2 Perwira Ukraina Coba Bunuh Zelensky, Diklaim sebagai Hadiah untuk Putin

2 Perwira Ukraina Coba Bunuh Zelensky, Diklaim sebagai Hadiah untuk Putin

Global | sindonews | Kamis, 9 Mei 2024 - 10:44
share

Pihak berwenang Ukraina telah menangkap dua perwira kontra intelijen atas tuduhan merencanakan pembunuhan Presiden Volodymyr Zelensky. Pihak Kyiv menyalahkan Presiden Rusia Vladimir Putin atas plot tersebut.

“Upaya itu direncanakan di bawah pengawasan pegawai departemen ke-5 FSB [Dinas Keamanan Federal Rusia] sebagai hadiah kepada Vladimir Putin atas pelantikannya,” kata Dinas Keamanan Ukraina (SBU) dalam sebuah postingan di Telegram setelah menahan dua perwira berpangkat kolonel yang dianggap sebagai pengkhianat.

Dua perwira itu ditangkap pada Selasa, tepat saat Putin dilantik sebagai presiden Rusia untuk periode kelima.

“Musuh secara aktif mengembangkan rencana untuk melenyapkan Presiden Volodymyr Zelensky,” imbuh SBU, seperti dikutip Fox News, Kamis (9/5/2024).

Baca Juga: Dua Perwira Ukraina Coba Habisi Presiden Zelensky, antara Sandiwara dan Kudeta

“Salah satu tugas jaringan intelijen FSB adalah mencari eksekutor di kalangan militer yang dekat dengan perlindungan Presiden, yang bisa menyandera Kepala Negara dan kemudian membunuhnya.”

Zelenskyy pada bulan Maret mengatakan kepada kepala pembaca berita politik Fox News dan editor eksekutif "Special Report" Bret Baier bahwa dia telah lolos dari lima percobaan pembunuhan hingga saat itu, dan menggambarkan plot seperti itu sebagai hal "tidak menarik baginya”.

Kolonel Andrei Gun dan Kolonel Derkach (tidak disebutkan nama depannya) dituduh setuju untuk membantu mengatur penculikan Zelensky, dengan rencana untuk kemudian membunuhnya. Menurut SBU, para kolonel itu setuju untuk mengkhianati negara mereka dengan imbalan sebesar USD50.000, yang menurut para perwira FSB Rusia bisa meningkat menjadi USD80.000.

Sebelum penangkapan mereka, para kolonel memata-matai Zelensky dan memberikan informasi kepada FSB tentang pengawal presiden, serta pergerakan Zelensky. SBU mengeklaim berhasil menangkap salah satu kolonel saat dia melakukan perjalanan ke wilayah lain di Ukraina yang diduga mengumpulkan senjata untuk operasi tersebut.

Audio yang dirilis oleh intelijen Ukraina mengungkap pertukaran percakapan antara para kolonel dan orang-orang yang menangani mereka, yang ingin menyelesaikan pembunuhan tersebut sebagai "hadiah pelantikan" untuk Presiden Rusia Vladimir Putin setelah pemilu yang terakhir.

Para pemimpin Barat dari Amerika Serikat dan Uni Eropa tidak menghadiri pelantikan Putin.

Dalam klip audio tersebut, para konspirator mendiskusikan senjata—seperti drone, ranjau, roket RPG, dan roket anti-tank—yang diklaim oleh para kolonel disembunyikan di dekat jalan raya Odesa. Percakapan tersebut menunjukkan bahwa FSB akan berusaha mencapai target mereka dengan dua serangan rudal, di mana para kolonel akan menggunakan senjata mereka untuk "menyelesaikannya".

"Subjeknya adalah dua mobil. Satu mobil dengan pengawal dan yang kedua dengan…" bunyi suara yang diklaim SBU sebagai perwira FSB. “Saya akan memberi Anda lokasi untuk observasi.”

Rencana tersebut juga akan membunuh kepala SBU Vasyl Malyuk dan kepala badan Intelijen Ukraina GRU.

Malyuk mengatakan kepada wartawan bahwa sejumlah kecil orang mengetahui tentang operasi tersebut menangkap para kolonel, yang dia tangani "secara pribadi".

“Serangan teroris yang seharusnya menjadi hadiah kepada Putin sebelum pelantikan, sebenarnya merupakan kegagalan layanan khusus Rusia,” tegas Malyuk. “Tapi kita tidak boleh lupa—musuh kuat dan berpengalaman, dia tidak bisa diremehkan.”

“Kami akan terus bekerja lebih awal agar setiap pengkhianat menerima hukuman pengadilan yang pantas,” imbuh Malyuk.

Topik Menarik