Perkuat Segmen Otomotif, Astra International Bakal Garap Bisnis Kendaraan Listrik

Perkuat Segmen Otomotif, Astra International Bakal Garap Bisnis Kendaraan Listrik

Ekonomi | inews | Selasa, 30 April 2024 - 19:08
share

JAKARTA, iNews.id - PT Astra International Tbk (ASII) menyampaikan bahwa pasar kendaraan listrik berbasis baterai (KLBB) atau battery electric vehicle (EV) memiliki potensi besar ke depan. Pihaknya pun berencana meluncurkan kendaraan listrik dalam dua tahun ke depan.

Kami berencana meluncurkan kendaraan listrik berbasis baterai yang lebih banyak dalam dua tahun ke depan, motor listrik juga direncanakan lebih banyak. Serta, kami bertekad untuk menyeimbangkan penetrasi model, kata Direktur Utama ASII, Djony Bunarto Tjondro dalam konferensi pers secara daring pada Selasa (30/4/2024).

Djony menyebut, pangsa pasar atau market share perseroan secara agregat masih sebesar 55 persen sampai 56 persen. Hal itu menunjukkan kekuatan soliditas perseroan yang dimiliki produk-produk Astra.

Benar bahwa kendaraan listrik mulai diadopsi masyarakat, tentu ini jadi salah satu fokus kami, ujar Djony.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur ASII, Hamdani Dzulkarnaen menyampaikan bahwa perseroan fokus melakukan transisi elektrifikasi.

Saat ini ASII merupakan pemasok utama untuk perusahaan Original Equipment Manufacturer (OEM) atau produsen peralatan asli maupun aftermarket bukan hanya domestik, tapi juga regional.

Saat ini perseroan memiliki divisi research and development (RnD) dan bermitra dengan banyak pihak yang juga memiliki kemampuan pengembangan.

ASII memiliki 19 anak usaha yang sudah memasok 74 komponen untuk kendaraan.

Kami percaya bisa menjadi pemain pemain kunci dan mempertahankan posisi pemain utama yang memasok komponen untuk EV. Kami juga berharap akan memainkan peranan penting dalam ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, ujar Hamdani.

Topik Menarik