KPK Malaysia Periksa Mahathir Mohamad

KPK Malaysia Periksa Mahathir Mohamad

Terkini | inews | Kamis, 25 April 2024 - 16:03
share

KUALA LUMPUR, iNews.id - Mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad ternyata sedang menjalani pemeriksaan terkait tuduhan korupsi terhadap dua putranya. Mahathir pernah mengatakan dirinya diperlakukan sebagai penjahat terkait tuduhan korupsi tersebut.

Ketua Komisi Anti-Korupsi Malaysia (MACC) Azam Baki memastikan Mahathir termasuk orang yang diperkisa dalam kasus ini, namun dia menolak memberikan keterangan lebih lanjut.

“Biarkan penyelidikan selesai terlebih dulu sampai waktu yang tepat saat kami bisa mengungkap temuan kasus ini,” kata Azam, dikutip dari Reuters, Kamis (25/4/2024).

MACC pada Januari lalu memberi tahu dua putra Mahathir, Mirzan dan Mokhzani, untuk melaporkan harta kekayaan mereka. Permintaan itu sebagai bagian dari penyelidikan terhadap catatan keuangan serta aktivitas bisnis mereka di luar negeri. 

Dalam beberapa bulan terakhir, MACC menggelar penyelidikan kasus korupsi terhadap beberapa tokoh politik terkemuka, termasuk para sekutu Mahathir. Ini memicu perlawanan dari pria 98 tahun itu seraya menuduh Perdana Menteri Anwar Ibrahim sengaja mengincarnya.

Mahathir menegaskan tuduhan korupsi melibatkan orang-orang di sekelilingnya bermotif politik.

Anwar membantah sengaja mengincar rival politiknya dengan mengatakan bahwa penyelidikan tersebut adalah bagian dari upaya pemerintah untuk memberantas korupsi tingkat tinggi.

Topik Menarik