Berkah Lebaran, Matahari Catat Laba Rp326 Miliar di Kuartal I-2024

Berkah Lebaran, Matahari Catat Laba Rp326 Miliar di Kuartal I-2024

Ekonomi | inews | Selasa, 30 April 2024 - 20:39
share

JAKARTA, iNews.id - PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) mencatatkan laba bersih senilai Rp326 miliar di kuartal I-2024. Realisasi ini meningkat signifikan dibandingkan periode sama tahun lalu senilai Rp101,27 miliar.

Sehingga laba per saham dasar LPPF terapresiasi menjadi Rp144 per saham, dari semula Rp44 per saham. Manajemen menyebut hal ini didorong oleh musim Lebaran lebih awal dibandingkan tahun lalu.

Selain itu, kondisi ini tak terlepas dari pertumbuhan penjualan sebesar 35,9 persen yoy menjadi Rp3,7 triliun dibandingkan tahun lalu. Sementara pertumbuhan penjualan gerai juga naik sebesar 34,3 persen.

Meskipun terjadi penurunan margin kotor di kuartal 1 2024 menjadi 34,9 persen dari 35,4 persen tahun lalu karena aktivitas penghabisan stok di Januari dan Februari, margin kotor selama Lebaran tahun ini meningkat 0,2 persen dari periode yang sama tahun lalum, kata CEO Matahari, Monish Mansukhani.

Monish Mansukhani menuturkan bahwa strategi pembelian yang efektif dan jadwal terkait musim lebaran memungkinkan Perseroan untuk menutup kuartal ini dengan stok yang 27 persen lebih rendah dibanding kuartal 1 di tahun sebelumnya.

Sehingga, langkah ini menempatkan bisnis perseran dalam posisi yang lebih baik dari sudut pandang penyelesaian stok, paparnya.

Perkembangan dari inisiatif di antaranya pembukaan gerai dengan konsep baru di AEON Deltamas. Kata Monish, mendapat tanggapan positif dari konsumen. Pendekatan yang lebih selektif terkait pembukaan gerai baru telah mengubah target pembukaan gerai menjadi 3 sampai 4 gerai baru di 2024.

Progres pembaruan gerai juga berjalan sesuai rencana, dengan rencana penutupan 8 dari 10 gerai pada 2024 sudah difinalisasi dengan para pemilik gedung.

Di sisi lain, kanal digital terus dikembangkan dengan terus meningkatkan pengalaman pelanggan dan teknologi melalui penawaran lebih banyak pilihan produk, strategi pemasaran dan rewards yang dipersonalisasi, serta meningkatkan fitur UI/UX.

Portofolio merchandise Matahari terus berkembang, dengan dilakukannya rebranding merek eksklusif baru-baru ini dan ekspansi gerai SUKO. Selain itu, lebih dari 30 merek pihak ketiga baru telah diperkenalkan tahun ini untuk memenuhi kebutuhan pelanggan di segmen berpendapatan lebih tinggi, paparnya.

Topik Menarik