Spanyol Kembali Tegaskan Dukungan kepada Palestina, PM Sanchez Beri Selamat PM Mustafa

Spanyol Kembali Tegaskan Dukungan kepada Palestina, PM Sanchez Beri Selamat PM Mustafa

Terkini | inews | Kamis, 25 April 2024 - 15:47
share

MADRID, iNews.id - Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez mengucapkan selamat kepada Mohammad Mustafa atas pengangkatannya sebagai perdana menteri Palestina. Sanchez juga menyatakan dukungan negaranya kepada Palestina dalam sebuah percakapan pada pekan ini. 

“Saya baru saja melakukan percakapan dengan Perdana Menteri Otoritas Palestina Mohammad Mustafa, yang saya berikan ucapan selamat atas penunjukan dan pembentukan pemerintahan baru. Saya tegaskan kembali kepadanya dukungan penuh dan solidaritas rakyat Spanyol terhadap rakyat Palestina, juga sebagai tekad dan komitmen Spanyol terhadap pengakuan negara Palestina,” tulis Sanchez di platform media sosial X. 

Pemerintah Spanyol semakin mengintensifkan pertemuan dengan perwakilan berbagai negara untuk membahas situasi di Timur Tengah. Pertemuan tersebut bertujuan untuk mempromosikan gagasan mengakui Palestina sebagai negara merdeka. 

Pada 22 Maret, Sanchez mengatakan dalam sebuah konferensi pers pascapertemuan Dewan Eropa bahwa Pemerintah Spanyol telah sepakat dengan Pemerintah Irlandia, Slovenia, dan Malta untuk mengambil langkah pertama menuju pengakuan Negara Palestina. Negara-negara tersebut juga mengeluarkan pernyataan bersama yang menyatakan kesiapan mereka untuk mengakui Negara Palestina dalam keadaan yang sesuai. 

Presiden Palestina Mahmoud Abbas menyetujui pembentukan kabinet baru pada 28 Maret,. Sebelumnya pada hari itu, Perdana Menteri Palestina yang baru ditunjuk pada saat itu, Mohammad Mustafa, menyampaikan susunan kabinet baru dan programnya kepada Abbas. 

Selain memimpin kabinet, perdana menteri baru juga akan menjabat sebagai Menteri Luar Negeri Palestina, menggantikan Menteri Luar Negeri Palestina yang sudah lama menjabat, Riyadh al-Maliki di jabatan tersebut. Sebelum diangkat menjadi perdana menteri, Mustafa menjabat sebagai ketua Dana Investasi Palestina.

Topik Menarik