Trump: Israel Lakukan Kesalahan Besar!

Trump: Israel Lakukan Kesalahan Besar!

Terkini | inews | Rabu, 27 Maret 2024 - 12:42
share

WASHINGTON, iNews.id - Donald Trump mengungkapkan pernyataan langka yakni mengecam serangan Israel ke Jalur Gaza, Palestina. Padahal sebelumnya presiden ke-45 Amerika Serikat (AS) selalu mendukung langkah Israel melawan Hamas.

Dalam wawancara dengan surat kabar Israel Hayom yang terbit Senin lalu, Trump memperingatkan Israel telah kehilangan banyak dukungan dari dunia internasional. Menurut dia, Israel memang harus menyelesaikan urusannya di Gaza sebelum reputasinya semakin merosot, namun cara yang digunakan salah.

Trump mengatakan, dia akan bertindak seperti yang dilakukan Israel jika AS yang diserang oleh Hamas. Namun, dia menegaskan pengeboman besar-besaran yang dilakukan Israel terhadap rumah-rumah warga sipil di Gaza adalah kesalahan sangat besar.

Ini gambaran yang sangat buruk bagi dunia. Dunia menyaksikan hal ini setiap malam. Saya menyaksikan gedung-gedung ambruk dan mengubur manusia, ujarnya, seperti dilaporkan kembali RT.

Silakan lakukan apa yang harus Anda lakukan. Tapi jangan melakukan (mengebom bangunan sipil) itu. Menurut saya, itulah salah satu alasan mengapa terjadi pukulan balik," ujarnya.

Trump saat masih menjabat presiden AS merupakan sekutu dekat Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. Bahkan Trump menyebut dirinya sebagai presiden paling pro-Israel dalam sejarah AS.

Dia menjatuhkan sanksi terhadap Iran atas permintaan Netanyahu, memindahkan kedubes AS di Israel ke dari Tel Aviv ke Yerusalem, serta menjadi perantara normalisasi hubungan Israel dengan negara-negara Arab yang dikenal dengan Perjanjian Abraham.

Namun, hubungan keduanya memburuk setelah Netanyahu mengucapkan selamat kepada Joe Biden yang memenangkan Pilpres AS 2020 melawan Trump. Pada Oktober lalu, setelah Hamas melakukan serangan lintas batas ke Israel, Trump mengatakan bahwa Netanyahu tidak siap berperang melawan kelompok perlawanan Palestina itu.

Topik Menarik