Perundingan Gencatan Senjata Terbaru Gagal, Israel Segera Gelar Invasi Darat ke Rafah

Perundingan Gencatan Senjata Terbaru Gagal, Israel Segera Gelar Invasi Darat ke Rafah

Global | sindonews | Senin, 6 Mei 2024 - 14:27
share

Hamas mengklaim putaran terakhir perundingan gencatan senjata di Gaza berakhir di Kairo setelah “diskusi mendalam dan serius.” Dengan begitu, maka rencana Israel untuk melaksanakan invasi darat ke Rafah akan segera dimulai,

Setelah adanya tanda-tanda kemajuan sebelumnya, prospeknya tampak suram ketika Perdana Menteri Benjamin Netanyahu berjanji untuk menolak tekanan internasional untuk menghentikan perang.

Menteri Pertahanan Yoav Gallant mengklaim Hamas tidak serius dengan kesepakatan tersebut dan memperingatkan “operasi besar dalam waktu dekat di Rafah dan tempat-tempat lain di seluruh Gaza" setelah Hamas menyerang titik persimpangan utama Israel karena mengirimkan bantuan kemanusiaan yang sangat dibutuhkan, sehingga menewaskan tiga tentara Israel mengatakan mereka yakin Hamas menargetkan tentara yang berkumpul di perbatasan Gaza sebagai persiapan untuk kemungkinan invasi Rafah.

Namun media Israel melaporkan bahwa kepala CIA William Burns, mediator utama dalam pembicaraan tersebut, akan bertemu dengan Netanyahu pada hari Senin. Seorang pejabat yang mengetahui masalah tersebut mengatakan kepada The Associated Press bahwa Burns sedang melakukan perjalanan untuk bertemu dengan Perdana Menteri Qatar, yang bersama Mesir telah menjadi perantara dalam urusan dengan Hamas. Tidak jelas apakah perjalanan berikutnya ke Israel yang telah direncanakan akan terlaksana. Pejabat itu berbicara tanpa menyebut nama untuk membahas perundingan tertutup tersebut.

Israel tidak mengirim delegasi ke perundingan terakhir. Media pemerintah Mesir melaporkan bahwa delegasi Hamas berangkat untuk berdiskusi di Qatar, tempat kelompok tersebut mempunyai kantor politik, dan akan kembali ke Kairo untuk perundingan lebih lanjut pada hari Selasa.

Ancaman lain terhadap perundingan terjadi ketika Israel memerintahkan penutupan kantor lokal jaringan berita satelit Al Jazeera Qatar, karena menuduh jaringan tersebut menyiarkan hasutan anti-Israel. Larangan tersebut tampaknya tidak mempengaruhi operasi saluran tersebut di Gaza atau Tepi Barat.

Netanyahu, di bawah tekanan dari kelompok garis keras di pemerintahannya, terus menurunkan ekspektasi terhadap kesepakatan gencatan senjata, dan menyebut tuntutan utama Hamas “ekstrim” – termasuk penarikan pasukan Israel dari Gaza dan diakhirinya perang. Itu sama saja dengan menyerah setelah serangan Hamas pada 7 Oktober yang memicu pertempuran.

Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh dalam pernyataannya sebelumnya mengatakan kelompok militan tersebut serius dan positif terhadap perundingan tersebut dan menghentikan agresi Israel di Gaza adalah prioritas utama.

Namun pemerintah Israel kembali berjanji untuk melanjutkan operasi militer di Rafah, kota Gaza paling selatan di perbatasan dengan Mesir di mana lebih dari separuh dari 2,3 juta penduduk Gaza kini mencari perlindungan dari serangan Israel. Rafah adalah pintu masuk utama bantuan.

Kerem Shalom, yang sekarang ditutup, adalah contoh lain. Militer Israel melaporkan 10 proyektil diluncurkan di persimpangan di Israel selatan dan mengatakan jet tempurnya kemudian menyerang sumbernya. Saluran TV Channel 12 Israel mengatakan 10 tentara masih dirawat di rumah sakit. Belum diketahui sampai kapan penyeberangan tersebut akan ditutup.

