Badan Pangan PBB: Pakan Ternak untuk Gaza Diblokir Selama Berbulan-bulan

Badan Pangan PBB: Pakan Ternak untuk Gaza Diblokir Selama Berbulan-bulan

Global | okezone | Rabu, 27 Maret 2024 - 17:03
share

JENEWA - Badan pangan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) atau FAO mengatakan pada Selasa (26/3/2024) bahwa pengiriman pakan ternak untuk menopang sapi penghasil susu diblokir di perbatasan Gaza selama berbulan-bulan ketika Israel melancarkan serangannya terhadap Hamas di wilayah kantong Palestina yang terkepung.

AbdulHakim Elwaer, Asisten Direktur Jenderal Organisasi Pangan dan Pertanian, mengatakan jelai yang diperuntukkan bagi para petani dan penggembala yang sebagian besar berada di Gaza utara akan cukup untuk menghasilkan susu bagi semua anak di Gaza selama lebih dari sebulan.

“Kami memiliki truk pakan ternak mulai bulan Desember dan kami mengalami kesulitan,” terangnya, dikutip Reuters.

Dia mengatakan blokade kini telah dicabut tetapi kiriman tersebut belum masuk ke Gaza.

Elwaer tidak menyebutkan otoritas mana yang menolak bantuan tersebut tetapi inspeksi di penyeberangan Rafah ke Gaza dilakukan oleh Israel. COGAT Israel, sebuah badan kementerian pertahanan yang bertugas mengoordinasikan bantuan ke Gaza, tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Pasokan tersebut disimpan di dekat perbatasan selama dua bulan setelah mendapat persetujuan awal dari Israel.

Perang tersebut telah menciptakan bencana kemanusiaan di Gaza, dengan ratusan ribu warga Palestina kehilangan tempat tinggal akibat pemboman Israel dan makanan, air minum serta obat-obatan menjadi langka. Badan-badan PBB mengatakan kelaparan akan segera terjadi.

Topik Menarik