Rampok Rumah Rentenir di Malang, Kawanan Bandit Ini Beli Baju hingga Motor untuk Lebaran

Rampok Rumah Rentenir di Malang, Kawanan Bandit Ini Beli Baju hingga Motor untuk Lebaran

Berita Utama | okezone | Kamis, 25 April 2024 - 21:53
share

MALANG - Enam pelaku perampokan rentenir di Kabupaten Malang sengaja menargetkan korbannya, karena punya banyak uang cash. Apalagi satu di antaranya enam pelaku yakni Sulistiono (40) alias Atun, masih tetangga korban meski beda RT.

Kasatreskrim Polres Malang, AKP Gandha Syah Hidayat memastikan, tak ada motif dendam pelaku ke korbannya. Motif perampokan murni karena ekonomi, sebab korban diketahui memiliki banyak uang cash di rumahnya.

"Enam pelaku ini mengetahui bahwa korban ini selalu siap uang cash di rumahnya, sudah digambar," kata AKP Gandha Syah Hidayat di Mapolres Malang, Kamis (25/4/2024).

Gandha mengaku, usai berhasil merampok ke rumah RS, warga Dusun Krajan, Desa Tumpakrejo, Kecamatan Kalipare, Kabupaten Malang, para pelaku langsung menjual sejumlah perhiasan emas mulai, dari cincin, gelang, dan kalung, serta empat unit smartphone. Hasil penjualan itu lantas digabungkan dengan uang tunai Rp 55 juta, yang diambil dari lemari korban.

"Semua (perhiasan emas dan handphone) sudah dijual habis. Uang hasilnya dibagi-bagi oleh para pelaku ini," ujarnya.

Masing-masing pelaku mendapat bagian uang berbeda-beda, tergantung peran masing-masing. Satu pelaku ada yang mendapat Rp 5 juta, 7 juta, hingga Rp 12 juta. Uang hasil perampokan itu digunakan untuk bergaya dengan membeli pakaian baru dan menebus sepeda motor baru.

"Digunakan kebutuhan lebaran, karena waktu itu H-5 kalau ndak salah, kan tanggal 10 itu hari rayanya, digunakan untuk persiapan lebaran ada yang nebus motor, ada yang beli pakaian, dan ada yang juga masih sisa, dan seterusnya untuk keperluan lebaran," jelasnya.

Topik Menarik