3 Bantuan Amerika Serikat ke Israel Setelah Diserang Rudal Iran

3 Bantuan Amerika Serikat ke Israel Setelah Diserang Rudal Iran

Global | okezone | Jum'at, 26 April 2024 - 18:01
share

IRAN - Beberapa hari sebelum Iran meluncurkan serangan rudal dan drone kepada Israel, baik Israel maupun sekutu terdekatnya yaitu Amerika Serikat (AS) telah mempersiapkan diri dalam menghadapi serangan tersebut.

Hasilnya mereka dapat menembak jatuh drone dan rudal Iran sebanyak 99. Nyatanya bantuan yang diberikan AS kepada Israel pasca penyerangan Iran tidak berhenti sampai disitu. Melansir dari beberapa sumber, berikut 3 bantuan AS ke Israel setelah diserang rudal Iran.

1. Bantuan Dana Asing

Serangan Iran terhadap Israel yang terjadi pada hari Sabtu (13/04/2024) membuat AS semakin yakin untuk mengirimkan bantuan dana asing kepada Israel. Sebanyak sembilan puluh anggota parlemen di Kongres Amerika Serikat telah mendesak Ketua DPR Mike Johnson melalui sebuah surat untuk segera mengajukan rancangan undang-undang pendanaan asing. AS berencana akan mengirimkan bantuan dana asing sebanyak USD14 miliar (Rp226 triliun) kepada Israel. Dalam surat tersebut, terdapat bagian yang sangat mendesak untuk segera menandatangani rancangan undang-undang pendanaan asing tersebut.

Rancangan undang-undang agar menjadi undang-undang di AS, perlu disetujui oleh kedua kamar kongres, yaitu kedua partai dalam DPR dan senat, serta ditandatangani oleh presiden. Hal ini menjadi perhatian karena pada bulan Ferbuari lalu Senat sudah pernah meloloskan rancangan undang-undang pendanaan asing senilai USD95 miliar (Rp1,5 kuadrilliun) yang akan diberikan untuk Ukraina, Israel, dan Taiwan. Rancangan ini kemudian mendapat kritikan dari kubu konservatif sehingga Johnson, seorang anggota Partai Republik memblokir undang-undang tersebut di DPR.

Proses pengesahan rancangan undang-undang bantuan dana asing ini masih diupayakan agar pada akhirnya dapat mengirimkan dana bantuan kepada Israel. Mengutip dari Al Jazeera, para anggota dari kedua partai besar telah menyerukan untuk memprioritaskan dukungan AS terhadap Israel. Sejak penyerangan Iran kepada Israel, banyak anggota parlemen AS yang mengutuk serangan tersebut dan menggambarkan Israel sebagai korban agresi tidak beralasan.

Topik Menarik