Serikat Pekerja Minta Menaker Wajibkan Gojek Cs Bayar THR Sebesar UMP

Serikat Pekerja Minta Menaker Wajibkan Gojek Cs Bayar THR Sebesar UMP

Terkini | okezone | Rabu, 27 Maret 2024 - 13:39
share

JAKARTA Serikat Pekerja meminta Menaker mewajibkan perusahaan angkutan online memberikan THR sebesar UMR. Ketua Serikat Pekerja Angkutan Indonesia (SPAI), Lily Pujiati menuntut Menteri Ida Fauziyah bersikap tegas terkait masalah pembayaran THR oleh semua pelaku usaha, termasuk aplikator ojek online maupun kurir.

Lily meminta Ida Fauziyah mewajibkan aplikator untuk membayarkan THR minimal sebesar Upah Minimum Provinsi (UMP) dalam bentuk uang dengan cara dibayarkan penuh tanpa dicicil selambatnya H-7 atau 3 April 2024.

"Bila aplikator mangkir atau terlambat. Kementerian Ketenagakerjaan harus tegas memberikan sanksi dan denda," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (27/3/2024).

SPAI menyatakan bahwa bila ojol hanya diberikan insentif atau bonus, itu menjadi percuma karena bentuknya bukan berupa uang dan tentu bertentangan dengan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 6 Tahun 2016.

Menurut Lily, THR menjadi penting di saat jelang Hari Raya karena dibutuhkan untuk persiapan mudik dan berkumpul bersama keluarga dan saudara di Hari Raya. Demikian juga bentuk lainnya seperti diskon tidak dapat menggantikan kebutuhan biaya transportasi untuk mudik atau keperluan yang lain jelang Hari Raya Idul Fitri.

Menurutnya alih-alih membayarkan THR dan memberikan hak libur, para aplikator justru berlomba agar pengemudi ojol dan kurir untuk terus bekerja saat Lebaran dengan program insentif kenaikan tarif dan bekerja (on bid) di saat mudik di kampung halaman.

Topik Menarik