Jaksa Agung Ketemu Mardani Maming di Kantor PBNU, MAKI: Kelihatan Kurang Elok!

Jaksa Agung Ketemu Mardani Maming di Kantor PBNU, MAKI: Kelihatan Kurang Elok!

Nasional | reqnews.com | Rabu, 13 April 2022 - 06:03
share

JAKARTA, REQnews - Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman menyoroti kunjungan Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin ke kantor PBNU, dan bertemu sejumlah tokoh di tempat tersebut.

Sorotan tajam MAKI adalah ketika Burhanuddin bertemu dengan Bendahara Umum PBNU Mardani H Maming, yang sudah tiga kali mangkir dari panggilan pemeriksaan kasus dugaan suap Izin Usaha Pertambangan di Kabupaten Tanah Bambu, Kalimantan Selatan.

"Saya melihatnya kurang elok kunjungan Jaksa Agung ke kantor PBNU, karena ketemu Bendum PBNU, Mardani H Maming yang tengah ditunggu kesaksiannya di PN Banjarmasin terkait kasus korupsi IUP Tanah Bumbu saat dia jadi bupati," kata Boyamin dalam keterangannya, Selasa 12 April 2022.

Diketahui, Mardani Maming adalah mantan Bupati Tanah Bambu. Ia mangkir dari pemeriksaan sebagai saksi untuk terdakwa eks Kepala Dinas ESDM Raden Dwijono Putrohadi Sutopo.

Boyamin mengingatkan, harusnya Burhanuddin sebagai Jaksa Agung membatasi diri bertemu pihak-pihak yang diduga terkait dengan perkara-perkara korupsi, agar independensinya tidak dipertanyakan lagi.

Ia meminta Kejaksaan Agung untuk bertindak tegas terhadap Mardani Maming, untuk memberi keterangan dalam sidang awal pekan depan.

"Kalau Senin (18 April 2022) besok tetap mangkir, maka Kejakgung segera bikin surat perintah membawa. Artinya, Mardani Maming bisa dipaksa hadir," ujarnya.

Topik Menarik