Jemaah Indonesia Bisa Ikut Haji 2022? Ini Penjelasan Dubes Arab Saudi

Jemaah Indonesia Bisa Ikut Haji 2022? Ini Penjelasan Dubes Arab Saudi

Nasional | inewsid | Senin, 21 Februari 2022 - 18:39
share

JAKARTA, iNews.id - Pelaksanaan ibadah haji tahun 2022 sekitar empat bulan lagi. Namun hingga kini pemerintah Indonesia belum mendapat kepastian dari Arab Saudi terkait pembukaan pintu bagi jemaah haji internasional.

Seperti diketahui, tahun lalu Arab Saudi hanya mengizinkan pelaksanaan haji untuk jamaah domestik. Duta Besar (Dubes) Arab Saudi untuk Indonesia, Esam Abid Al-Thagafi pun memberikan penjelasan saat ditemui di kantornya, Senin (21/2/2022) siang.

Menurut Esam, dibuka atau tidaknya pintu bagi calon jemaah haji internasional termasuk dari Indonesia sangat bergantung situasi pandemi Covid-19.

Kita tidak bisa buru-buru. Pandemi (Covid-19) masih berlangsung. Hal inilah yang terus kami pantau dan menjadi dasar utama dibuka atau tidaknya izin bagi jamaah haji internasional tahun ini, kata Duta Besar Esam.

Apabila situasi mendukung, dalam hal ini angka Covid-19 terus menurun, dia yakin pemerintah Arab Saudi kemungkinan akan mengundang kembali jemaah haji internasional. Kuota setiap negara akan sangat dibatasi berdasarkan persentase, bukan jumlah.

Pada tahun lalu, Arab Saudi hanya membuka ibadah haji untuk jemaah yang berada di dalam negeri, yakni warga lokal dan ekspatriat di sana. Kuota totalnya hanya 60.000 jemaah yang berusia 18-65 tahun.

Topik Menarik