Connect with us

TV

Iklan Televisi: Kelebihan, Kekurangan, Jenis & Peranannya

Published

on

iklan televisi

Dikenal sebagai alat promosi yang paling menarik, iklan televisi masih banyak digandrungi oleh banyak bisnis produk di Indonesia.

Mempromosikan produk melalui iklan televisi bisa memberikan informasi dan bersifat persuasif, yaitu mengajak orang secara langsung untuk membeli produk.

Iklan televisi juga bisa menjangkau cakupan yang luas. Jaman sekarang siapa sih yang ga punya TV?

By the way, kira-kira iklan televisi punya peran yang penting gak ya dalam memasarkan suatu produk?

Berikut ini penjelasannya,

Jenis Iklan Televisi

jenis iklan televisi

For your information. Jenis iklan di tv itu memiliki target audience, karena iklan sesuai dengan target sasarannya.

Berikut iklan yang digolongkan termasuk jenis iklan di televisi:

  • Pensponsoran

Jenis iklan satu ini terkenal membutuhkan banyak biaya! Bagaimana tidak? Proses produksi dari iklan sponsor memiliki durasi yang panjang dan melakukan kerja sama dengan sponsor untuk menghasilkan suatu acara.

  • Partisipasi

Berbeda dengan jenis-jenis iklan lainnya, partisipasi dapat mengurangi biaya dan resiko dalam produksinya. Pada umumnya, iklan partisipasi berdurasi 15, 30, hingga 60 detik yang disisipkan diantara satu atau beberapa acara.

  • Spot Announcements

Ditempatkan pada pergantian acara, jenis iklan Spot Announcements biasanya berdurasi 10, 20, 30, atau 60 detik. Biasanya digunakan oleh pengiklan lokal (nasional).

  • Iklan layanan masyarakat

Iklan layanan masyarakat atau yang dikenal sebagai Public Service Announcements, umumnya ditempatkan di sela sebuah acara. Bentuk iklan ini biasanya disiarkan atas permintaan pemerintah atau organisasi untuk menggalang solidaritas masyarakat dan juga menginformasikan hal penting.

Kelebihan Iklan Televisi

Dibandingkan promosi di bidang lainnya, iklan televisi memiliki kelebihan sebagai berikut.

  • Mencakup Jangkauan Luas

Dikarenakan seluruh wilayah memiliki jangkauan siaran televisi, maka dalam mempromosikan produk pemasar dapat secara serentak menyebar luaskan iklan. Sehingga iklan produk akan tersebar luas.

  • Fleksibel

Bersifat fleksibel, memasang iklan di televisi yang menarik dapat dengan mudah untuk menggait banyak audience. Tentu promosi dapat dilakukan secara efektif dan efisien.

  • Lebih Fokus

Ngaku deh, kadang kita lebih fokus sama iklan di TV dibandingkan sama film yang ditayangkan.

Kamu begitu? Sama kok, aku juga!

Maka dari itu pihak pengiklan sengaja memasang iklan di televisi agar dapat menarik perhatian audience, yang akan tertuju pada iklan yang sedang ditayangkan.

  • Kreativitas

Dengan segala kelebihan yang ada, pengiklan tentu akan memberikan tayangan yang tidak hanya sebagai media promosi, namun juga menghibur. Dengan iklan yang kreatif, tentu akan menjadi pembeda dengan iklan lainnya, sehingga audience akan lebih ingat dan tertarik dengan produk yang ditayangkan.

Gak heran, kalo kadang ada beberapa tayangan iklan ditelevisi yang hanya menunjukkan aspek hiburan tanpa menunjukkan aspek komersial secara jelas.

Sayangnya, dibalik semua kelebihan dan benefit dari iklan televisi, hal ini juga memiliki kekurangan. Diantaranya, membutuhkan biaya yang besar, gagal dalam segmentasi target audience, dan adanya kendala teknis dalam produksi iklan.

Oh iya, jangan lupa juga kalau di RCTI+ kamu bisa menonton berbagai channel tv online yang dapat kamu tonton dimanapun kamu berada secara gratiss! Download aja langsung untuk menikmatinya 🙂

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.