Akankah Resolusi Gencatan Senjata PBB Menghentikan Perang Israel di Gaza?

Akankah Resolusi Gencatan Senjata PBB Menghentikan Perang Israel di Gaza?

Global | sindonews | Rabu, 27 Maret 2024 - 19:40
share

Setelah lebih dari lima bulan pertempuran dan lima rancangan resolusi yang diveto, para anggota Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) berhasil mengeluarkan resolusi yang menyerukan gencatan senjata segera antara Israel dan Hamas di Gaza.

Amerika Serikat abstain dalam pemungutan suara sementara 14 anggota DK PBB lainnya memberikan suara mendukung resolusi tersebut, yang diusulkan oleh 10 anggota terpilih dewan tersebut.

Resolusi tersebut menyerukan gencatan senjata segera di bulan Ramadan yang dihormati oleh semua pihak yang mengarah pada gencatan senjata yang langgeng dan berkelanjutan.

Pernyataan ini juga menyerukan pembebasan tawanan Israel yang ditangkap oleh Hamas pada tanggal 7 Oktober. Pernyataan ini menekankan perlunya lebih banyak bantuan kemanusiaan yang mengalir ke Gaza dan kepatuhan terhadap hukum internasional.

Akankah Resolusi Gencatan Senjata PBB Menghentikan Perang Israel di Gaza?

1. Resolusi Dewan Keamanan PBB Belum Cukup

Foto/Reuters

Meskipun menjanjikan setidaknya penghentian perang, resolusi tersebut dikritik oleh beberapa analis karena lebih bersifat simbolis daripada substansial dalam kemampuannya mengakhiri perang.

Nancy Okail, presiden lembaga pemikir Center for International Policy yang berbasis di AS, mengatakan kepada Ali Harb dari Al Jazeera bahwa meskipun resolusi tersebut penting, namun masih sangat terlambat dan masih belum cukup.

2. Resolusi DK PBB Mengikat

Foto/Reuters

Seluruh resolusi DK PBB dianggap mengikat, sesuai dengan Pasal 25 Piagam PBB yang telah diratifikasi oleh AS.

Namun, AS menggambarkan resolusi Senin itu sebagai resolusi yang tidak mengikat. Duta Besar AS untuk PBB Linda Thomas-Greenfield mengatakan Washington sepenuhnya mendukung beberapa tujuan penting dalam resolusi tidak mengikat ini. Pada hari yang sama, juru bicara Departemen Luar Negeri AS Matthew Miller mengatakan kepada wartawan: Ini adalah resolusi yang tidak mengikat.

Hal ini telah dibantah oleh pejabat PBB lainnya dan anggota Dewan Keamanan. Duta Besar Tiongkok untuk PBB Zhang Jun mengatakan bahwa resolusi Dewan Keamanan bersifat mengikat.

Wakil juru bicara PBB Farhan Haq menambahkan bahwa resolusi DK PBB adalah hukum internasional, sehingga resolusi tersebut mengikat seperti halnya hukum internasional.

Anadolu Agency melaporkan bahwa Pedro Comissario, duta besar Mozambik untuk PBB, mengatakan semua resolusi Dewan Keamanan PBB bersifat mengikat dan wajib.

Jika resolusi DK PBB tidak diikuti, dewan dapat memberikan suara pada resolusi lanjutan untuk mengatasi pelanggaran tersebut dan mengambil tindakan hukuman dalam bentuk sanksi atau bahkan otorisasi kekuatan internasional.

3. Israel Akan Mengabaikan Resolusi PBB

Foto/Reuters

Israel telah berulang kali mengabaikan resolusi PBB di masa lalu.

Pada bulan Desember 2016, pada hari-hari terakhir masa jabatan presiden Barack Obama di AS, DK PBB mengeluarkan resolusi yang menganggap pemukiman Israel di Palestina ilegal dan merupakan pelanggaran hukum internasional. Resolusi tersebut disahkan dengan 14 suara dan AS abstain. Israel mengabaikan resolusi ini.

Baru-baru ini, pada bulan Desember 2023, Majelis Umum PBB memberikan suara mayoritas untuk menyerukan gencatan senjata kemanusiaan. Resolusi tersebut tidak mengikat dan Israel menolak mengambil tindakan.

Israel juga berada di bawah pengawasan Mahkamah Internasional (ICJ), di mana Afrika Selatan menuduhnya melakukan tindakan genosida di Gaza.

