AS Bertindak Ala Mafia, Ancam ICC Jika Perintahkan Penangkapan PM Israel

AS Bertindak Ala Mafia, Ancam ICC Jika Perintahkan Penangkapan PM Israel

Global | sindonews | Kamis, 9 Mei 2024 - 07:38
share

Para senator Partai Republik Amerika Serikat (AS) mengancam pejabat Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) dan keluarga mereka jika badan tersebut mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu dan pejabat Zionis lainnya.

Ancaman berupa sanksi itu merujuk pada undang-undang AS yang biasa disebut sebagai The Hague Invasion Act".

Analis politik Amerika, Garland Nixon, mengkritik ancaman para senator itu sebagai tindakan bergaya mafia".

Tank-tank tempur militer Zionis Israel telah meluncur ke Rafah, Gaza selatan, sejak Selasa ketika PM Netanyahu bersumpah untuk mengalahkan sisa resimen Hamas yang dia klaim berada di sana.

Kota Palestina yang terletak di perbatasan Gaza dengan Mesir juga merupakan rumah bagi sekitar 1,7 juta warga Palestina, sebagian besar dari mereka adalah pengungsi dari seluruh wilayah yang mencari perlindungan di tengah operasi militer Israel selama tujuh bulan.

Para pengamat berharap negosiasi yang sedang berlangsung antara para pemimpin Israel dan Palestina akan mencegah invasi tersebut, namun anggota sayap kanan koalisi Netanyahu telah berulang kali bersikeras melakukan serangan terhadap kota tersebut.

Netanyahu dan kabinet perang tampaknya tidak melakukan pendekatan terhadap fase terakhir perundingan [dengan Hamas] dengan itikad baik, kata seorang pejabat pemerintahan Biden setelah Israel menolak kesepakatan kompromi yang dibuat dengan mediator Mesir dan Qatar.

Presiden AS Joe Biden bersikap ambigu dengan mendukung Zionis tapi juga menyatakan keprihatinannya atas operasi Israel di Gaza, dan menciptakan ketegangan antara konstituen Zionis dan pro-Palestina di dalam Partai Demokrat.

Sementara itu, Partai Republik tetap bersatu dalam dukungan antusias mereka terhadap Netanyahu sejalan dengan kuatnya pengaruh Zionis Kristen di dalam partai tersebut.

Para pemimpin Partai Republik di Senat menyatakan dukungan mereka minggu ini dalam sebuah surat terbuka yang menimbulkan keheranan ketika gelombang opini publik terus berbalik menentang kampanye mematikan Israel di Gaza.

Penulis dan jurnalis Robert Fantino bergabung dengan program The Critical Hour milik Sputnik untuk membahas ancaman mengejutkan tersebut dan eskalasi terbaru Israel di wilayah Palestina yang diduduki.

Invasi ini adalah puncak, atau puncak dari upaya dan perilaku genosida [Israel] di Gaza, keluh Fantino.

"Itu mengerikan. Saya berhubungan dengan beberapa orang di Gaza, mereka takut dengan pengeboman yang terus menerus. Mereka adalah orang-orang yang mempunyai anak-anak, anak-anak kecil yang benar-benar ketakutan, sangat ketakutan. Orang dewasa tidak dapat melindungi mereka.

Mesir tidak menginginkan mereka, imbuh dia, seraya menekankan kekhawatiran bahwa Israel akan berupaya mengusir warga Palestina ke Gurun Sinai.

Mesir benar-benar percaya bahwa jumlah yang Anda sebutkanantara 50.000 dan 250.000 orang yang mungkin melarikan diri ke Mesirakan tetap ada selamanya, bahwa tidak akan ada jalan kembali ke Gaza, bahwa Israel tidak akan mengizinkannya. Ini adalah peristiwa yang mengerikan dan mengejutkan, yang seharusnya tidak pernah terjadi.

Analis politik AS yang juga tuan rumah The Critical Hour ; Garland Nixon, mengkritik ancaman yang dikeluarkan para senator Partai Republik ketika rumor menyebar bahwa ICC akan mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap Netanyahu dan anggota kabinetnya yang bertanggung jawab atas pelanggaran yang dilakukan Israel di Gaza.

Para senator AS dalam surat terbuka mengancam akan menjatuhkan sanksi berat terhadap pejabat ICC dan anggota keluarga mereka jika pengadilan tersebut mengambil tindakan melawan pejabat Israel.

Ketika Anda membaca surat yang saya milikisiapa pun dapat mengakses internet dan menemukannyasepertinya surat itu berasal dari mafia, kata Nixon.

Itu surat bergaya mafia. Amerika Serikat mengatakan, lihat, kami tidak akan berpura-pura seolah-olah kami adalah intervensionis liberal dan kami akan berkeliling dunia untuk berbuat baik. Anda akan melakukan apa yang kami katakan atau, pada dasarnya, kami akan mengejar Anda dan keluarga Anda, paparnya, yang dilansir Sputnik , Kamis (9/5/2024).

Itu adalah wajah jujur imperialisme AS, ujarnya. Saya harus memberi mereka penghargaan. Itu adalah imperialisme AS tanpa topeng.

Hanya ada satu perbedaan, Garland, antara ini dan mafia, tambah salah satu pembawa acara; Wilmer Leon. Mafia tidak mengirim surat.

Itulah satu-satunya perbedaan, dan ketika Anda melihat apa yang AS ancam untuk dilakukanmemberikan sanksi kepada karyawan, mencegah anggota ICC dan keluarga mereka datang ke Amerika, dan kemudian menutupnya dengan 'Anda telah diperingatkan'sungguh sebuah ancaman, jawab Fantino. Seperti yang Anda katakan, mafia sebuah perilaku diktator.

Mengeluarkan ancaman semacam ini terhadap badan yang diakui secara internasional yang bertujuan untuk keadilan dunia dan kepatuhan terhadap hukum internasional, hal ini sama saja dengan mengabaikan orang Amerika Serikat, katanya.

Ini adalah negara nakal. Mereka percaya pada kekuatan yang membuat mereka benar, tidak tertarik pada diplomasi, dan tidak tertarik pada hak asasi manusia atau hukum internasional. Ia menganggap semua hal itu sebagai penghinaan.

Netanyahu juga telah memperingatkan ICC agar tidak mengeluarkan surat perintah penangkapan, dan mengeklaim bahwa tindakan tersebut merupakan kejahatan kebencian antisemit yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Topik Menarik