Connect with us

Video+

TV Online dan Siaran TV Lainnya: Apa Perbedaannya?

Published

on

tv online

Seiring dengan perkembangan teknologi, TV online kini mulai mengambil alih market TV Analog. Meskipun belakangan ini banyak stasiun tv yang gencar menyosialisasikan rencana perpindahan TV Analog ke TV Digital, faktanya, tv online lebih dulu hadir sebelum tv digital. Kira-kira, apa ya perbedaan antara tv online, tv digital, tv kabel, tv satelit, dan tv analog? Kita kupas satu per satu, ya.

TV Online

TV Online, televisi internet, atau televisi daring adalah platform atau media terbaru cara nonton film maupun video secara online atau via internet, baik melalui website maupun aplikasi. Ada beberapa website dan aplikasi tv online Indonesia yang bisa kamu akses melalui laptop ataupun hp, salah satunya RCTI+ (dibaca: RCTI Plus). Kamu bisa streaming (menonton via internet) film favorit, drama korea, sinetron, maupun siaran langsung (live streaming) pertandingan sepak bola tim favoritmu.

TV Digital

TV Digital memiliki kualitas gambar dan warna yang jauh lebih baik daripada tv analog, karena sudah dilengkapi berbagai fitur pendukung di dalamnya. Meskipun terdengar mirip dengan tv online, tv digital memiliki beberapa perbedaan, salah satunya, tv digital tidak memerlukan akses internet. Jika kamu masih memiliki tv analog dan ingin beralih ke tv digital, kamu cukup menambahkan set top box (STB) atau kotak decoder sebagai konverter. Sambungkan kabel antena UHF dengan STB, lalu sambungkan kabel STB dengan tv analog.

tv-online-indonesia

TV Kabel

TV yang sifatnya berbayar ini mulai banyak digunakan. Khususnya oleh masyarakat perkotaan Indonesia. TV kabel diselenggarakan oleh beberapa provider, yang menawarkan hingga lebih dari 300 channel. Biasanya, layanan tv kabel bundling dengan layanan internet. Dari kualitas gambar, tv kabel lebih baik daripada tv analog, tetapi tidak lebih baik dari tv satelit.

streaming-tv-online

TV Satelit

Pernah dengar antena parabola? Umumnya, antena parabola digunakan oleh masyarakat pedesaan yang tidak mendapatkan akses siaran atau channel tv analog yang kurang bagus. Keunggulan tv satelit ini adalah kamu bisa akses siaran dari manapun, tanpa koneksi internet, sekalipun kamu berada di wilayah pedalaman dan jauh dari perkotaan.

TV Analog

nonton-tv-online

TV analog atau pesawat televisi konvensional yang telah digunakan secara luas di Indonesia sejak tahun 1977 (Sumber: Wikipedia). Sejak pertama kali menggunakan mode gambar hitam-putih hingga gambar berwarna. TV analog telah mengalami perkembangan dalam beberapa tahap, antara lain tv layar cembung, tv layar datar, dan smart tv. Perkembangan terakhir, tv analog akan migrasi ke tv digital.

Dari kelima jenis tv di atas, kamu sendiri, akan lebih memilih yang mana? Yang paling recommended sih, tv online, ya, karena kamu bisa akses langsung dari handphone.

Copyright © 2019 RCTI+