5 Momen Viral Kemenangan Bersejarah Timnas Indonesia U-23: Ernando Ari Balas Selebrasi Pemain Korea

5 Momen Viral Kemenangan Bersejarah Timnas Indonesia U-23: Ernando Ari Balas Selebrasi Pemain Korea

Olahraga | sindonews | Jum'at, 26 April 2024 - 06:15
share

Timnas Indonesia U-23 lolos ke semifinal Piala Asia U-23 2024 setelah mengalahakan Korea Selatan U-23 lewat adu penalti. Kemenangan bersejarah itu diwarnai berbagai momen yang viral di media sosial.

Bermain di babak perempat final Piala Asia U-23 2024 di Abdullah bin Nasser bin Khalifa Stadium, Qatar, Jumat (26/4/2024) dini hari WIB, Timnas Indonesia U-23 mengakhiri waktu normal dengan skor 2-2. Dua gol Garuda Muda diborong Rafael Struick, sedangkan dua gol Korea Selatan lahir dari gol bunuh diri Komang Teguh dan aksi Jeong Sang-bin.

Skor sama kuat itu memaksa laga berlanjut ke babak adu penalti. Di babak ini Timnas Indonesia U-23 menang dengan skor 11-10. Penendang keenam Indonesia U-23, Arkhan Fikri, menjadi satu-satunya yang gagal di kubu Garuda Muda. Sedangkan di kubu Korea Selatan, sebanyak dua pemain yang gagal yakni Kang Sang-yoon dan Lee Kang-hee.

Dengan kemenangan itu, Timnas Indonesia U-23 berhak melangkah ke babak semifinal Piala Asia U-23 di mana tim akan dimenghadapi pemenang duel Uzbekistan vs Arab Saudi. Di media sosial, berbagai momen viral mewarnai perjalanan bersejarah Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024.

1. Selebrasi Kontroversial Pemain Korea Dibalas Ernando Ari

Ketika tendangan penalti Arkhan Fikri ditepis, terdapat salah satu pemain Korea yang melakukan selebrasi dengan membuat gerakan tidak senonoh. Namun, Ernando Ari berhasil membalas selebrasi tidak senonoh itu dengan dengan jogetan usai menepis tendangan pemain Korea Selatan, Lee Kang-hee. Momen tersebut viral di media sosial.

2. Gol kelas Eropa Rafeal Struick

Rafeal Struick menjadi pemain yang memborong dua gol ke gawang Korea Selatan di waktu normal. Gol keduanya dicetak dengan berkelas di mana dia melepas tendangan melengkung dari luar kotak penalti yang tak mampu dijangkau kiper Korea. Netizen menyebutnya gol kelas Eropa.

3. Umpan Ivar Jenner ala Toni Kroos

Gol Timnas Indonesia U-23 tak lepas dari umpan panjang Ivar Jenner. Pemain bernomor punggung 6 itu melepas assist terukur lewat bola lambung yang memanjakan Rafeal Struick. Momen tersebut viral di media sosial X dan netizen menyebutnya umpan ala Toni Kroos pemain Real Madrid.

4. Dukungan Lewat Nobar di Berbagai Daerah

Tak cuma pemain di lapangan, momen dukungan suporter lewat nonton bareng (nobar) di berbagai daerah banyak dibagikan pengguna media sosial. Euforia kemenangan Timnas Indonesia U-23 atas Korea Selatan U-23 oleh kelompok-kelompok suporter di pelosok negeri menjadi topik panas di media sosial.

5. Kritikus Sepak Bola Bung Towel Dirujak Netizen

Pengamat sepak bola Indonesia, Bung Towel yang memiliki nama asli Tommy Welly, dirujak netizen karena selalu memberi nilai jeblok kepada Timnas Indonesia U-23 dan Shin Tae-yong. Ekspresi Bung Towel saat Indonesia mengalahkan Korea Selatan di Piala Asia U-23 juga mendapat sorotan negatif dari pengguna media sosial.

Topik Menarik