Indonesia Pertimbangkan Beri Kewarganegaraan Ganda untuk Diaspora

Indonesia Pertimbangkan Beri Kewarganegaraan Ganda untuk Diaspora

Ekonomi | inews | Selasa, 30 April 2024 - 14:52
share

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah berencana memberikan kewarganegaraan ganda untuk para diaspora (orang Indonesia yang tinggal di luar negeri). Hal itu disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Menurut Luhut keputusan itu dilakukan untuk meningkatkan para pekerja terampil datang ke Indonesia. Seperti diketahui, hukum di Indonesia tidak memperbolehkan seseorang memiliki kewarganegaraan ganda saat berusia 18 tahun.

"Kita juga mengundang diaspora Indonesia dan memberikan mereka, kewarganegaraan ganda, segera. Saya pikir itu bisa membawa banyak orang Indonesia bertalenta kembali ke Indonesia," ucapnya dalam acara Microsoft Build: AI Day di Jakarta, Selasa (30/4/2024).

Melansir Reuters, ada sekitar 4.000 orang Indonesia berpindah kewarganegaraan menjadi Singapura di antara tahun 2019 hingga 2022. Hal itu berdasarkan data dari Direktorat Jenderal Imigrasi.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama CEO Microsoft Satya Nadella berjanji akan berinvestasi 1,7 miliar dolar AS di Indonesia.

Topik Menarik