Deretan Jabatan Luhut Binsar Pandjaitan Era Jokowi, Terbaru Koordinator Investasi Apple di IKN

Deretan Jabatan Luhut Binsar Pandjaitan Era Jokowi, Terbaru Koordinator Investasi Apple di IKN

Ekonomi | inews | Rabu, 17 April 2024 - 15:29
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan kembali mendapatkan kepercayaan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memegang jabatan. Terbaru, dia dipercaya menjadi Koordinator Investasi Apple di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Hal ini disampaikan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita setelah pertemuan antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan CEO Apple Tim Cook di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (17/4/2024).

"Teknisnya di kementerian, Bapak Presiden menugaskan Pak Luhut sebagai koordinator (investasi Apple di IKN)," ujar Agus di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (17/4/2024).

Sebelumnya, Jokowi telah memberikan sejumlah jabatan yang diemban oleh Luhut, berikut daftarnya:

1. Kepala Staf Kepresidenan

Luhut dipercaya sebagai Kepala Staf Kepresidenan saat Jokowi menjabat sebagai presiden pada periode awal. Jabatan ini diemban Luhut pada 31 Desember 2014-2 September 2015.

2. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam)

Jokowi menunjuk Luhut sebagai Menko Polhukam pada 12 Agustus 2015-27 Juli 2016. Saat itu Luhut menggantikan posisi yang seebelumnya ditempati Tedjo Edhy Purdijatno.

3. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves)

Jokowi menunjuk Luhut sebagai Menko Marves pada 27 Juli 2016 pada reshuffle kabinet. Luhut menggantikan Rizal Ramli yang saat itu menjabat Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya Indonesia.

4. Plt Menteri ESDM

Luhut menjabat sebagai Plt Menteri ESDM pada Agustus-Oktober 2016. Saat itu, dia menggantikan peran Arcandra Tahar di tengah polemik dwi kenegaraannya.

5. Ketua Tim Nasional P3DN

Jokowi membentuk tim dengan nama Tim Nasional Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN). berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2018. Pada tim ini, Luhut menempati posisi Ketua. 

6. Ketua Panitia Nasional IMF-World Bank 2018

Luhut dipercaya sebagai Ketua Panitia Nasional pada gelaran IMF-World Bank 2018 di Indonesia. Sebagai ketua, Luhut bertugas mengkoordinasikan seluruh Kementerian/Lembaga.

7. Plt Menteri Perhubungan 

Luhut menjabat sebagai Plt Menteri Perhubungan pada Mei 2020, di mana saat itu dia menggantikan Budi Karya Sumadi yang terpapar Covid-19.

8. Plt Menteri Kelautan dan Perikanan

Jokowi menunjuk Luhut sebagai Plt Menteri Kelautan dan Perikanan saat Edhy Prabowo tersangkut kasus korupsi.

9. Ketua Dewan Sumber Daya Air (SDA) Nasional

Selain menjabat Menko Marves, Luhut juga ditunjuk menjadi Ketua Dewan SDA Nasional. Penunjukkan tersebut berdasarkan Perpres 53/2022.

10. Panitia Nasional Presidensi G20 Indonesia 

Luhut dipercaya menjadi Ketua Bidang Dukungan Penyelenggaraan Acara G20 saat Indonesia menjadi tuan rumah G20. Luhut sempat bertukar posisi dengan Menko Polhukam Mahfud MD yang menempati posisi Dewan Pengarah.

11. Ketua Komite Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Jokowi menunjuk Luhut sebagai Ketua Komite Kereta Cepat Jakarta-Bandung untuk mempercepat pembangunan proyek tersebut. Penunjukkan ini tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 93 Tahun 2021 yang diteken pada 6 Oktober 2021.

12. Ketua Dewan Pengarah Penyelamatan 15 Danau Prioritas Nasional

Jokowi meneken Perpres Nomor 60 Tahun 2021 tentang Penyelamatan Danau Prioritas Nasional. Luhut dipercaya menjadi Ketua Dewan Pengarah. 

13. Ketua Tim Gernas BBI

Jokowi menunjuk Luhut sebagai Ketua Tim Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) pada 8 September 2021. Penunjukkan ini tertuang dalam Perpres No. 15 tahun 2021. 

14. Wakil Ketua KPCPEN dan Koordinator PPKM Jawa-Bali

Jokowi membentuk Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) untuk memulihkan ekonomi dan menanggulangi pandemi Covid-19. Komite yang dibentuk pada 20 Juli 2020 berlandaskan Perpres Nomor 82 Tahun 2020. Adapun Menko Perekonomian Airlangga Hartarto bertindak sebagai Ketua KPCPEN dan Luhut menempati posisi wakil ketua.

15. Ketua Pengarah Satgas Sawit

Maraknya masalah industri sawit, Jokowi membentuk satgas khusus yang menyoroti persoalan tersebut. Satgas tersebut dipimpin oleh Luhut dan aturannya tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 9 Tahun 2023 tentang Satuan Tugas Peningkatan Tata Kelola Industri Kelapa Sawit dan Optimalisasi Penerimaan Negara tertanggal 14 April 2023.

16. Ketua Satgasus Percepatan Realisasi Investasi di IKN

Guna menggenjot pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), Jokowi menunjuk Luhut untuk memimpin task force percepatan investasi di IKN. Penunjukan Luhut diputuskan dalam Rapat Terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, pada 15 Mei 2023. 

17. Koordinator Penanganan Polusi di Jakarta

Luhut ditunjuk menjadi Koordinator Penanganan Percepatan Realisasi Polusi di Jakarta pada Agustus 2023. Saat itu, kondisi polusi di ibu kota menjadi sorotan publik karena berbahaya. 

18. Penanggung Jawab Substansi KTT AIS Forum 2023

Jokowi menunjuk Luhut sebagai penanggung jawab substansi Konferensi Tingkat Tinggi Forum Negara Pulau dan Kepulauan Tahun 2023 atau Archipelagic and Island State Forum (KTT AIS Forum 2023) yang digelar pada 10-11 Oktober 2023 di Bali.

19. Ketua Pengarah Tim Percepatan Pengembangan Industri Gim Nasional

Jokowi menunjuk Luhut sebagai Ketua Pengarah Tim Percepatan Pengembangan Industri Gim Nasional pada 12 Februari 2024. Penunjukkan ini tertuang dalam Perpres Nomor 19 Tahun 2024 tentang Percepatan Pengembangan Industri Gim Nasional.

20. Koordinator Investasi Apple di IKN

Terakhir, Jokowi menunjuk Luhut menjadi Koordinator Investasi Apple di Ibu Kota Nusantara (IKN). Penunjukkan ini setelah pertemuan antara Jokowi dengan CEO Apple Tim Cook di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (17/4/2024).

Topik Menarik