Loading...
Loading…
Pemberdayaan Pelaku UMKM di Tengah Gejolak Ekonomi

Pemberdayaan Pelaku UMKM di Tengah Gejolak Ekonomi

Powered by celebrities.id
Seleb | Celebrities | Minggu, 08 Mei 2022 - 15:12

JAKARTA, celebrities.id - Badai krisis yang dialami masyarakat karena dampak pandemi Covid-19 belum usai. Namun kini beban mereka bertambah saat memasuki bulan Ramadan. Masyarakat kembali diuji dengan naiknya harga berbagai macam sembako dan bahan baku.

Kenaikan harga ini tentu begitu dirasakan bagi masyarakat menengah ke bawah, termasuk para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di berbagai daerah. Kebanyakan dari mereka mengeluhkan kenaikan harga yang cukup signifikan. Alhasil, modal usaha yang seharusnya diputar untuk berdagang, terpaksa harus digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Untuk itulah mengapa peran Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) begitu dibutuhkan ketika kondisi semakin mencekik. Dana pengelolaan zakat yang didapat dari masyarakat akan kembali kepada masyarakat dalam bentuk bantuan. Inilah konsep yang diajarkan oleh Rasulullah sebagai upaya untuk meringankan beban ekonomi masyarakat kecil.

PPPA Daarul Qur'an adalah salah satunya. Melalui program pemberdayaan mustahik, PPPA Daarul Qur'an berupaya mendampingi masyarakat terdampak krisis. Seperti yang dilakukan oleh PPPA Daarul Qur'an Yogyakarta pada Selasa (5/4) lalu. Ketika itu, PPPA Daarul Qur'an Yogyakarta menyalurkan bantuan modal usaha kepada Eni Liana. Ia merupakan pelaku UMKM dari Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Baca Juga :
Lihat Bukti Penanganan Pandemi, Erick Thohir Siap Bangun Optimisme UMKM saat Omicron Naik

Wanita berusia 35 tahun itu adalah penjual kue basah yang tidak bisa berjualan sejak pandemi Covid-19. Ia mengeluhkan sepinya pembeli ketika diberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat. Bebannya semakin bertambah saat harga sembako dan bahan baku lainnya justru naik ketika memasuki bulan Ramadan. Mengingat, ibu dari dua anak ini harus menghidupi lima orang anggota keluarga. Eni mengaku semenjak usaha kue basahnya redup, ia dan suaminya bekerja serabutan. Dirinya hanya berharap kondisi ekonomi kembali stabil sehingga ia dapat memulai lagi usahanya.

"Terima kasih bapak-bapak dan ibu-ibu donatur, alhamdulillah dapet bantuan ini, insyaAllah bisa bantu banget buat keluarga kami, semoga dibalas kebaikan sama Allah," tutur Eni saat menerima bantuan.

Original Source

Topik Menarik

{