China Barter Panda, Malaysia Tawarkan Diplomasi Tukar Orang Utan dengan Minyak Sawit

China Barter Panda, Malaysia Tawarkan Diplomasi Tukar Orang Utan dengan Minyak Sawit

Global | okezone | Kamis, 9 Mei 2024 - 10:56
share

MALAYSIA Malaysia mengatakan pihaknya berencana untuk mulai memberikan orang utan sebagai hadiah kepada mitra dagang utama yang membeli minyak sawitnya.

Menteri Komoditas Johari Abdul Ghani mengatakan negaranya berharap dapat menghasilkan niat baik yang sama seperti yang dilakukan China atau Tiongkok dengan diplomasi panda-nya.

Namun kelompok konservasi WWF mengatakan fokusnya harus pada perlindungan orang utan di habitat aslinya.

Kera besar, yang merupakan hewan asli Malaysia dan Indonesia, merupakan spesies yang terancam punah karena penebangan dan ekspansi pertanian, khususnya perkebunan kelapa sawit yang dituding sebagai penyebab menyusutnya hutan hujan alami tempat mereka tinggal.

WWF menjelaskan dengan nama yang berarti "manusia hutan", terdapat sekitar 105.000 orangutan di pulau Kalimantan dan beberapa ribu orang utan di Sumatra.

Johari mengatakan importir utama minyak sawit seperti Tiongkok, India dan Uni Eropa akan ditawari kera tersebut sebagai hadiah.

Ini akan membuktikan kepada masyarakat global bahwa Malaysia berkomitmen terhadap konservasi keanekaragaman hayati, ujarnya di X.

Malaysia tidak bisa mengambil pendekatan defensif terhadap isu minyak sawit. Sebaliknya kita perlu menunjukkan kepada negara-negara di dunia bahwa Malaysia adalah produsen minyak sawit berkelanjutan dan berkomitmen untuk melindungi hutan dan kelestarian lingkungan, lanjutnya.

Topik Menarik