4. Sulit Terwujud pada Bulan Suci Ramadan

Foto/Reuters

Resolusi tersebut menyerukan gencatan senjata segera di bulan Ramadhan. Namun, karena Ramadan berakhir sekitar tanggal 9 April, tuntutan gencatan senjata meskipun diterapkan sekarang hanya akan berlangsung selama dua minggu.

Dokumen tersebut menyatakan bahwa gencatan senjata yang segera dilakukan di bulan Ramadhan akan menghasilkan gencatan senjata yang langgeng dan berkelanjutan. Sesaat sebelum pemungutan suara pada hari Senin, kata permanen dihilangkan dari resolusi untuk mencoba membangun konsensus mengenai resolusi tersebut. Rusia mencoba mendorong penggunaan kata permanen, dengan mengatakan bahwa tidak menggunakan kata tersebut dapat memungkinkan Israel melanjutkan operasi militernya di Jalur Gaza kapan saja setelah Ramadhan.

AS juga tidak menghentikan pasokan bantuan militer ke Israel dan menegaskan bahwa komitmennya terhadap keamanan Israel tetap teguh. Faktanya, juru bicara Keamanan Nasional Gedung Putih John Kirby mengatakan kepada wartawan pada hari Senin: Pilihan kami tidak dan saya ulangi, tidak mewakili perubahan dalam kebijakan kami.

5. Fokus Pembebasan Sandera

Foto/Reuters

Sebuah rancangan resolusi diajukan oleh AS di hadapan dewan tersebut pada hari Jumat lalu dan para anggota melakukan pemungutan suara mengenai hal tersebut. Perjanjian ini diveto oleh Rusia dan China; Aljazair memberikan suara menentangnya dan Guyana abstain. Sebelas anggota memberikan suara mendukung rancangan resolusi ini.

Resolusi tersebut tidak menuntut gencatan senjata, namun mendukung upaya diplomatik internasional untuk mewujudkan gencatan senjata yang segera dan berkelanjutan sebagai bagian dari kesepakatan yang membebaskan para sandera.

Dalam keterangan pers pada hari Senin, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken menambahkan bahwa AS ingin tuntutan gencatan senjata dikaitkan dengan pembebasan tawanan Israel.

Resolusi hari Jumat itu juga mendesak negara-negara anggota DK PBB untuk menekan pendanaan terorisme, termasuk dengan membatasi pendanaan untuk Hamas. Resolusi tersebut juga mengecam Hamas dan mencatat bahwa Hamas telah ditetapkan sebagai organisasi teroris oleh banyak negara anggota. Pernyataan Blinken lebih lanjut mengatakan bahwa resolusi yang disahkan pada hari Senin gagal untuk mengutuk Hamas, yang merupakan bahasa utama yang dianggap penting oleh AS.

Israel mengkritik resolusi hari Senin karena tidak mengaitkan gencatan senjata dengan pembebasan tawanan dan malah keduanya dilakukan secara terpisah.

6. Hubungan AS dan Israel akan Memanas

Foto/Reuters

AS abstain pada hari Senin setelah memveto tiga rancangan resolusi sebelumnya yang menyerukan gencatan senjata.

Ketegangan yang meningkat antara AS dan Israel terlihat pada hari Senin setelah Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu membatalkan perjalanan delegasinya ke Washington. Hal ini digambarkan sebagai sesuatu yang mengejutkan dan disayangkan oleh juru bicara Departemen Luar Negeri Miller.

Namun, Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant berada di AS: Dia bertemu Blinken pada hari Senin dan dijadwalkan bertemu dengan Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin pada hari Selasa. Blinken meminta Gallant untuk menahan diri dari invasi darat ke kota Rafah di Gaza selatan.

Sementara AS menegaskan kembali bahwa kebijakannya tetap konsisten, pejabat resmi Perdana Menteri Israel X memposting pada Senin malam: Amerika Serikat telah meninggalkan kebijakannya di PBB hari ini.

Ia menambahkan serangkaian postingan: Perdana Menteri Netanyahu telah menegaskan tadi malam bahwa jika AS menyimpang dari kebijakan prinsipnya dan tidak memveto resolusi berbahaya ini, ia akan membatalkan kunjungan delegasi Israel ke Amerika.

Gaza berada di ambang kelaparan, dengan sedikitnya 32.000 warga Palestina terbunuh. Resolusi ini harus dilaksanakan, tulis Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres pada X.

Kegagalan tidak bisa dimaafkan.

Topik Menarik