Ketika Para Mahasiswa Yahudi Demo Pro-Palestina di Kampus-kampus AS

Ketika Para Mahasiswa Yahudi Demo Pro-Palestina di Kampus-kampus AS

Berita Utama | sindonews | Jum'at, 26 April 2024 - 10:21
share

Para mahasiswa Yahudi ramai-ramai demo pro-Palestina di kampus-kampus Amerika Serikat (AS), menentang invasi brutal Israel di Gaza. Mereka menolak protes tersebut sebagai tindakan anti-Semit seperti yang dituduhkan para pejabat Amerika dan Israel.

Di Columbia University, mahasiswa PhD Jonathan Ben-Menachem dari komunitas Yahudi, ambil bagian dalam demo pro-Palestina.

Dia mengaku telah menerima telepon kekhawatiran dari keluarganya, yang telah menonton berita tentang demo pro-Palestina yang menyebar di kampus-kampus Amerika.

“Saya harus meyakinkan mereka bahwa saya tidak akan dikerumuni oleh kelompok anti-Semitisme kapan pun saya pergi ke kampus,” katanya kepada The Independent, yang dilansir Jumat (26/4/2024).

Baca Juga: Demo Pro-Palestina Menyebar di Kampus-kampus AS Bikin PM Israel Ngeri

“Itu hanyalah orang-orang yang berusaha mempertahankan apa yang mereka anggap benar, dengan cara yang sangat damai.”

Ben-Menachem adalah salah satu dari banyak mahasiswa Yahudi yang bergabung dalam protes di Columbia University dan universitas-universitas lain di AS yang menyerukan institusi mereka untuk memutuskan hubungan dengan perusahaan-perusahaan yang terkait dengan Israel sehubungan dengan perang di Gaza.

Dia mengaku menyaksikan dengan takjub ketika media dan tokoh politik Amerika dan Israel berusaha untuk mengkarakterisasi protes tersebut sebagai anti-Semit dan berbahaya, meskipun organisasi mahasiswa Yahudi memainkan peran penting di dalamnya.

Ben-Menachem mengatakan pengalamannya di kampus sangat berbeda.

“Ada wacana bahwa Colombia [University] adalah sarang anti-Semitisme, tapi itu hanyalah sekelompok kutu buku yang duduk di tanah sambil berdoa, menyanyi, dan mengerjakan pekerjaan rumah. Ada Seder Paskah yang diadakan pada hari Senin,” kata Ben-Menachem.

“Sungguh gila betapa buruknya wacana tersebut.”

Protes mahasiswa atas perang di Gaza sudah biasa terjadi di kampus-kampus sejak perang pecah di Gaza pada 7 Oktober 2023, menyusul serangan mendadak Hamas yang menewaskan 1.200 orang di Israel.

Perang yang diakibatkannya telah menewaskan lebih dari 34.000 warga Palestina, sebagian besar dari mereka adalah perempuan dan anak-anak, dan penyumbatan bantuan telah mengakibatkan kondisi kelaparan di Gaza utara, sehingga menciptakan bencana kemanusiaan. Ratusan sekolah, dan 12 universitas di Gaza, telah rusak atau hancur sejak serangan Israel dimulai.

Setelah Columbia University memerintahkan Departemen Kepolisian New York untuk membubarkan kamp protes di kampusnya minggu lalu, yang menyebabkan penangkapan lebih dari 100 mahasiswa, protes tersebut telah menyebar ke seluruh negeri dan berkembang menjadi sebuah gerakan yang oleh beberapa orang disamakan dengan gerakan protes terhadap Perang Vietnam tahun 1960-an.

Protes serupa juga terjadi di Yale University dan New York University—tempat penangkapan juga dilakukan—,Ohio State University, Stanford University, dan University of California, Berkeley, dan masih banyak lagi.

Sarah, seorang mahasiswa Yahudi di Columbia University yang hanya meminta nama depannya untuk dipublikasikan, termasuk di antara mereka yang ditangkap karena ikut serta dalam demo pro-Palestina.

Dia ditahan oleh Departemen Kepolisian New York (NYPD) selama delapan jam, dengan tangan terikat zip, setelah mereka pindah ke kamp protes pada hari Kamis.

Dia diskors keesokan harinya, tetapi beberapa kali kembali ke kampus beberapa hari kemudian untuk mengambil bagian dalam perayaan Paskah Seder bersama sesama pengunjuk rasa.

“Ini jelas merupakan salah satu pengalaman paling menggembirakan yang pernah saya alami di Columbia,” katanya kepada The Independent. “Begitu banyak dari kami yang ditangkap atau diskors, sungguh menyenangkan melihat begitu banyak wajah Yahudi di Seder.”

Sarah mengatakan bahwa dia juga terkejut dengan upaya untuk mencoreng protes di Columbia sebagai anti-Semitisme, dan mengatakan bahwa istilah tersebut telah dipersenjatai dengan cara yang sangat menipu oleh para oportunis politik yang bersikeras untuk menggabungkan anti-Zionisme dan anti-Semitisme.

“Tidak pernah ada tanggapan substantif terhadap orang-orang Yahudi anti-Zionis seperti saya,” kata Sarah.

“Ada tradisi panjang anti-Zionisme Yahudi. Saya sangat mencintai orang-orang Yahudi di komunitas saya, kami hanya punya perselisihan politik, dan itu saja.”

Negara Bagian New York, Kota New York dan anggota Kongres AS mengeklaim dalam pernyataan baru-baru ini bahwa pengunjuk rasa pro-Palestina di kampus Columbia University di New York menunjukkan perilaku anti-Semit.

Kemarin, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyebut para pengunjuk rasa pro-Palestina di Columbia University dan universitas-universitas AS lainnya sebagai “massa anti-Semit” yang mengambil alih universitas terkemuka.

Sementara Ketua DPR AS Mike Johnson mengunjungi Columbia University dan menyebut mereka yang melakukan protes sebagai “agitator anti-Semit yang melanggar hukum”.

Sekitar 26 anggota Kongres mengirim surat kepada Jaksa Agung Merrick Garland yang menyerukan kepadanya untuk memulihkan ketertiban di universitas-universitas yang telah ditutup oleh geng anti-Semit yang menargetkan mahasiswa Yahudi.

Wali Kota New York Eric Adams juga mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa dia “ngeri dan muak dengan anti-Semitisme” yang ditunjukkan pada protes di Columbia University.

Namun, mahasiswa Yahudi yang berpartisipasi dalam protes tersebut, yang sebagian besar diorganisir oleh kelompok Yahudi pro-Palestina, dengan tegas membantah tuduhan anti-Semitisme.

Mahasiswa Yahudi mengenakan kaus bertuliskan, “Kami adalah orang Yahudi yang mengatakan berhenti menembak di Gaza" dan bahkan mengadakan ritual Paskah Yahudi untuk menegaskan identitas mereka sebagai orang Yahudi yang menentang kebijakan Israel terhadap Palestina.

Di Bell University, ratusan mahasiswa berkumpul di alun-alun utama universitas dan duduk mengelilingi kertas bergambar yang melambangkan “Perjamuan Seder” tradisional.

Mahasiswa mengibarkan spanduk bertuliskan “Kosongkan Piring Seder, Hentikan Kelaparan Gaza” dan “Satu Orang Yahudi untuk Palestina Merdeka”.

Topik Menarik