 2023.

Ketua Penyelenggara Dieng Orienteering Race 2023, Rahman beserta tim, Kabid Pemasaran Disporapar Provinsi Jawa Tengah, perwakilan Disparbud Wonosobo dan Banjarnegara, Perhutani, BPPW Jateng, serta beberapa stakeholder terkait hadir dalam forum tersebut.

Menurut keterangan tertulis dari Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo, Agus Wibowo, event ini nantinya akan dimulai (start) dan diakhiri (finish) di Kawasan Taman Syailendra, Dataran Dieng Wonosobo.

Rute yang akan dilewati para peserta Dieng Orienteering Race 2023 akan melewati medan pegunungan di wilayah Dieng, baik yang masuk Wonosobo maupun Banjarnegara, sehingga memberikan tantangan tersendiri bagi para peserta.

Agus menyambut baik persiapan penyelenggaraan event sejauh ini. Namun, ia menekankan kepada panitia bahwa lokasi yang menjadi rute merupakan wilayah dataran tinggi, sehingga dibutuhkan kesiapan dan kesadaran penuh untuk memastikan keamanan seluruh peserta dalam ajang wisata minat khusus sport tourism ini.

Hal senada juga disampaikan oleh Kabid Pemasaran Disporapar Provinsi Jawa Tengah, Setyo Irawan. Menurutnya, melalui event ini diharapkan target kunjungan wisata di wilayah Dieng bisa meningkat dan berimplikasi pada peningkatan spending of money.

Event Sport Tourism yang Menantang

Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, acara ini merupakan kegiatan penjelajahan di alam terbuka untuk menemukan titik-titik kontrol secara cepat menggunakan teknik navigasi.

Lomba ini merupakan sekelompok olahraga yang membutuhkan kemampuan navigasi menggunakan peta dan kompas guna menentukan arah dari poin ke poin di medan yang beragam.

Peserta juga harus bergerak dengan kecepatan, kemampuan membaca peta, pengetahuan navigasi, stamina, dan olah fisik. Peserta dilarang membawa smartphone dan hanya boleh menentukan arah dengan peta dan kompas.

Lomba Dieng Prienteering Race 2023 kali ini akan memberikan sensasi tersendiri bagi peserta dengan titik ketinggian tertinggi dan terdingin yang ada di Indonesia, sehingga menjadi lomba orienteering yang paling menantang dan menarik bagi para peserta dan penonton.

Hal ini tentunya dapat menjadi daya tarik wisata dan meningkatkan kunjungan wisata ke Dataran Tinggi Dieng.

Sarana Promosi Wisata

Acara ini juga menjadi ajang promosi wisata yang sangat baik untuk Dataran Tinggi Dieng.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan bahwa Dieng Orienteering Race akan mengajak peserta mengelilingi keindahan wisata alam dan budaya di Dieng. Selain itu, terdapat juga dua desa wisata di Dieng yang telah menerima Anugerah Desa Wisata Indonesia dan Karisma Event Nusantara, yaitu Jazz di Atas Awan.

Direktur Event Nasional dan Internasional Kemenparekraf/Baparekraf Dessy Ruhati juga menjelaskan bahwa acara semacam ini sangat diminati oleh wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri.

Diharapkan, dengan adanya Dieng Orienteering Race, dapat meningkatkan kunjungan wisata ke Dataran Tinggi Dieng dan berimplikasi pada peningkatan spending of money di wilayah tersebut.

Throwback Dieng Orienteering Race 2022

Throwback Dieng Orienteering Race 2022

Selain event perdana orienteering yang merupakan event terbesar olahraga orienteering yang dilakukan di tahun 2022 kemarin, sukses dilaksanakan dengan total 198 peserta dari 3 negara.

Jangan lewatkan kesempatan emas ini, ikuti rangkaian program “DIENG ORIENTEERING RACE 2023″.

Dokumentasi Dieng Orienteering Race 2022

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.