Kepala badan PBB untuk pengungsi Palestina, Philippe Lazzarini, menyerukan penyelidikan independen dan “akuntabilitas atas pengabaian pekerja kemanusiaan secara terang-terangan.” Dia juga mengatakan Israel minggu ini menolak dia masuk ke Gaza untuk kedua kalinya.

Penutupan Kerem Shalom terjadi tak lama setelah Ketua Program Pangan Dunia PBB menyatakan “kelaparan besar-besaran” di Gaza utara yang hancur, salah satu peringatan paling menonjol mengenai dampak pembatasan bantuan yang memasuki wilayah tersebut. Pernyataan tersebut bukanlah deklarasi kelaparan yang formal.

Dalam wawancara lengkap dengan NBC, ketua WFP Cindy McCain mengatakan kelaparan “menyebar ke selatan” di Gaza dan bahwa upaya Israel untuk memberikan lebih banyak bantuan tidaklah cukup. “Saat ini kami mempunyai massa di luar perbatasan, jumlah truk yang cukup dan makanan yang cukup untuk 1,1 juta orang selama sekitar tiga bulan. Kita perlu memasukkan hal itu,” katanya.

Baca Juga: 5 Dinamika Panas Dingin Hubungan Presiden Suriah Bashar al-Assad dan Hamas

Kebutuhan kemanusiaan yang besar di Gaza memberikan tekanan pada perundingan gencatan senjata. Proposal yang diajukan mediator Mesir kepada Hamas menetapkan proses tiga tahap yang akan menghasilkan gencatan senjata selama enam minggu dan pembebasan sebagian sandera Israel yang disandera pada 7 Oktober, dan akan mencakup semacam penarikan pasukan Israel. Tahap awal akan berlangsung selama 40 hari. Hamas akan memulai dengan melepaskan sandera perempuan sipil sebagai imbalan atas tahanan Palestina yang ditahan oleh Israel.

Netanyahu mengklaim bahwa Israel telah menunjukkan kesediaan untuk membuat konsesi namun “akan terus berjuang sampai semua tujuannya tercapai.” Hal ini termasuk tujuan yang dinyatakan untuk menghancurkan Hamas. Israel mengatakan mereka harus menargetkan Rafah untuk menyerang pejuang yang tersisa di sana meskipun ada peringatan dari AS dan negara lain mengenai bahayanya terhadap warga sipil.

Dalam pidatonya yang berapi-api pada hari peringatan Holocaust Israel, Netanyahu menambahkan: “Saya katakan kepada para pemimpin dunia, tidak ada tekanan, tidak ada keputusan dari forum internasional mana pun yang akan menghentikan Israel untuk membela diri.”

Serangan Israel pada hari Minggu terhadap sebuah rumah di kamp pengungsi perkotaan dekat Rafah menewaskan empat anak, termasuk seorang bayi, dan dua orang dewasa, semuanya berasal dari keluarga yang sama, menurut Rumah Sakit Abu Youssef al-Najjar. Serangan Israel lainnya terhadap kamp pengungsi Nuseirat di Gaza tengah menewaskan sedikitnya lima orang, menurut Rumah Sakit Aqsa Martyrs, yang menerima jenazah tersebut. Militer Israel mengatakan pihaknya menyerang pusat komando Hamas di Gaza tengah. Namun tidak disebutkan adanya korban jiwa.

Serangan lintas batas Hamas pada 7 Oktober menewaskan sekitar 1.200 orang dan menyandera 250 lainnya. Israel mengatakan militan masih menyandera sekitar 100 orang dan lebih dari 30 orang lainnya. Netanyahu berada di bawah tekanan dari beberapa keluarga sandera agar membuat kesepakatan untuk mengakhiri perang dan membebaskan para sandera.

Serangan udara dan darat Israel telah menewaskan lebih dari 34.500 orang, menurut pejabat kesehatan Palestina, yang tidak membedakan antara warga sipil dan kombatan namun mengatakan perempuan dan anak-anak merupakan mayoritas dari mereka yang terbunuh.

Israel menyalahkan Hamas atas kematian warga sipil, dan menuduh mereka membangun pemukiman di wilayah pemukiman dan publik. Militer Israel mengatakan mereka telah membunuh 13.000 militan, tanpa memberikan bukti yang mendukung klaim tersebut.

Topik Menarik