Melihat Rumah Tua di Tengah Apartemen Mewah Jakarta, Sempat Viral 5 Tahun Lalu

Melihat Rumah Tua di Tengah Apartemen Mewah Jakarta, Sempat Viral 5 Tahun Lalu

Terkini | inews | Kamis, 25 April 2024 - 07:06
share

JAKARTA, iNews.id - Sebuah rumah tua di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat, kembali menarik perhatian publik. Rumah tersebut, yang dikelilingi oleh apartemen mewah, telah menjadi fenomena unik sejak viral di media sosial pada 2019.

Rumah milik pasangan suami istri Elis dan Chairul Bahri ini terletak di Jalan KH Mas Mansyur Gg. Riban, RT 07/09, Kelurahan Kebon Melati, Jakarta Pusat. 

Untuk mencapai rumah tersebut, pengunjung harus masuk melalui gerbang apartemen Thamrin Executive Residence, karena rumah ini terhimpit di antara tembok dan bangunan apartemen.

Meskipun dikelilingi oleh bangunan modern, rumah Elis masih mempertahankan arsitekturnya yang kuno. Genteng dan pondasi kayu sudah lapuk, cat tembok putihnya pun kusam dan terkelupas.

"Iya itu rumahnya Bu Elis, orang rata-rata, baik warga maupun penghuni apartemen yang lama-lama tahu itu. Orangnya kan memang tidak mau itu dijual, pihak apartemennya juga memaklumi lah istilahnya jadi begitu (tetap ada beriringan dengan apartemen)," kata salah seorang warga Kebon Melati, Rohman saat berbincang di sekitar rumah tersebut, Rabu (24/4/2024).

Rumah di tengah apartemen kawasan Thamrin Jakarta Pusat (Foto: Ari Sandita)
Rumah di tengah apartemen kawasan Thamrin Jakarta Pusat (Foto: Ari Sandita)

Namun, bagi Elis dan Chairul, rumah ini memiliki nilai sentimental yang tak tergantikan. Rumah ini merupakan warisan keluarga yang telah dihuni sejak zaman buyut mereka. Oleh karena itu, mereka menolak tawaran untuk menjual rumah tersebut, bahkan ketika ditawari dengan harga lebih dari Rp2 miliar dan unit apartemen.

"Dahulunya kan ini masih masuk Kampung Kebon Melati, lalu dilakukan pengembangan dibuat apartemen. Semua warga udah pada pindah, tinggal itu doang yang masih bertahan meski sudah ditawar Rp2-3 miliar, tetap tidak mau," tutur pria yang tinggal di kawasan Dukuh Pinggir itu.

Alhasil, bangunan rumah Elis itu kini harus berdiri di tengah-tengah bangunan mewah dan menjulang tinggi di sekilingnya. Para penghuni apartemen sendiri tidak mempersoalkan tentang rumah Elis yang hingga kini masih berdiri itu, begitu juga dengan pihak pengelola apartemen.

Topik Menarik