Jadi Tuan Rumah, Timnas Indonesia U-16 Bukan Sekadar Bidik Target Juara Piala AFF U-16 2024

Jadi Tuan Rumah, Timnas Indonesia U-16 Bukan Sekadar Bidik Target Juara Piala AFF U-16 2024

Olahraga | inews | Senin, 13 Mei 2024 - 18:45
share

JAKARTA, iNews.id – Jadi tuan rumah Piala AFF U-16 2024, Timnas Indonesia U-16 bukan sekadar menargetkan juara. Pelatih Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto, menyebut, dirinya punya tujuan lain dalam menukangi tim Garuda Asia. 

Bukan hanya berstatus tuan rumah, Timnas Indonesia U-16 juga akan tampil sebagai juara bertahan. 

Menanggapi status tersebut, Nova tak menampik kalau dia dan timnya termotivasi untuk mempertahankan titel. Namun, asisten pelatih Shin Tae-yong ini juga tidak terlalu ambisius untuk membawa anak asuhnya keluar sebagai nomor 1 di ajang ini.

“Motivasi (pertahankan gelar juara) pasti,” ucap Nova di Jakarta, Senin (13/5/2024).

“Tapi sekali lagi tujuan awal saya melatih di Timnas U-16 adalah pemain ini kita persiapkan untuk timnas di masa yang akan datang,” tuturnya. 

Mantan bek Persib Bandung ini menjadikan Piala AFF U-16 sebagai sarana uji coba armadanya untuk menuju Kualifikasi Piala Asia U-17 2025. Namun, Nova menaruh harapan besar anak asuhnya bisa meraih hasil maksimal di Piala AFF U-16 2024. 

“Piala AFF ini menjadi sarana uji coba kami untuk pemain sebelum masuk kualifikasi piala Asia. Tetapi kita tidak bisa meremehkan Piala AFF, kita harapkan kita tetap bisa meraih hasil maksimal dan bisa menyamai prestasi di tahun sebelumnya,” Nova menjelaskan.

Piala AFF U-16 akan berlangsung terpusat di Solo, Jawa Tengah, pada 17 sampai 19 Juni 2024 di Stadion Manahan dan Stadion Sriwedari. 

Saat ini Timnas Indonesia U-16 terus menggenjot persiapan untuk tampil di ajang tersebut. Skuad Garuda Asia sedang melangsungkan pemusatan latihan yang berlangsung sejak awal tahun ini.

Topik Menarik