Hasil Timnas Indonesia vs Korsel di Perempat Final Piala Asia U-23 2024, Garuda Muda Menang Dramatis

Hasil Timnas Indonesia vs Korsel di Perempat Final Piala Asia U-23 2024, Garuda Muda Menang Dramatis

Olahraga | lintasbabel.inews.id | Jum'at, 26 April 2024 - 06:11
share

DOHA, Lintasbabel.iNews.id - Hasil Timnas Indonesia vs Korsel di perempat final Piala Asia U-23 2024. Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-23 akhirnya melaju ke babak semifinal Piala Asia U-23 2024 secara dramatis.

Garuda Menang menang adu penalti dengan skor 11-10 atas Korea Selatan U-23, pada pertandingan yang berlangsung di Abdullah bin Khalifa stadium, pada Jumat (26/4/2024) dini hari WIB.

Timnas Indonesia U-23 sebetulnya sempat unggul 2-1. Pertandingan masih menyisakan 6 menit normal, Korsel justru mampu menyamakan kedudukan. Tepatnya di menit 84, dimana gol Korsel dicetak oleh Jeong Sang-bin.

30 menit babak tambahan pun kedudukan imbang 2-2 tetap bertahan. Hingga pemenang ditentukan lewat drama tos-tosan alias adu penalti.


Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Timnas Indonesia U-23 sempat dibuat terdiam pada menit ke-8. Pasalnya Korea Selatan U-23 mencetak gol lewat tendangan jauh nan indah ke gawang Timnas Indonesia U-23 kawalan Ernando Ari.

Kendati demikian, setelah para pemain Korea Selatan U-23 merayakan gol itu nyatanya wasit memilih untuk mengecak VAR. Setelah memantau langsung proses gol tersebut, wasit menyatakan tidak sah karena sudah terjadi offside dalam proses golnya.

Menariknya beberapa menit setelahnya Timnas Indonesia U-23 gantian yang mencetak gol indah lewat tendangan jarak jauh. Rafael Strucik dengan manis melepaskan tendangan terukur ke pojok kanan gawang Korea Selatan dan membawa Timnas Indonesia U-23 memimpin 1-0.

 

Pada akhir laga, Korea Selatan sempat menyamakan kedudukan usai bola sundulan pemain mereka berbelok usai terkena Komang Teguh. Namun, Rafael Struick kembali mencetak gol dan membuat Garuda Muda menutup babak pertama dengan skor 2-1.

Garuda Muda memang tampil baik di 45 menit pertama itu dengan mencatatkan setidaknya empat tembakan dan satu shot on goal yang berbuah menjadi gol.

Korea Selatan U-23 tak bisa terlalu mendominasi. Terbukti penguasan bola Korea Selatan U-23 hanya 50 persen, yang menandakan Timnas Indonesia U-23 juga banyak memegang bola.

Malahan pasukan Shin Tae-yong banyak menciptakan peluang. Sementara Korea Selatan hanya melepaskan satu tembakan selama 45 menit pertama tersebut. Gol mereka pun berawal dari sundulan yang terbentur kepala Komang Teguh.

 

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Timnas Indonesia U-23 mendapatkan sebuah keuntungan. Sebab Korea Selatan U-23 harus bermain dengan 10 pemain karena ada satu pemain mereka yang diusir oleh wasit.

Pemain Korea Selatan U-23 yang dimaksud adalah Lee Young-jun. Ia diberikan kartu merah oleh wasit karena menekel keras Justin Hubner,

 

Momen itu tercipta pada menit 70. Pemain yang baru dimainkan di babak kedua oleh pelatih Korea Selatan U-23, Hwang Sun-hong justru langsung diganjar kartu merah usai wasit melihat VAR.

Hal itu berawal dari tekelan keras Lee Young-jun kepada bek Timnas Indonesia U-23, Justin Hubner. Jelas dengan 10 pemain itu sangat merugikan Korea Selatan U-23 dan menguntungkan Garuda Muda yang saat itu sedang unggul 2-1.

Luar biasanya, Korea Selatan U-23 justru sanggup mengejar ketertinggalan. Memanfatkan serangan balik, Jeong Sang-bin mencetak gol di di menit 84 dan membuat laga berakhir sama kuat 2-2. Pertandingan pun dilanjutkan ke babak tambahan.

 

Babak Tambahan

Pada babak tambahan, kedua tim masih mencoba jual-beli serangan. Namun, pertahanan yang kuat yang diperlihatkan Timnas Indonesia U-23 dan Korea Selatan U-23 membuat kedua tim sulit mencetak gol.

Sejatinya tim asuhan Shin Tae-yong sempat mendapatkan peluag emas dari Witan Sulaeman hingga Marselino Ferdinan. Namun, semua kesempatan itu sirna karena buruknya penyelesaian akhir. Skor 2-2 pun menjadi hasil akhir dalam laga tersebut, yang berarti pemenang ditentukan via adu penalti.

 

Babak Adu Penalti

Timnas Indonesia U-23:

Ramadhan Sananta (O)
Pratama Arhan (O)
Rafael Struick (O)
Marselino Ferdinan (O)
Justin Hubner (O)
Arkhan Fikri (X)
Jeam Kelly Sroyer (O)
Rizky Ridho (O)
Muhammad Ferarri (O)
Ernando Ari (O)
Ramadhan Sananta (O)
Pratama Arhan (O)

Timnas Korsel U-23:

Kim Min-woo (O)
Lee Kang-hee (O)
Hwang Jae-won (O)
Paik Sang-hoon (O)
Byeon Jun-soo (O)
Kim Min-woo (X)
Jeong San-bing (O)
Hong Yun-sang (O)
Cho Hyun-taek (O)
Baek Jong-bum (O)
Kim Min-woo (O)
Lee Kang-hee (X)

 

Susunan Pemain Timnas Indonesia U-23

Indonesia U-23 (3-4-3): Ernando Ari; Rizky Ridho, Komang Teguh Justin Hubner; Rio Fahmi, Nathan Tjoe-A-On, Ivar Jenner, Pratama Arhan; Witan Sulaeman, Rafael Struick, Marselino Ferdinan.

Cadangan: Adisatryo, Fajar Fathur, Muhammad Ferarri, Bagas Kahfi, Ikhsan Nul, Arkhan Fikri, Dony Tri, Rayhan Hannan, Jeam Kelly Sroyer, Hokky Caraka, Daffa Fasya.

Pelatih: Shin Tae-yong

 

Topik Menarik