Bulan Ini PKBM NOLA Bakal Gelar Pameran Edukasi Maker Faire Surabaya 2024

Bulan Ini PKBM NOLA Bakal Gelar Pameran Edukasi Maker Faire Surabaya 2024

Terkini | surabaya.inews.id | Kamis, 4 April 2024 - 16:10
share

SURABAYA, iNewsSurabaya.id Sebagai pusat pembelajaran dan pelatihan yang menerapkan pengetahuan dengan produk pendidikan terbaik dari Finlandia, PKBM NOLA terus mencetak lulusan terbaik dan generasi bangsa yang kreatif dan berprestasi.

Kali ini, untuk menunjukkan kualitas pendidikan terbaik tersebut, PKBM NOLA akan menyelenggarakan pameran edukasi yang seru dan menarik bertajuk Maker Faire Surabaya 2024.

Maker Faire Surabaya 2024 akan diselenggarakan pada tanggal 20-21 April 2024 di Balai Pemuda, Surabaya ini akan dikemas secara seru, menarik dan kreatif untuk semua masyarakat khususnya generasi muda dengan menghadirkan karya teknologi, craft, science dan semua bentuk kreativitas.

Ketua Panitia Maker Faire Surabaya, Mr Onggo Susilo mengatakan bahwa, Maker Faire adalah pameran terbesar di dunia yang merayakan seni Do It Yourself (DIY), kreativitas, dan inovasi.

Sebagai Main Organizer Maker Faire Surabaya, PKBM NOLA akan berkomitmen untuk memperkuat komunitas lokal melalui pendidikan dan inovasi, ucap Mr Onggo sat menggelar jumpa pers, Kamis, (04/04/24) di PKBN NOLA Surabaya.

Menurut Mr Onggo, acara bertaraf internasional bertajuk Maker Faire Surabaya 2024 ini merupakan bagian dari festival global yang merayakan semangat inovasi, kreativitas, dan kegembiraan dalam gerakan Maker yang telah merebak ke seluruh dunia.

Maker Faire, yang dimulai di San Mateo, California pada tahun 2006, telah tumbuh menjadi ajang pertemuan tahunan bagi penggemar teknologi, pengrajin, pendidik, hobiis, insinyur, klub sains, penulis, seniman, dan siswa dari segala usia, terangnya.

Selain itu, acara ini tidak hanya merupakan platform untuk memamerkan kreasi dan penemuan, tapi juga kesempatan untuk berbagi pengetahuan dan belajar keterampilan baru melalui berbagai macam workshop interaktif.

Maker Faire Surabaya ini diselenggarakan menyusul kesuksesan NOLA School Maker Faire yang diselenggarakan oleh PKBM NOLA sejak tahun 2022 dan 2023 dengan target 1000 pengunjung.

Dalam acara Maker Faire Surabaya 2024 nanti akan diisi oleh banyak kegiatan seru dan menarik. Diantaranya, Pameran para Maker Surabaya, Salatiga, Semarang, Jakarta, dan Tuban, Pameran karya mahasiswa Universitas Katolik Widya Mandala (UKWM), Pameran Mitra Komersial yang berhubungan dengan IoT, Mesin CNC, mesin 3D Print bahkan inovasi di produk makanan sehat.

Selain itu, juga ada Talkshow, Workshop untuk umum dan anak-anak, Eksibisi Battle Bot, Pameran Maker Siswa PKBM NOLA (bagian dari Pameran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila), Pameran Maker Siswa PKBM Se Surabaya dan Sekolah Negeri dan Swasta di Surabaya.

Menariknya lagi, beberapa Maker yang akan menjadi bagian dari Maker Faire Surabaya 2024 seperti Saung Swara akan menciptakan alat musik tradisional SIPEK merupakan gabungan dari Sitar Jawa dan Sapek (Dayak)
Ada Vixmo Perusahaan custom mobil yang mentransformasi mobil menjadi mobil pintar, menggunakan computer vision dan AI serta bertenaga elektrik.

Ada juga karya robot bernama SUROVOTIC yaitu Robot underwater ROV (Remotely Operated Vehicle) yang memiliki kelebihan bisa untuk observasi bahaya dalam laut.

Selain itu juga ada karya bernama Cash FLow Poly sebuah boardgame edukasi keuangan yang sudah mendapatkan pengakuan dari pihak perbankan dan dipakai untuk sumber belajar literasi keuangan.

Ada juga, Habito Alat yang diciptakan oleh tim Habito dari siswa PKBM NOlA yang mmberikan solusi untuk membangun kebiasaan untuk anak dan juga alat bantu pengingat medis untuk orang tua yang dalam pengobatan.

Inovasi ini mendapatkan penghargaan Silver Medal di ajang Internasional Japan Design and Inovation Expo di tahun 2023.

Serta, ada Robot Service karya Siswa NOLA (Clayton Susanto, Clay Azarel & Henry Siawan). Dimana, Prototype Service robot ini dikembangkan untuk memberikan informasi dalam berbagai bentuk usaha.

Dalam Maker Faire Surabaya kali ini juga akan diadakan kegiatan bakti sosial dengan memberikan beasiswa workshop berkualitas untuk 200 anak Surabaya yang berasal dari kalangan Pra Sejahtera bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota Surabaya.

Kami juga ada Fashion Show dengan menampilkan 10 designer remaja yang merupakan siswa NOLA. Mereka akan menampilkan koleksi tradisional pengabungan dari desain DIY Ecoprint dan desain baju anak modern, pungkas Onggo.

Bagi yang ingin bergabung dalam perayaan kreativitas dan inovasi Maker Faire Surabaya 2024 untuk belajar dan berbagi bersama bisa menghubungi PKBM NOLA di Ruko Klampis Jaya 37 G-H, Surabaya atau melalui Website makerfairesurabaya

Topik Menarik