Siapa Pemilik Burger King, di Indonesia Ternyata Sudah Ada Sejak Era 80-an

Siapa Pemilik Burger King, di Indonesia Ternyata Sudah Ada Sejak Era 80-an

Ekonomi | lintasbabel.inews.id | Selasa, 30 April 2024 - 21:41
share

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Siapa pemilik Burger King, makanan cepat saji yang sangat populer di Tanah Air. Seperti brandnya, menu yang dijual di restoran ini adalah burger selain ada juga kentang goreng.


Siapa pemilik Burger King? Simak ulasannya dalam artikel berikut ini. Foto: Net.
 

Ternyata, Burger King saat ini pada awal berdirinya bernama Insta-Burger King. Restoran ini berdiri pada tahun 1954 di Miami, Amerika Serikat (AS).

Si pemilik melirik usaha cepat saji dengan menu utama burger, lantaran sebagian besar warga AS sangat doyan dengan burger. 

Menariknya, calon presiden terpilih, Prabowo Subianto juga sangat suka dengan Burger King.

"Saya bukan anti-Barat. Saya sebetulnya sangat cinta sama Barat, masalahnya kadang-kadang Barat tidak cinta sama kita. Aku suka makan Burger King," kata Prabowo beberapa waktu silam pada sebuah acara Dialog Kadin.

Lantas, siapa pemilik Burger King? Simak ulasan berikut ini yang kami rangkum dari berbagai sumber terpercaya.

 

Siapa Pemilik Burger King

Burger King didirikan oleh James McLamore dan David Edgerton. Sebelum berubah nama menjadi Burger King, restoran ini awalnya adalah Insta-Burger King, yang didirikan oleh Keith J. Kramer dan Matthew Burns pada tahun 1953.

Tahun 1954, usaha mereka mengalami kesulitan finansial. Lalu, James McLamode dan David Edgerton mengambil alih usaha ini, kemudian merubah namanya menjadi Burger King hingga seperti saat ini.


Siapa pemilik Burger King? Simak ulasannya dalam artikel berikut ini. Foto: Net.
 

Selang 4 tahun kemudian, Burger King makin dikenal warga AS. Hingga James dan David memutuskan membuka cabang pertamanya di luar AS yakni di Puerto Rico.

Sayang, tahun 1967, James dan David menjual bisnis tersebut kepada Pillsbury Company sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan kue dan bahan makanan di AS.

Di tahun ini pula muncul pesaing utama mereka, yakni MCDonald's yang juga adalah restoran cepat saji asal AS. 

Namun, pemilik Burger King melakukan langkah antisipasi dengan melebarkan sayap bisnisnya hingga ke beberapa negara di dunia, termasuk di Indonesia yang tercatat kali pertama gerainya dibuka pada tahun 1980-an.

 

Tahun 1998 tatkala dunia dilanda krisis moneter, perusahaan menghentikan usahanya di Tanah Air. Baru kemudian pada tahun 2007, Burger King kembali melayani pelanggan setianya di Indonesia, dibawah bendera PT Sari Burger Indonesia (Mitra Adiperkasa Grup/MAP). MAP juga merupakan pemilik waralaba KFC Indonesia.

Itulah ulasan tentang siapa Pemilik Burger King, yang sangat populer di Tanah Air.

 

Topik Menarik