Menhub Janji Macet Panjang di Merak dan Sejumlah Ruas Tol saat Lebaran Bakal jadi Evaluasi

Menhub Janji Macet Panjang di Merak dan Sejumlah Ruas Tol saat Lebaran Bakal jadi Evaluasi

Ekonomi | inews | Rabu, 17 April 2024 - 21:12
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mendapatkan beberapa catatan dari Presiden Joko Widodo terkait penyelenggaraan arus mudik dan balik lebaran 2024. Salah satunya adalah kemacetan yang masih cukup panjang di Merak serta di beberapa ruas tol. 

Menhub mengatakan, pihaknya menyambut baik masukan dan saran yang disampaikan oleh Jokowi dan akan menjadi bahan evaluasi untuk perbaikan penyelenggaraan tahun berikutnya.

"Presiden juga menyampaikan evaluasinya terutama terkait kemacetan yang terjadi di Merak dan beberapa ruas tol. Hal ini tentu saja menjadi bahan pembelajaran bagi kami untuk penyelenggaraan Angkutan Lebaran maupun Nataru ke depannya," kata Budi dalam keterangan resminya, Rabu (17/4/2024).

Meski demikian, secara umum Menhub Budi Karya mengklaim pelaksanaan Angkutan Lebaran 2024 dapat berjalan dengan baik. Secara umum perjalanan mudik dan balik masyarakat di tahun ini berjalan lancar meskipun ada beberapa catatan untuk perbaikan. 

"Kami juga memohon maaf jika masih ada kekurangan dalam penyelenggaran mudik tahun ini. Berbagai catatan, masukan, saran dan kritik akan kami jadikan acuan dalam melakukan perbaikan tahun selanjutnya," tuturnya.

Salah satu parameter yang menjadi evaluasi penyelenggaran Angkutan Lebaran tahun ini adalah adanya penurunan jumlah kecelakaan lalu lintas dari tanggal 4 April 2024 sampai dengan 16 April 2024 sebesar 8 persen dibandingkan tahun 2023. 

Meskipun demikian ada peristiwa kecelakaan yang menonjol tetap menjadi catatan tersendiri yang harus dapat diperbaiki ke depan. 

"Secara khusus kami juga mengapresiasi masyarakat di seluruh Indonesia yang telah menaati aturan lalu lintas dan anjuran pemerintah selama masa arus mudik dan balik," ucap dia.

Topik Menarik